Analisis Bibliometrik Keterampilan Proses Sains Siswa SMA dan MA Tahun 2010-2023 Menggunakan Publish or Perish dan VOSViewer
Abstract
Dunia penelitian membutuhkan sebuah metode untuk mengidentifikasi celah penelitian (research gap) dari penelitian yang sudah dipublikasikan dalam bentuk jurnal maupun prosiding seminar. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah analisis bibliometrik menggunakan bantuan perangkat lunak Publish or Perish dan VOSViewer. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis bibliometrik dengan topik keterampilan proses sains siswa SMA dan MA dari tahun 2010 sampai dengan 2023. Metode pengumpulan data menggunakan perangkat lunak Publish or Persih dengan database Google Scholar. Hasil pencarian kemudian disimpan dalam bentuk CSV file dan RIS file. Data CSV digunakan untuk melakukan analisis jumlah publikasi per tahun, tema penelitian, dan mata pelajaran yang digunakan dalam meneliti keterampilan proses sains siswa. Data RIS digunakan untuk melakukan visualisasi bibliometrik menggunakan VOSViewer. Hasil pengumpulan data publikasi diperoleh jumlah publikasi sebanyak 223 publikasi, setelah dilakukan pemilahan diperoleh data bersih sebanyak 203 publikasi. Jumlah publikasi terbanyak pada tahun 2016 sebanyak 31 publikasi dan hasil identifikasi tema penelitian diperoleh data sebanyak 19 tema penelitian. Untuk mata pelajaran yang paling banyak digunakan dalam meneliti keterampilan proses sains siswa adalah mata pelajaran fisika. Hasil visualisasi jaringan bibliometerik menunjukkan setiap kata kunci saling terhubung dengan kata kunci keterampilan proses sains. Hubungan antar kata kunci ini membentuk 12 klaster dengan kata kunci yang sering muncul sebanyak 33 kata kunci. Visualisasi overlay memberikan informasi terdapat lima kata kunci yang dapat dijadikan topik penelitian terbaru yang berhubungan dengan keterampilan proses sains. Visualisasi densitas menunjukkan keterampilan proses sains memiliki kerapatan yang paling besar dibandingkan kata kunci lainnya.
The research community needs a method to identify gaps from research published in journals and seminar proceedings. One method that can be used is bibliometric analysis using Publish or Perish and VOSViewer software. This study aims to conduct a bibliometric analysis of the science process skills of senior high school students (SMA) and Islamic senior high school students (MA) from 2010 to 2023. Data were collected using Publish or Perish software with Google Scholar as a database. The retrieved results were subsequently saved in the CSV and RIS file formats. CSV data were used to analyze the number of publications per year, research themes, and subjects used in research on students’ science process skills. The RIS data were used to perform bibliometric visualisation using VOSViewer. A total of 223 publications were collected. After sorting, the number of clean data was 203 publications. The highest number of publications occurred in 2016, with 31 publications, and the identification of research themes yielded 19 themes. The subject most used in research on students’ science process skills is physics. The results of the bibliometric network visualization show that each keyword is interconnected with science process skill keywords. The relationships between these keywords created 12 clusters, containing 33 frequently appearing keywords. Overlay visualization reveals five keywords that could be explored as potential new research topics in science process skills. Density visualization shows that science process skills have the highest density compared to the other keywords.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, K. H., Roslan, M. F., Ishak, N. S., Ilias, M., & Dani, R. (2023). Unearthing Hidden Research Opportunities Through Bibliometric Analysis : A Review. Asian Journal of Research in Education and Social Sciences, 5(1), 248–259. https://doi.org/10.55057/ajress.2023.5.1.23 Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., Rayana, A., & Probowati, A. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMA Pada Praktikum Biologi. EDUSAINS, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015 Astuti, R. (2023). Analisis Bibliometrik Model Pembelajaran Kontekstual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17656–17662. Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis : An overview and guidelines. Journal of Business Research Journal, 133, 285–296. Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252. Fitriana, F., Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. JTK : Jurnal Tadris Kimiya, 4(2), 226–236. