Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD

Naili Faizatul Muna, Aan Widiyono, Abdullah Efendi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang rendahnya hasil belajar serta kepahaman siswa pada materi ekosistem alam, disebabkan karena pembelajaran yang dilangsungkan belum memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai. Fokus penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran Pop-Up Book Crossword Puzzle guna meningkatkan hasil belajar IPAS siswa SDN 8 Suwawal kelas V. Tujuan penelitian ini yaitu, mendorong pada hasil tingkat kesesuaian media pembelajaran Pop-Up Book Crossword Puzzle yang diikembangkan guna mengukur keefektifan media pembelajaran Pop-Up Book Crossword Puzzle pada hasil belajar. Jeniss penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dan menerapkan model ADDIE. Penelitian diselenggarakan di SDN 8 Suwawal dengan siswa kelas V sebanyak 15 anak yang menjadi subjek penelitian. Kevalidan media dicapai dari hasil pemeringkatan ahli media beserta ahli materi. Hasil penelitian ini menyatakan: (1) hasil uji validasi kelayakan produk oleh 2 ahli media beserta 1 ahli materi memperoleh skor akhir 93%, hingga media pembelajaran Pop-Up Book Crossword Puzzle layak diimplementasikan menjadi sebuah media pembelajaran. (2) hasil pretest-posttest memperlihatkan bahwa terdapat peningkatan sebanyak 52%. Hasil akhir penelitian menyatakan media pembelajaran Pop-Up Book Crossword Puzzle berhasil meningkatkan hasil belajar materi ekosistem alam siswa kelas V di SDN 8 Suwawal.

This research was carried out against the background of low learning outcomes and students' understanding of natural ecosystem material, due to the fact that the learning that took place had not utilized appropriate learning media. The focus of this research is to develop Pop-Up Book Crossword Puzzle learning media to improve the learning outcomes of SDN 8 Suwawal grade V students. The purpose of this research is to encourage the results of the level of suitability of the Pop-Up Book Crossword Puzzle learning media developed to measure the effectiveness of the Pop-Up Book Crossword Puzzle learning media on learning outcomes. This research is Research and Development (R&D) and applies the ADDIE model. The research was conducted at SDN 8 Suwawal with 15 fifth grade students as the research subjects. The validity of the media was achieved from the ratings of media experts and material experts. The results of this study state: (1) the results of the product feasibility validation test by 2 media experts and 1 material expert obtained a final score of 93%, so that the Pop-Up Book Crossword Puzzle learning media is feasible to be implemented into a learning media. (2) the pretest-posttest results showed that there was an increase of 52%. The final result of the study stated that the Pop-Up Book Crossword Puzzle learning media succeeded in improving the learning outcomes of natural ecosystem material for grade V students at SDN 8 Suwawal.

Keywords

media pembelajaran; Pop-Up Book Crossword Puzzle; hasil belajar IPAS

Full Text:

PDF

References

Agist Savira, C., Handayani, W., & Masnunah, M. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Dongeng. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 854–864. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1989

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2022). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA, 1841–1854.

Anggrayni, M., & Apreasta, L. (2022). THE DEVELOPMENT OF INTEGRETED THEMATIC BOOK USING PROBLEM BASED LEARNING FOR 5 GRADE STUDENT IN PRIMARY SCHOOL, 10(1), 69–76.

Aulianisa, N. Z. (2022). Pengembangan Media Puzzle Strategi Make A Match Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri. IAIN Kediri.

Fatmawati, R., Wiranti, D. A., Islam, U., & Ulama, N. (2023). DEVELOPMENT OF GLOBAL DIVERSITY LKPD TEACHING MATERIALS FOR JAVANESE LANGUAGE IN ELEMENTARY SCHOOLS, 11(2), 194–203.

Indhirawati, R., Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Penggunaan Media Benda Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika Tema Kegemaran pada Kelas III SDN Pangkemiri I Tulangan Sidoarjo, 05(02), 3426–3430.

Irawan, A., Yaumi, M., Usman, & Suharti. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Mini Book Dan Crossword Puzzle Pada Materi Keragaman Di Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 94–104. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a8.2022

Kristianingrum, O. W., & Radia, E. H. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP- UP BOOK PANCA INDRA ( POPANDRA ) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PANCA INDRA KELAS 1 DI SD NEGERI 2 SELODOKO, 11(2), 121–132.

Lailiyah, N. N., & Widiyono, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3678

Malihah, S., Jamaludin, U., Studi, P., Dasar, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA, 10, 316–328.

Maydiantoro, A. (2019). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research And Development), (10).

Mirna, Maawiyah, A., & Fauziana. (2022). PENGARUH MEDIA PUZZLE PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM, 3(2), 76–84. https://doi.org/10.47766/ga.v3i2.694

Nazhirah, Israwati, & Tursinawati. (2024). PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 1 BEUREUNUEN, 11(1), 44–56.

Nengsi, R. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita.

Nichla, S., Attalina, C., Efendi, A., Niswah, N., Nugroho, A., Guru, P., & Dasar, S. (2024). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY ( VR ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI, 11(1), 31–43.

Nisaa, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air Abstrak The Effect of Using Pop-Up Books on Learning Outcomes of the Water Cycle Concept Abstract, 1.

Rusmanaya, T. (2021). Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati Di SMK PGRI Karisma Bangsa. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Satria, R., Yuliastini, A., Fitrian, Y., & Astono, A. (2023). Pencegahan perkawinan anak menurut UU No . 16 tahun 2019 tentang perubahan atas UU perkawinan, 4(225), 97–107. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19866

Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, (2016), 217–219.

Widiyono, A. (2021). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, No. 3 Tahun 2021 12, (3), 12–21.

Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika, 579–587.

Yanto, N., Gh, M., & Zubair, S. (2023). The Effect of Pop Up Book Media in Science Learning : A Literature Review, 3(2).

Yunita, F., & Mushlihasari, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION AND CREATIVE CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN KADEMANGAN, 2(1), 67–77.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.