Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis E-LKPD Pendekatan TPACK Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Siswa IPA SMP

Zahra Yonisa, Novi Ratna Dewi, Prasetyo Listiaji

Abstract

Model Creative Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran berfokus pada mengajarkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efek penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbasis E-LKPD dengan pendekatan TPACK terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan meningkatkan kreativitas mereka dalam mata pelajaran IPA di SMP. Metode penelitian melibatkan review literatur dari jurnal internasional menggunakan perangkat lunak Publish or Perish, diikuti dengan analisis mendalam terhadap artikel yang ditemukan. Hasil studi menunjukkan bahwa menerapkan Model Pembelajaran CPS berbasis E-LKPD dengan pendekatan TPACK secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan juga kreativitas mereka dalam mata pelajaran IPA di SMP. Implikasi dari temuan ini memberikan saran kepada guru dan pihak terkait dalam pendidikan untuk mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran inovatif guna meningkatkan keterampilan dan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah dalam konteks mata pelajaran IPA.


The Creative Problem Solving (CPS) model in learning focuses on teaching problem solving and creative thinking skills. This research aims to explore the effect of implementing the E-LKPD-based Creative Problem Solving (CPS) Learning Model with the TPACK approach on students' ability to solve problems and increase their creativity in science subjects in junior high school. The research method involves a literature review from international journals using Publish or Perish software, followed by an in-depth analysis of the articles found. The study results show that implementing the E-LKPD-based CPS Learning Model with the TPACK approach significantly increases students' ability to solve problems and also their creativity in science subjects in junior high school. The implications of these findings provide suggestions for teachers and related parties in education to consider using innovative learning models to improve students' skills and creativity in solving problems in the context of science subjects.

Keywords

Creative Problem Solving; Kreativitas; TPACK; Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References

Asrori, A., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Sesuai Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Sendika, 5(1)

Endah, D. R. J., Kesumawati, N., & Andinasari, A. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self efficacy siswa melalui Logan avenue problem solvingheuristic. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 207-222 https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2331

Fitriyah, N., Hariani, S. A., & Fikri, K. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Biologi. Jurnal Edukasi, 2(2), 44-50. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4305

Kurnianto, B., & Sarwono, R. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 210-221. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/7229

Muhali, M. (2021). Pengaruh Implementasi model creative problem solving terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah, keterampilan proses sains, dan kesadaran metakognisi peserta didik. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(1), 45-57. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/Lensa/article/view/4261

Nurdin, E., Nayan, D. D., & Risnawati, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gantang, 5(1), 39–49 https://repository.uin-suska.ac.id/24381/

Purnawati, W., Maison, M., & Haryanto, H. (2020). E-LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 126-133. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/665

Putri, R.R., Muhaimin dan Sutrisno. 2021. The Framework Of Technological Pedagogical Content Knowledge On Chemistry Learning Tools Development. Jurnal Pendidikan Sains. Vol 9. 126-136. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/6930

Perrina, R. O., Yurnetti, Y., Hidayati, H., & Sari, S. Y. (2020). Pembuatan perangkat pembelajaran ipa terpadu berbasis model creative problem solving pada materi getaran, gelombang, dan bunyi ipa smp/mts kelas viii. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 13(2). https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/8555

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104 https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2082

Rahma, A. A., & Wicaksono, I. (2023). Efektivitas Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Kalor. Journal on Education, 5(3), 5668-5679. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1326

Rosmala, A. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sari, A. D., Hastuti, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1115-1128. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/318

Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. Proceedings of the 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020). https://www.atlantis-press.com/proceedings/iclle-20/125945953

Triwahyudi, S., Sutrisno dan Yusnaidar., 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK pada materi kimia SMA. Chempublish Journal. Vol6 No. 1. 46-53 https://mail.online-journal.unja.ac.id/chp/article/view/11679

Triyono, T., Senam, S., Jumadi, J., & Wilujeng, I. (2017). The Effects of Creative Problem Solving-based Learning Towards Students' Creativities. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2), 229040. https://www.neliti.com/publications/229040/the-effects-of-creative-problem-solving-based-learning-towards-students-creativi

Waluyo, E., Supiyati, S., & Halqi, M. (2020). Mengembangkan perangkat pembelajaran kalkulus integral berbasis model pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Elemen, 6(2), 357- 366 https://www.researchgate.net/profile/Rully-Prahmana/publication/348908327_The_Innovative_Learning_of_Social_Arithmetic_using_Realistic_Mathematics_Education_Approach/links/605ef093458515e834736762/The-Innovative-Learning-of-Social-Arithmetic-using-Realistic-Mathematics-Education-Approach.pdf?_sg%5B0%5D=started_experiment_milestone&origin=journalDetail&_rtd=e30%3D

Wisela, A. Y., Sahidu, H., & Ayub, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar fisika. Jurnal Pijar MIPA, 15(1), 27-31. https://pdfs.semanticscholar.org/6c78/6a0fc85666a47955adac332d011d87139f67.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.