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669 Harzing, A. W. (2007). Publish or Perish. https://harzing.com/resources/publish-or-perish Husaeni, D. F. Al, & Nandiyanto, A. B. D. (2022a). Bibliometric Computational Mapping Analysis of Publications on Mechanical Engineering Education using VOSViewer. Journal of Engineering Science and Technology, 17(2), 1135–1149. Husaeni, D. F. Al, & Nandiyanto, A. B. D. (2022b). Bibliometric Using Vosviewer with Publish or Perish (using Google Scholar data): From Step-by-step Processing for Users to the Practical Examples in the Analysis of Digital Learning Articles in Pre and Post Covid-19 Pandemic. ASEAN Journal of Science and Engineering, 2(1), 19–46. https://doi.org/10.17509/ajse.v2i1.37368 Hutami, T. S., Nugroho, P. A., & Anis, F. (2023). Analisis Bibliometrik : Tren Penelitian Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 8(September), 279–292. Hutapea, B. (2023). Analisis pemanfaatan aplikasi publish or perish terhadap penu- lisan karya ilmiah mahasiswa. PELITA: Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 39–52. Janik, A., Ryszko, A., & Szafraniec, M. (2020). Scientific Landscape of Smart and Sustainable Cities Literature: A Bibliometric Analysis. Sustainability (Switzerland), 12(3), 1–39. https://doi.org/10.3390/su12030779 Machmud, W. S., Nurbayani, E., & Ramadhan, S. (2023). Analisis Bibliometrik Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan R Package. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 11(1), 45–68. https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8582 Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu ’ allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1–12. http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1316/1017 Narayani, N., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2023). Analisis Bibliometrik : Fokus penelitian hasil belajar dalam pembelajaran matematika (2013-2023). Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.80 Noeraida, N., & Noorseto, A. (2020). Pengukuran Kinerja Jurnal Ilmiah Terakreditasi di BATAN (Analisis Bibliometrik). Jurnal Pustakawan Indonesia, 19(1), 1–16. Putri, R. Y., Sudarti, S., & Prihandono, T. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 6(1), 497–502. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3145 Qirani, M., Wati, R., Astuti, S. D., Annur, S., & Sya’ban, M. F. (2023). Analisis Bibliometrik Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Aplikasi VOSViewer. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 3(3), 134–141. Saputra, C. S., & Purnomo, A. R. (2023). Analisis Bibliometrik dari Ketrampilan Proses Sains dan Experiential Learning pada Tahun 2020-2021. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(1), 13–21. Saputra, I. F., Hariyadi, B., & Anggereini, E. (2023). Analisis Bibliometrik Perkembangan Riset Media Pembelajaran Biologi Berbasis Teknologi di SMA Menggunakan Vosviewer. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(2), 13–23. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.20906 Sidabutar, D., Ningrum, S. S., & Nuryadin, A. (2022). Analisis Bibliometrik Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Menggunakan VOSViewer. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 165–177. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9435 Sudirman, S., Ramdani, A., Doyan, A., Anwar, Y. A. S., Rokhmat, J., & Sukarso, S. (2023). A Bibliometric Analysis Performance Assessment of Science Education on Science Process Skill. Path of Science, 9(6), 4001–4011. https://doi.org/10.22178/pos.93-4 Sulardja, E. C. (2021). Analisis Bibliometrik Publikasi Ilmiah Bidang Digital Asset Management Berbasis Data Scopus 2011-2020. Informatio: Journal of Library and Information Science, 1(3), 259–280. Tamala, J. K., Maramag, E. I., Simeon, K. A., & Ignacio, J. J. (2022). A Bibliometric Analysis of Sustainable Oil and Gas Production Research using VOSviewer. Cleaner Engineering and Technology, 7, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.clet.2022.100437 van Eck, N. J., & Waltman, L. (2010). Software Survey: VOSviewer, a Computer Program for Bibliometric Mapping. Scientometrics, 84(2), 523–538. https://doi.org/10.1007/s11192-009-0146-3 Wulandari, R., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2023). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS Viewer Bibliometric. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 133–140. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.120
Refbacks
- There are currently no refbacks.