PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI MODEL PEMECAHAN MASALAH DAN INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DASAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA

Tri Aulia Mutia Rahma Guritno, Mohammad Masykuri, Ashadi Ashadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah dan inkuiri terbimbing, Keterampilan Proses Sains (KPS) dasar, sikap ilmiah, dan interaksinya terhadap prestasi belajar siswa.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Polokarto tahun pelajaran 2013/2014. Sampel yang diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI IPA 2 diberikan model inkuiri terbimbing dan kelas XI IPA 3 diberikan model pemecahan masalah. Hipotesis diuji menggunakan statistik non parametrik dengan uji Kruskall Wallis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: 1) ada pengaruh pembelajaran kimia dengan menggunakan model pemecahan masalah dan inkuiri terbimbing terhadap prestasi ranah kognitif dan afektif, namun tidak ada pengaruh terhadap ranah psikomotor; 2) ada pengaruh KPS dasar terhadap prestasi ranah psikomotor, namun tidak ada pengaruh terhadap ranah kognitif dan afektif; 3) ada pengaruh sikap ilmiah terhadap prestasi ranah afektif dan psikomotor, namun tidak ada pengaruh terhadap ranah kognitif ; 4) ada interaksi antara model pembelajaran dengan KPS dasar terhadap prestasi ranah kognitif, afektif dan psikomotor; 5) ada interaksi antara model pembelajaran dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar ranah afektif dan psikomotor, namun tidak ada interaksi terhadap ranah kognitif; 6) ada interaksi antara KPS dasar dengan sikap ilmiah terhadap prestasi ranah psikomotor, namun tidak ada interaksi terhadap ranah kognitif dan afektif; 7) ada interaksi antara model pembelajaran, KPS dasar, sikap ilmiah terhadap prestasi ranah afektif dan psikomotor, namun tidak ada interaksi terhadap ranah kognitif.

Keywords


pemecahan masalah, inkuiri terbimbing; KPS dasar; sikap ilmiah; prestasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v4i2.9530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 
ISSN 2252-7893 (print) | 2615-7489 (online)
Organized by Magister Pendidikan Sains
Published by Universitas Sebelas Maret
W : https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/
E  : inkuiri@fkip.uns.ac.id

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View INKUIRI Stats

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0