Dampak Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dalam Pembelajaran IPA di Indonesia: Systematic Review

Ina Lestari, Sri Wahyurahmadina, Safrida Dwiningsih, Roma Ismi, M. Rahmad, Y Yennita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana penelitian mengenai  pendekatan SETS dan dampaknya pada pembelajaran IPA di tingkat SMP telah dilakukan. Jenis penelitian ini adalah systematic literature review yang menggunakan diagram PRISMA. Literatur dicari melalui database Google Scholar dan Crossref. Systematic review digunakan untuk mensintesis berbagai penelitian yang relevan dan memperoleh artikel ilmiah terkait efektivitas pendekatan SETS dalam pembelajaran IPA di SMP, dengan tahun publikasi 2019–2024. Artikel yang ditemukan kemudian disaring berdasarkan dua kriteria, yaitu kriteria inklusi dan eksklusi, menghasilkan 24 artikel yang layak untuk dianalisis. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara naratif. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan SETS dapat meningkatkan keterampilan abad 21.

This research aims to examine the extent to which research has been carried out regarding the SETS approach and its impact on science learning at the junior high school level. This type of research is a systematic literature review using the PRISMA diagram. Literature was searched through Google Scholar and Crossref databases. A systematic review was used to synthesize various relevant research and obtain scientific articles related to the effectiveness of the SETS approach in science learning in junior high schools, with publication years 2019–2024. The articles found were then filtered based on two criteria, namely inclusion and exclusion criteria, resulting in 24 articles that were suitable for analysis. Data analysis in this research was carried out narratively. The results show that learning with the SETS approach can improve 21st century skills.

Keywords

Pendekatan SETS; IPA; SMP

Full Text:

PDF

References

Akmalia, S. (2019). Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) Terhadap Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas VII di Smp Taman Siswa Telukbetun. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Alfiana Kholizah, N., Hanifah, F., Munawwarah, T., Aulia Sani, D., Savitri, I., & Akmalia, R. (2023). Analisis Implementasi Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di MIS Nurul Fadhilah. Journal on Education, 6(1), 6587–6591. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3890

Alhazizah, F., Jalmo, T., Yolida Pendidikan Biologi, B., Universitas Lampung, F., Soemantri Brojonegoro No, J., & Lampung, B. (2019). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Self-efficacy Dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik S6, 7(4), 10–21. https://core.ac.uk/download/pdf/289777958.pdf

Anggreni, Y. D., & Yohandri, Y. (2022). Pengembangan E-book Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Keterampilan 4C Untuk Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(2), 117–127. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/695

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Apriani, Y., Febriani Sya, M., Fitrah Raja Guk Guk, Z., & Affane, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Dalam Memanfaatkan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V Sdn Pajajaran Bogor. Al - Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 88–98. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i2.12795

ASTUTI, A. W. (2020). Pengaruh Pendekatan Science, Environment,Technology, And Society (Sets) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Self Confidence Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Dewi, P. R., Arnyana, I. B. P., & Maryam, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terpadu Bervisi Sets (Science Environment Technology And Society) Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(2), 177–187. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/18323

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/54127, 11(8), 1–14.

ERIYADI. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Sets (Science Envronment Technology And Society) Berbasis Edmodo Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 3 Gunung Agung. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Fatimahwati, F., Yusrizal, Y., Fitri, Z., Rahmatan, H., & Khaldun, I. (2021). Application of Problem Based Learning Model with SETS Vision to Increase Students’ Learning Motivation on Environmental Pollution Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3), 310–316. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.715

Firdaus, T. (2022). PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBASIS SETS PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR. 5(1), 119–134.

Forneris, S. G., & Peden-McAlpine, C. J. (2006). Contextual learning: A reflective learning intervention for nursing education. International Journal of Nursing Education Scholarship, 3(1). https://doi.org/10.2202/1548-923X.1254

Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sdn 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p25-33

Hairida Hairida, F. R. (2020). Pengaruh Model SETS Terhadap Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa SMP Topik Pencemaran Lingkungan. 8(2), 109–117.

Iin Indriyati. (2019). Improvement of Student Motivation and Learning Outcomes through The SETS Approach to Environmental Pollution Material at Class VII E SMP 1 Wonosari Semester 2 Academic Year 2017/2018. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 61–68. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.95

Indri, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Sets (Science Envorintment Technology and Society) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ipa Siswa. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 410–417. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8263

Irma, I., Meriyati, M., & Irwandani, I. (2021). Model Pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) dengan Pendekatan SETS: Pengaruh Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Masa Pandemi Covid-19. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.30599/uteach.v2i1.36

Irviani, V. (2023). Penerapan Model Jigsaw Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VII MTS Tanbihul Ghofiliin Bawang. 12(2).

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48

Jusriana, A., & Ibrahim, S. P. (2021). Efektivitas Model Bertukar Pasangan Dengan Pendekatan Sets (Sciense, Enviroment, Teknohlogy and Society) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 55–64. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20829

Karim, A., Sulistiyo, B., & Indriyanti, D. R. (2021). Environment Material in Science Learning Using Problem Based Learning Model with the SETS Approach in Terms of Students ’ Activities and Learning Outcomes. 10(1), 43–49.

