Penerapan Strategi Cooperatif Learning Mata Pelajaran IPA Materi Alat Panca Indera Manusia Kelas IV di SDN Jatisari 02

Nur Wanah, Adelia Amanda Pramita, M. Suwignyo Prayogo

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Jatisari Kabupaten Jember, yang bertujuan untuk mengetahui apa dan bagaimana Penerapan Strategi Cooperatif Learning Mata Pelajaran Ipa Materi Alat Panca Indera Manusia Kelas IV Di Sdn Jatisari 02. Dalam hal ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran dan informasi yang lebih jelas, lengkap serta memungkinkan dan memudahkan bagi peneliti untuk melakukan penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang  digunakan adalah Metode Observasi, Metode Wawancara, dan Metode Dokumentasi. Penerapan Strategi Coperative Learning sangat cock dipadukan dengan Materi Alat Panca Indra di Kelas IV SD/MI dapat meningkat dan bisa lebih membuat seorang anak menjadi paham jika dibandingkan dengan menggunakan ceramah saja. Maka dari itu Strategi dan materi ini sangat cocok untuk dipadukan. Terbukti sekali siswa yang diajarkan dengan Strategi tadi lebih memperoleh hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan hanya penjelasan guru atau hanya fokus dengan  buku.

This research was conducted in Jatisari Village, Jember Regency, with the aim of finding out what and how the Cooperative Learning Strategy for Science Subjects Material for Human Senses Class IV at Sdn Jatisari 02 is implemented. In this case, the method used is a qualitative research method. This research aims to obtain a clearer, more complete picture and information that makes it possible and easier for researchers to conduct research. The data collection techniques used are the Observation Method, Interview Method, and Documentation Method. The application of the Cooperative Learning Strategy is very effective combined with the Five Senses Material in Class IV SD/MI can improve and can make a child understand more when compared to using lectures alone. Therefore, this strategy and material are very suitable to be combined. It is very proven that students who are taught using this strategy get higher results compared to those who only explain the teacher or only focus on the book.

Keywords

Fasilitas, Sekolah, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Antony, A., & Mudjiran. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Siswa Sekolah Dasar. JEMS (JUrnal Edukasi Matematika Dan Sains), 1.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1.

Lusidawaty, V., & dkk. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Ni’mah, F. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Disertai Media Video Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Profesi Keguruan, 1.

Portanata, L., & dkk. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3.

Ramadhan, F. A. (2021). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran IPA Di Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPA, 2.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.

Soepardi, D. (2007). Buku Ajar Ilmu Kedokteran Telinga Hidung Tenggorok Kepala & Leher.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA.

Yulia, A., & dkk. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Learning. Jurnal SEMNAKTESMU (Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin), 3.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.