Efektivitas Model Pembelajaran Example Non Example dengan Pendekatan Scientific Literacy Terhadap Kemampuan Presentasi Siswa

Putri Rahmawati, Aristiawan Aristiawan

Abstract

Kemampuan presentasi merupakan keterampilan seseorang dalam mengungkapkan informasi, pikiran, juga perasaan yang ada di pikirannya dengan menggunakan kata-kata, tulisan, gambar, simbol, dan angka. Tujuan penelitian ini ialah: mengetahui pelaksanaan, aktivitas siswa dan efektvitas  pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Example Non Example dengan pendekatan Scientific Literacy terhadap kemampuan presentasi siswa kelas VII SMPN 1 Nguntoronadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Experiment Design dengan desain penelitian “non equivalent pretest-posttest control group design”. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Nguntoronadi yang terdiri dari 27 siswa untuk kelas eksperimen dan 26 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kemampuan representasi, tes dan angket. Data selanjutnya dianalisis dengan uji t. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan presentasi siswa yang menerapkan model pembelajaran Example Non Example dengan pendekatan Scientific Literacy memiliki perbedaan apabila dibandingkan dengan kemampuan presentasi siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat melalui nilai signifikansi hasil uji T yaitu sebesar 0,000.

Presentation ability is a person's skill in expressing information, thoughts, as well as feelings that are in his mind using words, writing, pictures, symbols, and numbers. The purpose of this research is: to determine the implementation, student activity and learning effectiveness of applying the Example Non Example learning model with a Scientific Literacy approach to the presentation skills of seventh grade students of SMPN 1 Nguntoronadi. This research used the Quasi Experiment Design approach with the research design "non-equivalent pretest-posttest control group design". The research sample was the seventh grade students of SMPN 1 Nguntoronadi consisting of 27 students for the experimental class and 26 students for the control class The research instruments were observation sheet of representation ability, test and questionnaire. The conclusion of this study is that the presentation skills of students who apply the Example Non Example learning model with a Scientific Literacy approach have a difference when compared to the presentation skills of students who apply conventional learning models. This can be seen through the significance value of the T test results which is 0.000.

Keywords

Example Non Example; Kemampuan Presentasi; Scientific Literacy

Full Text:

PDF

References

Anggraini, U. R. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA. JPE : Journal of Primary Education, 1(1), 1–9.

Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Eka Putri Nurindah Sari, & Hanin Niswatul Fauziah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbasis Petak Umpet Gambar Terhadap Keterampilan Berpikir Kontekstual Siswa SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.65

HANGGANI, M. E. (2013). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN TEKNIK PRESENTASI BAGI SEKRETARIS. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Hidayati, K. (2020). Comparison of Science Learning Outcome Between Using and Do Not Using Picture Media on State Islamic Elementary Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 69. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2092

Lestari, I. D. (2017). Pengaruh literasi sains terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017, 103–106.

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Taman Vokasi, 6(1), 98. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2866

Lutfirohmatika, I., & Novika Pertiwi, F. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditoy, and Kinestetics) dengan Pendekatan Literasi Sains terhadap Kemampuan Presentasi Peserta Didik MTS Kelas VII. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 282–291. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.202

Oktavian, C. (2019). MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 12 SURABAYA. LATERNE, 8(1).

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221

Romadona, M. R. (2017). Peran Efikasi Diri dan Kemampuan Komunikasi Peneliti Terhadap Iklim Organisasi di Pusat Penelitian X. Journal Pekommas, 2(1), 55. https://doi.org/10.30818/jpkm.2017.2020106

Syahwati, F., & Arif, S. (2022). Analysis of the Effect of Scientific Literacy and Questioning Ability on Science Learning Outcomes. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 3(2), 150–157. https://doi.org/10.21154/insecta.v3i2.5127

Utami, S. P. T., & Naryatmojo, D. L. (2016). Pelatihan Presentasi Ilmiah untuk Meningkatkan Daya Saing dalam Kompetisi Ilmiah bagi Anggota Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja di Kota Semarang. Semar, 5(1), 83–91.

Yuswanti. (2015). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4).

Zahro, L., & Irawan, E. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Pendekatan Scientific Literacy terhadap Keterampilan Presentasi Peserta Didik MTs Kelas VIII. 2(1), 35–44.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.