Pengaruh Penerapan Metode Simulasi dan Resitasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Materi Pengaruh Gaya Terhadap Benda

Tri Madani

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD 24 sungai kakap yang beralamatkan di Jl pramuka parit W. Lijah, sungai rengas, Kec sungai kakap, kabupaten kubu raya, kalimantan barat, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan hasil peserta didik dengan menggunakan metode simulasi dan resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran pengaruh gaya terhadap benda. Dalam hal ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diajarkan dengan menggunakan metode simulasi dan resitasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode Tes. Penerapan metode simulasi sangat cocok dipandukan dengan meteri pengaruh gaya terhadap benda dikelas IV SD/MI, dengan metode simulasi peserta didik menjadi lebih aktif ketika pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, karena metode ini melibatkan peserta didik berperan aktif. Sedangkan dengan menggunakan metode resitasi peserta didik lebih cendrung bosan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.


This research was conducted at SD 24 sungai kakap which is located at Jl pramuka parit W. Lijah, sungai rengas, Kec sungai kakap, kubu raya district, west Kalimantan, which aims to find out how the effect of applying the results of students by using the simulation and resitation method on the learning outcomes of the subject of the effect of force on objects. In this case the method used is a qualitative method. This study aims to determine how much influence is taught using simulation and resitation methods. The data collection techniques used are observation method and test method. The application of the simulation method is very suitable to be paired with the material of the effect of force on objects in class IV SD / MI, with the simulation method students become more active when the learning process is taking place, because this method involves students playing an active role. Meanwhile, by using the resitation method, students tend to be more bored in doing the tasks given by the teacher.

Keywords

Hasil Belajar; IPA; Metode Simulasi & Resitasi.

Full Text:

PDF

References

Ali Makhrus, Hariyati, Pratiwi & Afifah. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. Education Journal. vol 2 (2)

Fitriani,Joko Sutrisno AB, Ambyah Harjanto, Ridho Agung Juwantara.( 2022 ).Upaya Meningkatkan Minat dan Belajar Ipa Melalui Metode Simulasi pada Peserta didik Kelas V Di SD Negeri Trans Batumarta V Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah. hlm. 223-232.

Hasbunallah (2021).Kurikulum Pendidikan Guru: Metode Simulasi dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi, JurManajemen Pendidikan Islam, 11(2), hlm 155-162.

Irmyanti, Mufti Hatur Rahmah, Sainab.(2023).Analisis Penerapan metode resitasi serta dampaknya pada minat dan hasil belajar biologi peserta didik pada jenjang sekolah menengah.BIOMA. 5(1). Hlm105- 117.

Manik NH, Mukhamad Murdiono.( 2019 ).Problematika guru dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PPKn, Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan. 16(2).hlm 166-176.

Mislikhah, ST., ( 2018 ), Implementasi Metode Resitasi dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(2).hlm 45-60.

Nur Inang, Muhammad Yunus, Sulfaidah. (2022). Penerapan Metode PembelajaranDalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS DISMPN 3 Bontolempengan, JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 1(3). Hlm. 102- 108.

Parni.(2018).Implementasi Metode Simulasi Dalam Pembelajaran IPS.jurnal : primearly, 1(2), hlm 110-118

Riyanto A.,Trisharsiwi., (2018), Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Terhadap Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Peserta Didik Kelas V SDN Kotagede 3 Yogyakarta., Trihayu:

Susilawati D., Tanzimah, Treny Hera, ( 2022 ), Pengaruh Metode Resitasi dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22 Palembang, Jurnal Kewarganegaraan, 6(2). Hlm. 4696-4700.

Syahril Musdalifah, ( 2018 ). Penerapan Metode Simulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Murid Kelas IV SD Negeri Mangasa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal : Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 3(1). Hlm. 53-62.

Takuwa K, Srifitrisono, ( 2018), Penerapan Metode Simulasi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN No.84 Kota Tengah. Jurnal : ilmu pendidikan non formal, 4(3). Hlm. 241-248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.