Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Kelas VII F di SMP Negeri 11 Surakarta

Dhimas Adha Raditya Rahmajati, Kinkin Kirana Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan CTL dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berpedoman pada model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), Pengamatan (observation) dan refleksi (reflection).  Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Wujud zat dan Perubahan Wujud zat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus, persentase minat belajar siswa sebesar 58,63% dengan kategori kurang. Pada Siklus I, persentase minat belajar meningkat menjadi 63,58% dengan kategori cukup, dan pada Siklus II, mencapai 71,39% dengan kategori Baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII F SMP N 11 Surakarta.

This research aims to investigate the implementation of the CTL approach in enhancing students' interest in learning science. The research type employed here is Classroom Action Research (CAR), which follows the Kemmis and McTaggart model consisting of four phases: planning, acting, observing, and reflecting. The subject matter covered in this classroom action research is the States of Matter and Changes in States of Matter. The research results reveal that during the pre-cycle, the percentage of students' interest in learning is 58.63%, categorized as low. In Cycle I, the percentage of interest increases to 63.58%, categorized as moderate, and in Cycle II, it reaches 71.39%, categorized as good. The conclusion drawn from this study is that the implementation of the Contextual Teaching and Learning (CTL) approach is effective in enhancing the interest in learning of Grade VII-F students at SMP N 11 Surakarta.

Keywords

Minat Belajar; Pendekatan Pembelajaran; Kontekstual, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References

Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2022). Efektifitas pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir logis matematika siswa sekolah dasar. Dirasatul ibtidaiyah, 2(2)

Ahmad, M. (2019). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa sekolah menengah pertama melalui pendekatan kontekstual. Jurnal education and development, 7(2)

Amir. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pematang Karau pada Pembelajaran IPA Materi Gerak Tumbuhan Menggunakan Media Foto Handphone. Wahana-Bio: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. Vol. 11. No. 2.

Andika, M. Rezki. (2021). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 1, 54 – 66

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aslan. (2023). PENGANTAR PENDIDIKAN. Makassar: Mitra Ilmu

Bukit, Servista. (2022). Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Literatur). MUDIMA: Jurnal Multidisiplin Madani. Vol. 2. No. 4.

Djaali. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Fariantini, Rizki Nurhana, Rahmat Winata.(2019). ANALISIS MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia.Vol. 4.No. 1.

Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. h. 3

Hikmawati, Fenti. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama

Lambas, dkk. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika (Buku 3). Jakarta:Depdiknas

Marsilawati, Ni Made Sri. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IA2 SMA NEGERI 4 SINGARAJA. JCP: Jurnal Citra Pendidikan. Vol. 2. No.3.

Meinhardi, Akhir. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning guna Meningkatkan Minat Belajar pada Pelajaran Penjasorkes Peserta didik Kelas XI IPA 1 di MAN 2 Kota Padang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol.8. No.14.

Nursarofah, Nisna. (2022). Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Metode Praktikum Pada Kelas VIII H SMP NEGERI 28 Semarang. Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.Vol.2 No.1

Saleh, Sirujaddin, dkk. (2022). Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Belajar Peserta didik. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol, 6. No, 2

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tri Semaraputri, Sang Ayu Ketut, I Made Rustika. (2018). PERAN PROBLEM FOCUSED COPING DAN KONSEP DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA AKHIR YANG MENJADI PENGURUS ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA. JURNAL PSIKOLOGI UDAYANA. Vol 5 No 01

Wardani. (2012). Tentang Karakteristik Anak SD. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Wulandari, Hayani, Isa Nurhalizah. (2023). Mengembangkan Potensi Guru yang Profesional, dalam proses belajar mengajar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. Vol, 9 No. 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.