Pengembangan E-Ensiklopedia Berbasis Education for Sustainable Development Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Kelas VII

Aldila Nurrul Hanifah, Shinta Purnamasari, Abdul Latip

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan e-ensiklopedia berbasis education for sustainable development pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya kelas VII. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan langkah penelitian sebagai berikut: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary from of product, (4) preliminary field testing, and (5) main field testing. Sumber data pada penelitian ini yaitu dosen, guru, dan peserta didik. Untuk menguji hasil penelitian digunakan instrumen yang terdiri dari instrumen validasi kelayakan dan instrumen uji keterbacaan. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa e-ensiklopedia yang dikembangkan dapat dikatakan layak berdasarkan nilai rata-rata validasi kelayakan sebesar 95,4% dengan kategori sangat layak. Ditinjau dari setiap aspek kelayakan pada aspek isi materi mendapatkan nilai persentase sebesar 93%, sedangkan pada aspek penyajian dan kegrafikaan mendapatkan nilai persentase sebesar 96,8% dan pada aspek kebahasaan mendapatkan nilai persentase sebesar 94,4%. Hasil uji keterbacaan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 92% dengan kategori sangat baik.

This research is development research which aims to produce an education-based e-encyclopedia for sustainable development on the material on the interaction of living things with their environment for class VII. The research method used is Research and Development (R&D) with the following research steps: (1) research and information gathering, (2) planning, (3) preliminary product development, (4) preliminary field testing, and (5) field testing main. The data sources in this research are lecturers, teachers and students. To test the research results, instruments were used consisting of feasibility validation instruments and readability test instruments. The results of the research state that the e-encyclopedia being developed can be said to be feasible based on the average feasibility validation value of 95.4% in the very feasible category. Looking at each aspect of feasibility, the content aspect of the material gets a percentage value of 93%, while the presentation and graphics aspect gets a percentage value of 96.8% and the language aspect gets a percentage value of 94.4%. The readability test results obtained an average score of 92% in the very good category.

Keywords

E-ensiklopedia; ESD; interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya

Full Text:

PDF

References

Ahmatika, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Jurmal Euclid, 3(1), 394–403.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remasa Rosda Karya.

Armiati, Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS. Jurnal Pahlawan, 18(01), 30–37.

Damopolii, I., & Nunaki, J. H. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK IPA TERPADU MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA Insar Damopolii 7 , Jan H. Nunaki 8. Pancaran, 5 (3), 61–70.

Dewi, N. R., & Arini, F. Y. (2018). Uji Keterbacaan pada Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 299–303. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19592

Dwi, J., & Hudaidah. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407

Fahrudiin, I., Program, M., Pendidikan, S., Islam, A., Malang, U. M., & Address, E. (2020). Analisis Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan. 3(1), 15–26.

Irhamsyah, F. (2019). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Dampaknya Bagi Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhanas RI, 38, 45–54.

Julianto, I. N. L., Artawan, C. A. A., & Cahyadi, I. W. A. E. (2021). KETERLIBATAN ILUSTRASI DAN WARNA SEBAGAI STIMULUS VISUAL DALAM KONSEP ‘ INTERAKSI RUANG BELAJAR ’ PADA SEKOLAH DASAR. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 07(02), 389–400. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/index

Kantun, S., Budiawati, Y. S. R., & Ahayu. (2015). ANALISIS TINGKAT KELAYAKAN BAHAN AJAR EKONOMI YANG DIGUNAKAN OLEH GURU DI SMA NEGERI 4 JEMBER. Jurnal Pendidikan Ekonomi, IX No.2, 124–146.

Lathifah, S. S., & Hidayat, N. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan E-Ensiklopedia Keanekaragaman Talas di Kabupaten Bogor Berbasis ESD untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Keberlanjutan Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2023–2032.

Fauzi, M. R. (2020). Analisis kemampuan membaca pemahman siswa sekolah dasar kelas tinggi dengan menentukan ide pokok paragraf melalui metode concentrated language encounter. Journal Of Elementary Education, 3(4), 147–161. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/4851

Permendikbud Nomor 8 tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan.

Prihartanta, Widayat. (2015). Ensiklopedia Umum (Nasional). Jurnal Adabiya, I5(85):1-14.

Saputra, A. A., Yeni, L. F. Y., & Wahyuni, E. S. (2022). VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY Program Studi Pendidikan Biologi , FKIP , Universitas Tanjungpura , Indonesia PENDAHULUAN Pendidikan saat ini menitik beratkan pada proses belajar siswa yang lebih aktif sehingga seorang guru perlu m. Bios, 10(1), 276–289. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i1.4856

Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA / MA Materi Keanekaragaman Hayati. 1(1).

Setiadi, A. E., & Setiawati, E. (2016). Pengembangan ensiklopedia keanekaragaman hewan vertebrata berbasis spesimen 1&2. Jurnal Ilmiah Biologi “Bioscientist,” 4(1), 13–20.

Supardi, Wiastuti, A., & Saliman. (2015). JIPSINDO No. 1, Volume 2, Maret 2015. JIPSINDO, 2(1), 1–21.

Supriatin, D. (2018). USE OF DIGITAL ENCYCLOPEDIA MEDIA TO DEVELOP COGNITIVE ASPECTS OF EARLY CHILDHOOD. Jurnal Empowerment, 7(2), 81-87.

Suswina, M. (2011). Hasil validitas pengembangan bahan ajar bergambar disertai peta konsep untuk pembelajaran biologi sma semester 1 kelas xi. Ta’dib, 14(1), 44–50.

Tantriadi, Y. (2013). PEMBUATAN ENSIKLOPEDIA INTERAKTIF TATA SURYA UNTUK ANAK SMP Yonathan Tantriadi. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–7.

UNESCO. (2018). Integrating Education for Sustainable Development (ESD) in Teacher Education in South-East Asia ( daniel philip Calderbank (ed.)). the United Nations Educational,Scientific, and Cultural Organization. http://www.unesco.org/open-access/terms-use-ccbysa-en

Wahyuni, I. H., & Puspasari, D. (2017). Daftar Urut Kepangkatan dan Mengemukakan. JPEKA JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI MANAJEMEN DAN KEUANGAN, 1(1), 56–58.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.