Meta-Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Kadek Leni Widiartini, A.A. Istri Agung Rai Sudiatmika

Abstract

Penelitian ini ialah jenis penelitian meta analisis dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Teknik analisis data dipenelitian ini ialah analisis statistik kuantitatif dengan aplikasi SPSS 16. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) pada hasil belajar peserta didik.  Sumber data pada penelitian ini yaitu dari dua puluh artikel yang kemudian dianalisis dan didapatkan dua belas artikel yang sesuai dengan penelitian. Dari dua belas artikel yang dianalisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dari hasil rata- rata pretest 57.54, kemudian dibandingkan dengan hasil rata-rata postest 80.84 mengalami peningkatan pada hasil belajar peserta didik dan dilihat dari uji N-Gain rata-rata tersebut termasuk dalam kategori tinggi yaitu lebih dari 0,7 yang artinya efektivitasnya tinggi. kemudian untuk N Gain persen nilai mean 77.49 lebih besar dari 76% maka tafsirannya efektif atau bisa diartikan penerapan model pembelajaran PBL efektif.

This research is a type of meta-analysis research from research that has been conducted previously. The data analysis technique in this research is quantitative statistical analysis with the SPSS 16 application. The aim of this research is to find out how to apply the Problem Based Learning (PBL) model to student learning outcomes. The data source in this research was twenty articles which were then analyzed and twelve articles were obtained that were in accordance with the research. From the twelve articles analyzed it can be concluded that learning with PBL can improve student learning outcomes from the average pretest result of 57.54, then compared with the average posttest result of 80.84 there is an increase in student learning outcomes and seen from the average N-Gain test This average is included in the high category, namely more than 0.7, which means the effectiveness is high. then for N Gain percent the mean value is 77.49 which is greater than 76%, so the interpretation is effective or can be interpreted as implementing the PBL learning model effectively.

Keywords

Problem Based Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Alfianiawati, T., & dkk. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Dikels V Sd. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD,1(10).

Asrifah,S., & Alrahmat A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD N Pondok Pinang 05. Jurnal Buana Pendidikan , 183-193.

Darsana, I., & I Gst A . (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Gugus 1sidemen Karangasem. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Dewana, A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). 6(4).

Djonomiarjo, T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Nonformal AKSARA. 39-46.

Handayani, R., & Muhammadi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD. 8(5).

Helyandari, B., & dkk. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Ma Darul Hikmah Darek Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 10-17.

Jannah, F., & Zahra, P. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.

Khotimah, A., & dkk. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Kajian Teknologi . 158-165.

Maryunda, H., & Desyandri. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN Gugus Baruah Gunuang. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1), 1405-1412.

Mujiono, A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smkn 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 4(2), 359 - 365.

Nofziarni, Ai., & dkk. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Disekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Rohmah, N., & Rahyu S. (2022). Pengaruh ModelProblem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Gerak pada Manusia Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). 5(2).

Suharyat, Y., dkk. (2023). The Effectiveness of STEM-Based Learning in Teaching 21 st Century Skills in Generation Z Student in Science Learning: A Meta-Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.9(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.