Literature Review Penerapan Pembelajaran Sains Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa

Ninda Arisma, Risky Septiani, Ariza Rafidah Husna, Ahmad Rifa'i, Farah Erika

Abstract

Permasalahan lingkungan menjadi salah satu permasalahan krusial di seluruh dunia. Bumi yang semakin tua telah banyak mengalami kerusakan. Diperlukan adanya kesadaran sejak dini bagi generasi muda yang akan merasakan kondisi lingkungan di masa mendatang. Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran sains berbasis lingkungan yang dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah narrative literature review, dengan menganalisis beberapa sumber pustaka mengenai pembelajaran sains berbasis lingkungan. Penerapan pembelajaran sains berbasis lingkungan telah dilakukan pada tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dengan berbagai mata pelajaran di bidang sains. Hasil studi literatur ini menunjukkan bahwa pembelajaran sains berbasis lingkungan mampu meningkatkan sikap peduli lingkungan serta beberapa aspek pengetahuan dan keterampilan sains pada siswa.

Environmental problems are one of the crucial problems throughout the world. The aging Earth has experienced a lot of damage. There is a need for early awareness for the younger generation who will experience environmental conditions in the future. This literature study aims to determine the application of environmentally based science learning which can increase students' environmental care attitudes. The method used in this research is a narrative literature review, by analyzing several library sources regarding environmental-based science learning. The application of environmentally based science learning has been carried out at elementary to high school levels with various subjects in the field of science. The results of this literature study show that environmentally based science learning is able to increase environmental care attitudes as well as several aspects of science knowledge and skills in students.

Keywords

pembelajaran sains, lingkungan, sikap peduli lingkungan

Full Text:

PDF

References

Adriliyani, P. A., Dantes, N., dan Jayanta, I. N. L. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Make A Match Berbasis Lingkungan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 181-191.

Afrianda, R., Yolida, B., dan Marpaung, R. R. T. (2019). Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Literasi Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(1), 32-42.

Amalini, H., dan Winarsih, W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 206-217.

Amelia, T., Jumini, S., & Khoiri, A. (2021). Analysis of Creativity And Attitudes Caring The Environment of Junior High School Students: Study of Environmental Physics Learning Using Learning Modules. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 17(1), 40-48.

Andani, D. T., Gani, A., Pada, A. U. T., & Rahmatan, H. (2021). Ethnoscience-Based Student Worksheet Development To Improve Senior High School Student Creativity. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 26-33.

Angreani, A., Saefudin, S., & Solihat, R. (2022). Virtual Laboratory Based Online Learning: Improving Environmental Literacy In High School Students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 8(1), 10-21.

Aslam, M., Azis, A. A., dan Adnan, A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. Jurnal Biotek, 9(2), 224-243.

Astuti, H. Y., Nugroho, S. E., & Astuti, B. (2022). Effectiveness of Digital Heat Teaching Materials Based on Science, Environment, Technology, Society (SETS) to Improve Science Literacy of Junior High School Students. Journal of Innovative Science Education, 11(2), 207-215.

Aufa, M. N., Iriani, R., Saadi, P., Hasbie, M., Fitri, M. A., & Yunita, A. (2020). Module Development with Problem Based Learning (PBL) Model Based on Environmental Wetland to Increase Students’ Learning Outcomes. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 5(2), 201-210.

Bria, F. A., Leba, M. A. U., dan Tangi, H. C. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Menggunakan LKPD Berbasis Lingkungan. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 353-358.

Candra, R. E. A. P., Karyanto, P., dan Prayitno, B. A. (2019). Pengembangan Subject Specific Pedagogy Berbasis Problem Based Learning untuk Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa SMP. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(1), 6-13.

Halek, D. H., & Utomo, D. H. (2021). Examination Improving Character towards Environment Care through Their Creativity and Innovation at School (A Case Study at the Senior High School 3 Ternate City). Eurasian Journal of Educational Research, 96, 82-101.