Kemdikbud, P. (2021). Pembelajaran dan Asesmen. X–76.

Khasanah, N. (2015). SETS (Science, Environmental, Technology and Society ) sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern pada Kurikulum 2013. Seminar Nasional Konservasi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, 270–277.

Larson, L. C., & Miller, T. N. (2011). 21st Century Skills: Prepare Students for the Future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121–123. https://doi.org/10.1080/00228958.2011.10516575

Lin, J., & Cromley, G. (2021). A narrative analysis of the 2SFCA and i2SFCA methods. International Journal of Geographical Information Science, 1–25. https://doi.org/10.1080/13658816.2021.1986831

MAZDA, S. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berpendekatan Sets Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas VIII Mts Negeri 3 Buton Tengah.

Mirna Yustiani Ningsih, N. E. (2021). Jurnal Inovasi Pendidikan Sains ( JIPS ). Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS, 2(1), 18–24.

Mustadi, A., & Atmojo, S. E. (2020). Student’s disaster literation in ‘sets’ (Science environment technology and society) disaster learning. Elementary Education Online, 19(2), 667–678. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.693118

Ningrum, R., Rahman, T., & Riandi, R. (2021). Penerapan STEM FROM HOME dengan Model PjBL untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 299–307. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.299-307

Ningsih, N. F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SETS terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Arosbaya. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(1), 61–83. https://doi.org/10.21462/educasia.v6i1.53

Nur Efendi, & Muh Ibnu Sholeh. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25

Nurohmawati, C., Pramadi, A., & Maryanti, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Science Environment Techonology and Society (SETS) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Edukasi, 1(1), 63–69. https://doi.org/10.60132/edu.v1i1.86

Page, M. J., & Moher, D. (2017). Evaluations of the uptake and impact of the Preferred Reporting Items for Systematic reviews and Meta-Analyses (PRISMA) Statement and extensions: a scoping review. Systematic Reviews, 6(1), 263. https://doi.org/10.1186/s13643-017-0663-8

PRATIWI, D. A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN I-SETS (ISLAMIC, SCIENCE, ENVIROMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS IX MATERI IPA DI SMP N 20 BANDAR LAMPUNG. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG (Vol. 3, Issue 1).

Rahmawati, E. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 5 Gunungkidul Melalui Pendekatan SETS. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 265. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.22-04

Riffalah, H., Erlina, E., & Ulfah, M. (2022). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berbasis Sets Terhadap Hasil Belajar Siswa Smpit Nurul Wahdah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(4), 1–9. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i4.54304

Riwu, R., Budiyasa, I. W., & Rai, I. G. A. (2018). Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Emasains, 7(2), 162–169. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548090

RIZKA, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learing Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMP Negeri 1 Martapura. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rosana, D., Kadarisman, N., & Suryadarma, I. G. P. (2019). Sets best practice model: Growth optimization and productivity of organic food plants through iasmuspec application. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 267–278. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19248

Rosma, F. (2015). Peningkatan keterampilan Memecahkan Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Project Based Learning Pada Siswa Man Model Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 502–505.

Rosma, F. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model Project Based Learning. 356–362.

RUSMIATI, N. (2022). Pengaruh Integrasi Nilai-Nilai Islam Pada Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) Berbasis E-Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Biologi. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN (Issue 8.5.2017).

Septikasari, R. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 107–117.

Setyo Adji Wahyudi, Mohammad Siddik, & Erna Suhartini. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1105–1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296

Sidabutar, H., & Munthe, H. P. (2022). Artificial Intelligence dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 76–90.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16108

Suryawati, E., & Osman, K. (2018). Contextual learning: Innovative approach towards the development of students’ scientific attitude and natural science performance. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 61–76. https://doi.org/10.12973/ejmste/79329

Thiur Dianti Siboro. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technologi And Society) Pada Materi Ekosistem. Jurnal Metabio, 2(2), 8–13.

Ulfah, N., Ibrahim, I., & Vlorensius, V. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology and Society) Pada Mata Pelajaran Ipa Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Tarakan. Borneo Journal of Biology Education, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.52222/bjbe.v2i1.1737

WARDANI, M. W. K. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Infografis Berbasis Pendekatan Sets (Science Environment Technology Society) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Smp Kelas Vii Pada Materi Perubahan Iklim [Universitas Lampung]. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Studi Kasus Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri 01 Nanga Merakai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.974

Widana, I. W. (2022). Meta-Analysis: the Relationship Between Self-Regulated Learning and Mathematical Critical Reasoning. Education. Innovation. Diversity., 1(4), 64–75. https://doi.org/10.17770/eid2022.1.6739

Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. (2017). Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 25. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i2.298

Zehroh, M., & Hadi, W. P. (2022). Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Nested Berpendekatan SETS Terhadap Sikap Peduli Lingkungam Siswa. Proceeding Science Education National Conference 2022, 56–65.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.