Pembelajaran Biologi Bermuatan Sustainability Berbasis Digital untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa SMA

Ema Auliatzahra, Eny Hartadiyati, Atip Nurwahyunaini, Muhammad Syaipul Hayat

Abstract

Pembelajaran sustainable mampu menciptakan pengalaman belajar siswa sehingga dapat diterapkan secara terpadu dengan keidupan pribadi dan kegiatan sehari-hari dilingkungannya. Pada abad 21 ini aktivitas manusia di dorong oleh kemajuan teknologi yang berkembang pesat, oleh karena itu pemelajaran sekarang ini harus mengikuti perkembangan teknologi. Pada materi pencemaran lingkungan pembelajaran berbasis digital dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis. Metode yang digunakan studi literatur atau tinjauan Pustaka dengan cara mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan suatu topik yang bertujuan mendeskripsikan konten pokok berdasarkan informasi. Didapatkan hasil bahwa pembelajaran biologi bermuatan sustainability berbasis digital dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa.

Sustainable learning has the potential to create meaningful learning experiences for students, enabling them to integrate knowledge into their personal lives and daily activities within their environment. In the 21st century, human activities are increasingly driven by rapid technological advancement; therefore, current learning approaches must adapt to these technological developments. In the context of environmental pollution topics, digital-based learning can enhance students' critical thinking skills. This study employed a literature review method by collecting data sources relevant to the topic, aiming to describe the core content based on available information. The findings indicate that digital-based biology learning integrated with sustainability content can improve high school students' critical thinking skills.

Keywords

Pembelajaran sustainable, pembelajaran digital, berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

Agusti, K. A., Wijaya, A. F., & Tarigan, D. E. (2019, December). Problem based learning dengan konteks esd untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sustainability awareness siswa sma pada materi pemanasan global. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) (Vol. 8, pp. SNF2019-PE).

Agustina, D. W., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan Flipbook Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 325-339.


Firmaningsih, F., & Wasikin, E. H. (2021, November). Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis Sustainability dalam Model Problem Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Ekosistem. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Habiba, R., Haryanti, E. H. W., & Nurwahyunani, A. (2018, November). Pengaruh Pembelajaran Materi Sistem Regulasi Berbantu Media Flashcard Bermuatan Sustainability terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif di SMA. In SEMINAR NASIONAL SAINS & ENTREPRENEURSHIP V 2018.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225.

Novayani, S., Nufida, B. A., & Mashami, R. A. (2015). Pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(1), 253-258.

Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Multimedia interaktif berbasis stem pada konsep pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. JSEP (Journal of Science Education and Practice), 2(1), 1-15.

Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan media digital berbasis flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694-705.

Rasiman, R., & Agnita, S. P. (2014). Development of mathematics learning media e-comic based on flip book maker to increase the critical thinking skill and character of junior high school students. International Journal of Education and Research, 2(11), 535-544..

Riyanti, L. D., Haryanti, E. H. W., & Nurwahyunani, A. (2017, October). Penggunaan E-Magazine Bermuatan Sustainability pada Pembelajaran Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Sustainability dan Berpikir Kritis Siswa SMP. In SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.