Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Pada Pembelajaran Ipa: Tinjauan Literatur Sistematis Publikasi antara 2019-2024

Umi Hanik Nur Afifah

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam adalah cabang ilmu yang mencakup pengetahuan fisika, kimia, dan biologi yang diajarkan pada jenjang SMP. Namun, dalam pembelajaran siswa seringkali kesulitan mempelajari materi IPA karena konsep dan teorinya yang abstrak. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat mendukung transfer ilmu kepada siswa salah satunya dengan penerapan model project-based learning. Studi ini dilakukan dengan tujuan utama yaitu mengetahui apa saja yang telah diteliti terkait topik penerapan model project-based learning mulai dari tahun 2019 hingga 2024, dengan begitu akan diketahui hal-hal yang belum diteliti pada topik tersebut. Penelitian dilakukan menggunakan metode studi literatur review dari jurnal nasional biasa yang dan jurnal nasional terakreditasi. Proses pencarian jurnal dilakukan dengan bantuan software Publish or Perish yang dapat menyediakan referensi relevan yang terhubung dengan database Google Schoolar. Hasil analisis topik penerapan model project-based learning paling banyak diteliti pada jenjang SD sedangkan pada jenjang SMP masih belum banyak diterapkan. Topik penerapan model project-based learning yang diteliti paling banyak mengangkat materi pencemaran lingkungan dan juga paling banyak digunakan dalam mengukur hasil belajar. Berdasarkan kajian pustaka dan analisis ini, diharapkan dapat mempermudah peneliti yang tertarik menerapkan model project-based learning dalam konteks pembelajaran IPA. Analisis dan kajian pustaka ini diharapkan dapat membantu peneliti  dalam menemukan referensi atau panduan yang tepat untuk merumuskan topik penelitian selanjutnya, khususnya dalam mengatasi permasalahan yang muncul dalam pembelajaran IPA. 

Keywords

Project-based learning; pembelajaran IPA; model pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Aziz, S. A., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 67-74.

Chen, S. Y., Lai, C. F., Lai, Y. H., & Su, Y. S. (2022). Effect of project-based learning on development of students’ creative thinking. The International Journal of Electrical Engineering & Education, 59(3), 232-250.

Harahap, S. (2020). Identifikasi kreativitas siswa terhadap mata pelajaran IPA. Integrated Science Education Journal, 1(1), 16-22.

Haqiqi, A. K. (2018). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Kota Semarang. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 6(1), 37-43.

Karo, R. K. (2022). Pengaruh Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas Iv Sd Negeri 094132 Dolok Ulu Tahun Ajaran 2021/2022. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 196-200.

Kusmiati, K. (2022). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(2), 206-211.

Lestari, E. A., & Nuryanti, N. (2022). Pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 3689-3694.

Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP: Systematic review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135-144.

Lestari, L., Nasir, M., & Jayanti, M. I. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sanggar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4).

Marzuki, M. (2023). Analisis Penilaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2771-2780.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Rochim, R. A., Prabowo, P., & Budiyanto, M. (2021). Analisis kebutuhan perangkat pembelajaran model pjbl terintegrasi stem berbasis e-learning di masa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5370-5378.

Suprapto, E. (2021). Project Based Learning (PjBL) untuk Penguatan Keterampilan 4C (Comunication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity) dalam menghadapi abad 21. Solo: CV. AE Media Grafika. (25-26).

Susilawati, S. (2022). Pemahaman konsep IPA ditinjau dari konsep diri dan kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 57-78.

Yanti, N., & Rahmad, M. (2023). Application of PjBL (Project Based Learning) Based Physics Learning Model to Improve Collaboration Skills and Creative Thinking Ability of AStudents. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9973-9978.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.