Aplikasi Si_Reda Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sistem Peredaran Darah Smp/Mts

Nor Khotimatul Hidayati, Khasna Zahrotul Muna, Achmad Ali Fikri

Abstract

Pada peneltian ini penulis bermaksud mengembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis android dengan materi sistem peredaran darah manusia, menggunakan Smart Apps Creator yang diberi nama Si_Reda. Sehingga proses pembelajaran dapat lebih menyenangkan dan menarik minat peserta didik dalam mempelajari sistem peredaran darah manusia. model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahap untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran yaitu, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berupa aplikasi Si_Reda dan hasil validasi serta uji coba kelayakan media. Penulis menyimpulkan bahwa aplikasi Si_Reda layak digunakan dalam pembelajaran sistem peredaran darah dengan catatan dan perbaikan.

In this research, the author intends to develop an Android-based interactive learning media application with material on the human circulatory system, using a Smart Apps Creator named Si_Reda. So that the learning process can be more fun and attract students' interest in studying the human circulatory system. the ADDIE research model which consists of 5 stages for developing learning applications namely, analysis, design, development, implementation, and evaluation. Based on the results of research on the development of learning media in the form of the Si_Reda application and the results of validation and media feasibility trials. The author concludes that the Si_Reda application is feasible to use in learning the circulatory system with notes and improvements.

Keywords

Aplikasi, Media Pembelajaran Interaktif, Sistem Peredaran Darah

Full Text:

PDF

References

Adesti, A., & Nurkholimah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 8(1), 27–38.

Fathoni, A., & Surjono, H. D. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD. Khazanah Pendidikan, 16(2), 130–142.

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma pembelajaran biologi di era digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12–17

.

Porsche, D., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 14(2), 173–182.

Pramono, R., & Wiyanto, T. (2013). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Alat Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Alat Ukur Macromedia Flash 8 Untuk Menin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(02), 114–120.

Taufiqoh, P. L. (2012). Profil Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. BioEdu, 1(2), 1–4.

Widyati, F. N., & Irawati, H. (n.d.). Studi Literatur: Peningkatan Oral Activity dan Hasil Belajar Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Materi Sistem Ekskresi pada Manusia. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 74–81.

Yanti, F., Yasmi, F., & Jaenam, J. (2014). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Karakter pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk SMA. Jurnal Pelangi, 7(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.