Pengembangan Media Mini Zoo Pada Materi Perkembangbiakan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd 7 Kandangmas

Farah Shoufika Hilyana, Nabila Nihlatil Kamila, Mutiara Devy Zahratunnisa, Nor Ilma, Shofiya Nur Haliza

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media pembelajaran mini zoo pada materi perkembangbiakan hewan, mengetahui hasil belajar sisw terhadap media pembelajaran mini zoo yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan R&D oleh Borg and Gall, dimana tahapan yang ada pada model pengembangan R&D adalah potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisian desain, ujicoba produk, revisi produk dan produk akhir. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal pretest dan soal posttest yang diberikan pada siswa kelas V SD & Kandangmas. Hasil validasi ahli media masuk dalam kategori baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil validasi ahli materi masuk dalam kategori baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Rata-rata hasil uji coba dengan instrumen soal pretest dan posttest masing-masing sebesar 5,7 dan 9,2. Berdasarkan hasil rata-rata soal pretest dan posttest yang diperoleh dalam penelotian ini dapaat disimpulkan bahwa pengembangan media mini zoo dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk emningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

Kata kunci : Media, Mini Zoo, Perkembangbiakan, Hewan, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References

Asrizal, F. S. (2017). Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP): Volume 1 Nomor 1. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII.

Asrizal, S. R. (2013). Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Fisika. Desain Bahan Ajar Sains Terpadu Mengintegrasikan NilaiKarakter CerdasBerbasis ICT Untuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII.

Azis, H. (2019, September 19). MAKALAH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA, hal. 30-74.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar akarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menangah Atas.

FIFI NURFITRIANTI.2021. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MINIATUR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 LEJANG KABUPATEN PANGKEP.hal 17-52

Hidayat, T. (2022). PENGEMBANGAN E-COMIC INTEGRATIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV, 1-5.

LIA ARYANI. 2019. PENGARUH MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 105323 BAKARAN BATU KECAMATAN BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG. Hal.9-26

Nurfitrianti, F. (2021). PPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MINIATUR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MURID KELAS IV SD NEGERI 2 LEJANG KABUPATEN PANGKEP, 16-17.

Ploomp, T. a. (2013). Educational Design Research Part A : An Introduction Enchede. The Netherlands : SLO.

Zulfa Nur’aini, F. A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ILUSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI RUPA BAGI SISWA SD.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.