Gambaran Prior Knowledge Siswa Pada Konsep Respirasi Seluler Dalam Kajian Studi Literatur

Liska Setiani, Safira Permata Dewi

Abstract

Pengetahuan awal (prior knowledge) adalah kumpulan dari pengetahuan dan pengalaman individu yang diperoleh sepanjang perjalanan hidup mereka, dan apa yang akan ia bawa ke­pada suatu pengalaman belajar yang baru. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji bagaimana gambaran prior knowladge siswa pada konsep respirasi seluler. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dari lima artikel yang membahas tentang gambaran prior knowledge pada konsep respirasi seluler. Studi ini menunjukan bahwa pemahawan awal siswa terhadap materi respirasi seluler masih kurang baik dan terdapat miskonsepsi dalam materi respirasi seluler ini. Guru diharapkan dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengetahui bagaimana pengetahuan awal dari siswa.

Full Text:

PDF

References

Aisyiyah, A. T. P., & Amrizal, A. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4).

Anderson, J. R. (1990). Cognitive psychology and its implications. New York: W. H. Freeman.


Ausubel, D. P. (1968). Educational psychology: A cognitive view. New York: Holt, Rinehart, & Winston.


Brown, M. H., & Schwartz, R. S. (2009). Connecting photosynthesis and cellular respiration: Preservice teachers’ conceptions. Journal of Research in Science Teaching, 46(7), 791–812. https://doi.org/10.1002/tea.20287

Dewi, S. P., Zen, D., & Haryani, M. E. (2019). The mapping of science teacher candidate’s prior knowledge in cellular respiration topic. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 443–450. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.10037

Goff, E. E., Reindl, K. M., Johnson, C., McClean, P., Offerdahl, E. G., Schroeder, N. L., & White, A. R. (2018). Investigation of a Stand-Alone Online Learning Module for Cellular Respiration Instruction. Journal of Microbiology & Biology Education, 19(2), 1–7. https://doi.org/10.1128/jmbe.v19i2.1460

Mayer, R. E. (2004a). Should there be a three-strikes rule against pure discovery learning? The case for guided methods of instruction. American Psychologist, 59(1), 14–19.

Mayer, R. E. (2004b). The Importance of Prior Knowledge in Learning and Instructional Design. American Psychologist, 59(5), 372–381.

Novak, J. D. (1988). Learning science and the science of learning. Studies in Science Education, 59(1), 14–19.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1).

Putri Tridiyanti, E. (2017). PROFIL MISKONSEPSI DENGAN MENGGUNAKAN THREE-TIER TEST PADA SUBMATERI KATABOLISME KARBOHIDRAT PROFIL OF MISCONCEPTION BY USING THREE TIER TEST ON CARBOHYDRATE CATABOLISM TOPIC AT SENIOR HIGH SCHOOL GRADE XII. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Putri Tridiyanti, E., & Yuliana. (2017). PROFIL MISKONSEPSI DENGAN MENGGUNAKAN THREE-TIER TEST PADA SUBMATERI KATABOLISME KARBOHIDRAT. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3). http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Rahmatan, H., & Liliasari. (2012). PENGETAHUAN AWAL CALON GURU BIOLOGI TENTANG KONSEP KATABOLISME KARBOHIDRAT (RESPIRASI SELULER). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 91–97.

Speth, E. B., Shaw, N., Momsen, J., Reinagel, A., Le, P., Taqieddin, R., & Long, T. (2014). Introductory Biology Students’ Conceptual Models and Explanations of the Origin of Variation. CBE—Life Sciences Education, 13(3), 529–539. https://doi.org/10.1187/cbe.14-02-0020

Suparno, P. (2005). Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Grasindo.

Tamba, Y. R., Napitupulu, M. A., & Sidabukke, M. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HEWAN INVERTEBRATA DI KELAS X. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.11321

Ummels, M. H. J., Kamp, M. J. A., de Kroon, H., & Boersma, K. Th. (2015). Designing and Evaluating a Context-based Lesson Sequence Promoting Conceptual Coherence in Biology. Journal of Biological Education, 49(1), 38–52. https://doi.org/10.1080/00219266.2014.882380

Widya, ), Sheftyawan, B., Prihandono, T., Albertus, ), & Lesmono, D. (2018). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI OPTIK GEOMETRI.

Wiwi Noviati. (2020). Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi di Tengah Pandemi Covid19. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 7–11. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.