Implementasi Media Pembelajaran Solar System Augmented Reality View (SoLAR View) pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya Terhadap Pemahaman Konsep
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru dan peserta didik mengenai media pembelajaran Solar System Augmented Reality View (SoLAR View) pada materi sistem tata surya dan untuk mengetahui bagaimana media pembelajaran Solar System Augmented Reality View (SoLAR View) ini dapat melatih pemahaman konsep pada materi system tata surya. Metode penelitian yang digunakan adalah weak experimental designs atau eksperimen lemah, dengan desain penelitian the one group pretest-posttest design. Sasaran penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VI di SDN Cinunuk 03 yeng berjumlah 37 orang. Dari temuan pada hasil dan pembahasan, menyatakan bahwa media pembelajaran Solar System Augmented Reality View (SoLAR View) cukup efektif untuk digunakan dalam melatih pemahaman konsep, hal ini dapat dilihat dari peningkatatan yang ada pada hasil pretest dan postest serta hasil dari angket respon peserta didik dan guru yang mendapatkan hasil sangat baik. Melalui penelitian ini diketahui bahwa media pembelajaran memberikan pengaruh dalam keberhasilan pembelajaran termasuk dalam melatih pemahaman konsep.
This research aims to determine the responses of teachers and students regarding the Solar System Augmented Reality View (SoLAR View) learning media on solar system material and to find out how the Solar System Augmented Reality View (SoLAR View) learning media can train understanding of concepts in system material. solar system. The research method used is weak experimental designs or weak experiments, with a research design of the one group pretest-posttest design. The research targets in this study were 37 class VI students at SDN Cinunuk 03. From the findings in the results and discussion, it is stated that the learning media Solar System Augmented Reality View (SoLAR View) is quite effective for use in training understanding of concepts, this can be seen from the improvement in the pretest and posttest results as well as the results of the student response questionnaire and teachers who get excellent results. Through this research, it is known that learning media has an influence on the success of learning, including training in understanding concepts.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia & dkk.(2011).Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arsyad, A. (2014). Media Pengajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (Eighth Edi, Issue 1). McGraw-Hill.
Burhanudin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Di Smk Hamong Putera 2 Pakem. Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(3), hlm.267.
Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep untuk Mengatasi Miskonsepsi dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–136.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics and Science Study. 562–569.
Indrawan, A., Saputra, K., & Linawati. (2021). Augmented Reality sebagai Media Pendidikan Interaktif dalam Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 20(1), 61. https://doi.org/10.24843/mite.2021.v20i01.p07
Juanda, N., & Atmaja, D. (2018). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Android. Jurnal UMJ, 17, 1–12.
Kartini, K., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif tema binatang untuk pembelajaran di taman kanak-kanak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33879
Lahallo, C. A. S., Wiranatha, A. A. Kt. A. C., & Sasmita, G. M. A. (2016). Media Pembelajaran Molymod Senyawa Hidrokarbon Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Merpati, 4(1), 123–134.
Lyesmaya, D., & Wardana, A. E. (2019). Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS di Kelas Tinggi. Ummi, 13, 149–156.
Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13, 174.
Oktavia, L. S., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar : Kajian Untuk Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1823–1828.
Pitriyanti, O. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Pada Materi Cahaya. Universitas Lampung.
Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216. https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614
Rosa, A. C., Sunardi, H., & Setiawan, H. (2019). Rekayasa Augmented Reality Planet dalam Tata Surya sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Negeri 57 Palembang. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 10(1). https://doi.org/10.36982/jiig.v10i1.728
Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 1(1), 8.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Zsalsabilla, M. N., Hendriana, B., & Masykuroh, K. (2022). Pengembangan media augmented reality sistem tata surya (solar system) pada anak usia 5–7 tahun. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(2), 136–148. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i2.51771
Refbacks
- There are currently no refbacks.