Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang adanya pelaksanaan proses pembelajaran yang kurang berpihak pada peserta didik sehingga kurang berkembangnya dimensi kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan profil pelajar pancasila dimensi kreatif dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Project based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan berkolaborasi antara peneliti, guru pamong, dan dosen pendamping lapangan. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project based Learning dapat meningkatkan dimensi kreatif dan hasil belajar peserta didik. Dengan hasil dimensi kreatif pada siklus I sebesar 65,01 meningkat menjadi 80,20 pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 74,19 meningkat menjadi 83,67 pada siklus II, dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,88%. Penelitian ini diakhir pada siklus II karena sudah mencapai kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran dan memenuhi ketuntasan klasikal. Selain itu penerapan model Project based Learning juga mendapat respon positif dari peserta didik.
This research was conducted against the background of the implementation of the learning process that was less supportive of students so that the creative dimension was less developed. The purpose of this study was to improve the profile of Pancasila students in the creative dimension and student learning outcomes through the application of the Project Based Learning learning model. This type of research is classroom action research consisting of two cycles, where each cycle consists of the planning, implementation, observation, and reflection stages. This research was conducted in collaboration between researchers, supervising teachers, and field assistant lecturers. Data sources were obtained through observation, interviews, tests, and questionnaires. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the Project Based Learning learning model can improve the creative dimension and learning outcomes of students. With the results of the creative dimension in cycle I of 65.01 increasing to 80.20 in cycle II. The average value of student learning outcomes in cycle I of 74.19 increased to 83.67 in cycle II, with classical completeness reaching 87.88%. This research was ended in cycle II because it had reached the criteria for completing learning objectives and met classical completeness. In addition, the implementation of the Project Based Learning model also received a positive response from students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainia, (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Krakter. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol. 3 (3), 95-101.
Anggelia, D., Puspitasari, I., dan Arifin, S. (2022). Penerapan Model Project-based Learning Ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, Vol. 7 (2), 398-408.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Fadhilah, U., Azizah., dkk. (2023). Analisis Model PjBL dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 5 (2), 4435-4440.
Karli, H. dan Yuliariatiningsih, M.S. (2003). Model-Model Pembelajaran UT. Bandung: Bina Media Informasi.
Kemendikbud. (2019). Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad ke-21. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
Lubis, Fitri Agustina. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project based Learning. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), Vol. 1 (3), 192-201.
Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4 (1), 89-96.
Putri, A.I., & Wrahatnolo, T. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMKN 3 Jombang, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8 (3), 459-463.
Sani, R.A. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sriyati, Siti. 2016. Efektivitas Peer Assessment dalam Menilai Kemampuan Kinerja Siswa pada Kegiatan Praktikum Biologi. Proceeding Biology Education Conference, Vol 13 (1), 372-376.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widayanto, Farida. A. (2022). Implementasi PjBL dalam Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila Materi Pembelajaran Pertumbuhan Makhluk Hidup Siswa Kelas IIIB MI Sunan Muria Poncokusumo Kabupaten Malang. Jurnal Perspektif, Vol. 15 (2), 227-235.
Yance, R. D., Ramli, E., Mufit, F. (2013). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education, Vol. 1 (April), 48-54.
Refbacks
- There are currently no refbacks.