Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Fluida Statis

Dela Annisa

Abstract

Abstrak

Fisika merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman daripada penghafalan, tetapi diletakkan pada pengertian dan pemahaman konsep yang dititikberatkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui penemuan, penyajian data secara matematis dan berdasarkan aturan-aturan tertentu. Kemampuan memahami konsep tersebut dapat dibangun serta ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah meta analisis. Meta analisis dilakukan dengan cara merangkum data penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji dan menelusuri empat artikel online yang mengkaji pengaruh Model Problem Based Learning terhadap pemecahan masalah fisika pada materi fluida statis. Hasil meta analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan model Problem Based Learning terhadap peningkatan pemecahan masalah fluida statis pada siswa.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Pemecahan Masalah, Fluida Statis

 

Abstract

Physics is a subject that requires understanding rather than memorization, but it is placed on understanding and understanding concepts that are focused on the process of forming knowledge through discovery, presenting data mathematically and based on certain rules. The ability to understand these concepts can be built and enhanced through the use of Problem Based Learning (PBL) learning models. This research was conducted to analyze the effect of using the Problem Based Learning model on solving student problems in static fluid material. The method used in this research is meta-analysis. Meta-analysis is done by summarizing research data that has been done before. Data collection was carried out by reviewing and tracing four online articles that examined the effect of the Problem Based Learning Model on solving physics problems in static fluid material. The results of the meta-analysis carried out showed that there was an effect of learning with the Problem Based Learning model on increasing static fluid problem solving in students.

Keywords: Problem Based Learning, Problem Solving, Static Fluids

Full Text:

PDF

References

Cheong, F. 2008. Using a Problem-Based Learning Approach to Teach an Intelligent Systems Course. Journal of Information Technology Education. Vol. 7, pp. 47-60.

Fatimah, F. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah melalui Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan, 16 (1): 249-259.

Husen, S., Herayanti, L., & Gunawan. 2015. Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3):221–225.

Nursita, N., Darsikin, D., & Syamsu, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah hukum Newton pada siswa kelas x SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 3(3), 18–23.

Panggabean, J. H., Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Di Kelas 1 MAN 1 Medan, Volume 16 (1)-17, 2010.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Sirait, T. M & Derlina. 2015. The Effect of Problem Based Learning Model Towards Physics Learning Outcomes At Dynamic Electricity Course. International Conference on Technology, Informatics, Management, Engineering & Environment (TIME-E).

Suwasono, P. & Puspitasari, E. (2017). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan ICT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan Tahun 2016/2017 pada Materi Fluida Statis. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 1(1): 28-32.

Tampubolon, Togi., dkk. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis Di Kelas X-Mia Semester II Man Binjai. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 8(1): 77-83.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana: Jakarta.

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yuliati, Y. 2017. Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2):21– 28

Yusrizal. (2016). Analysis of difficulty level of physics national examination’s questions. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5 (1), 140–149.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.