Hanifah, H., dan Retnoningsih, A. (2019). Penerapan Metode Science Literacy Circles untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Peduli Lingkungan pada Materi Perubahan Lingkungan. Indonesian Journal of Conservation, 8(2), 68-78.

Hariningwang, C. N., dan Fitrihidajati, H. (2020). Profil Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Praktikum Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1), 49-59.

Harta, J., Listyarini, R. V., Pamenang, F. D. N., Wijayanti, L. W., & Lee, W. (2020). Developing Small Scale Chemistry Practicum Module to Identify Students’ Ability in Predict-Observe-Explain (POE) Implementation. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 5(1), 91-99.

Henukh, A., Simbolon, M., Pallitin, I. D., & Handayani, A. S. (2023). Development of E-Modules of Integrated Temperature and Heat with STEM-Contextual Approach Of Papua. Asian Journal of Science Education, 5(1), 44-53.

Indra, W., dan Yanti, F. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1), 59-66.

Jeramat, E., Mulu, H., Jehadus, E., dan Utami, Y. E. (2019). Penanaman Sikap Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran IPA Pada Siswa SMP. Journal of Komodo Science Education, 1(2), 24-33.

Juliastari, J., Artayasa, I. P., dan Merta, I. W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 337-343.

Kamilah, I., dan Fikroh, RA (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia SMA/MA Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi Berwawasan Lingkungan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Kimia Tropis, 4(1), 45-54.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033 Tahun 2022. Jakarta: Kemendikbudristek.

Komisia, F., Leba, M. A. U., dan Tukan, M. B. (2022). Pelatihan Praktikum Kimia Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Kupang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 453-462.

Laelasari, I., dan Rahmawati, A. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76-81.

Magdalena, Z. (2022). Aplikasi Pembelajaran Sel Volta dalam Pembuatan Taman Gantung Tempurung Bersinar sebagai Inovasi Pembelajaran Kimia The Application Of Voltaic Cell Learning In Manufacture Of Taman Gantung Tempurung Bersinar As A Chemistry Learning Innovation. Jurnal Chemica, 23(2), 87-93.

Mahrus, M., Anggraeni, M. N., dan Silmi, I. M. (2022). Pengaruh Authentic Learning Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah IPA. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 39-50.

Marzuki, Y., & Desnita, D. (2023). Mapping Environmental Hidden Curriculum in Physics Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 197-206.

Muhammad, H. F., dan Subekti, H. (2023). Strategi Gallery Walk Berbasis Socio-Scientific Issues untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 80-88.

Nisaq, K., & Fajar, D. M. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII MTSN 2 Bondowoso. Eksakta: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 177-185.

Nugraheni, F. S. A., Wati, I. K., Sari, M. W., Suciati, S., Widyastuti, A., dan Kamaliah, K. (2022). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Local Wisdom STEM pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama di Solo Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 357-365.

Nuroso, H. (2021). Reconstruction of Environmental Physics Learning by Integrating Ethno-technology to Actualize Superior Teacher Candidates. In 6th International Conference on Science, Education and Technology (ISET 2020) (pp. 257-260). Atlantis Press.

Nursakinah, S., & Suyanta, S. (2023). Influence of Models Discovery Learning to Critical Thinking Ability and Scientific Attitude of Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 8879-8889.

Nursidin, N., Rusman, R., & Dewi, L. (2022). Improved Understanding of Biodiversity Concepts through Environmentally Based Biology Learning Models. BIOEDUSCIENCE, 6(1), 1-7.

Pinto, C. C. C., dan Meilani, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Saintifik Berbasis 4c Tema Lingkungan Sahabat Kita pada Peserta Didik Kelas V SDK STA. Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2020/2021. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial, Sains dan Teknologi 1(1), 16-27.

Pursitasari, I. D., Rubini, B., & Firdaus, F. Z. (2022). Feasibility of Eco-Literacy-Based Interactive Teaching Material to Promote Critical Thinking Skills. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(6), 2105-2116.

Putra, M. R., Valen, A., dan Egok, A. S. (2020). Pengembangan Media Monopoly Game pada Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1246-1256.

Qomariyah, W., Al Muhdhar, M. H. I., dan Suarsini, E. (2019). Implementasi Modul Berbasis Problem Based Learning dengan Metode SQ3R Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 374-381.

Rahmatun, R. (2020). Implementasi Pembelajaran Aktif Berbasis Lingkungan Luar dalam Pembelajaran Sains pada Materi Different Types of Living Thing pada Kelas III di SD Brawijaya Smart School Malang. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 183-194.

Rokhmah, Z., dan Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMP pada Sekolah Berkurikulum Wawasan Lingkungan. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 176-181.

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., dan Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, 10(1), 207-212.

Santoso, A. B., Setyowati, D. L., & Suhandini, P. (2020). Optimization of Social Studies Learning with Joyful Learning and Environmental Based in Junior High Schools in Semarang City. In International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019) (pp. 715-722). Atlantis Press.

Saputri, S. D., dan Syuhada, F. A. (2022). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Pendidikan Karakter Berbasis Sets pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Zarah, 10(2), 101-113.

Sarif, Y., Fadiawati, N., & Syamsuri, M. M. F. (2019). The Effectiveness Of Waste Cooking Oil Recycling Project-Based Learning To Improve Students’ High Order Thingking Skills. International Journal of Chemistry Education Research, 29-34.

Simeon, M. I., Samsudin, M. A., & Yakob, N. (2020). Effect of Design Thinking Approach On Students’ Achievement In Some Selected Physics Concepts In The Context Of STEM Learning. International Journal of Technology and Design Education, 1-28.

Solheri, S., Azhar, M., & Yohandri, Y. (2022). Analysis of Ethnoscience Integrated Environmental Literacy For Junior High School. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 8(2), 178-188.

Sumaryani, N. P., dan Sunita, N. W. (2022). Penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Upaya Mengembangkan Sains dan Pendidikan Karakter. SEMBIO: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pendidikan Biologi (1) 1, 69-75.

Suyani, K., Astawan, I. G., dan Renda, N. T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery learning Berbasis Lingkungan pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512–519.

Syaflita, D., Hesty, M, S., dan Muhammad, A. (2021). Studi Kepustakaan: Peran Komik dalam Membangun Pengetahuan Bencana dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, 6(2), 235-243.

Taufik, M. S., Suyanto, S., & Dahlan, F. (2021). The Potential of Earthworms (Lumbricus sp.) in Anrelli Village, Kulo District as an Environment-Based Biology Learning Resource. In 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020) (pp. 181-189). Atlantis Press.

Uzun, S., & Sen, N. (2023). The Effects of a STEM-Based Intervention on Middle School Students' Science Achievement and Learning Motivation. Journal of Pedagogical Research, 7(1), 228-242.

Wardana, R. W., Mayub, A., dan Firdaus, M. L. (2022). Optimalisasi Pembelajaran IPA Berbasis Ecovegefruit untuk Mengembangkan Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Konservasi Siswa SMP N 8 Rejang Lebong. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 2(2), 1-8.

Widarti, H. R., Rokhim, D. A., & Syafruddin, A. B. (2020). The development of electrolysis cell teaching material based on stem-pjbl approach assisted by learning video: A need analysis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 309-318.

Wulandari, T., Karyanto, P., dan Prayitno, B. A. (2019). Pengembangan Subject Spesific Pedagogy Berbasis PBL pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan untuk Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(1), 44-51.

Zaldy, A., Solihat, R., Riandi, R., & Firman, H. (2021). Analysis Of The Potential Of Lubuk Larangan Local Wisdom In Science Learning In Junior High Schools. Unnes Science Education Journal, 10(3), 145-150.

Zuhaida, A., dan Mubtasyiroh, Z. (2022). Efektivitas Model Project Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA. JIPI: Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 119-129.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.