ANALISIS KETERKAITAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 1 SAMBIT

Anggi Nurma Yunita Sholikhah, Bayu Armanda Putra, Cahyani Fitriana

Abstract

Kompetensi sosial guru memiliki peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah dalam membangun motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan keterkaitan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Sambit. Penelitian dilaksanakan tanggal 23 Oktober – 3 November 2022 di SMPN 1 Sambit dengan menerapkan metode penelitian deskriptif-kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi dan wawancara terhadap guru pamong IPA serta kegiatan pembelajaran di kelas IX B. data yang diperoleh dari kegiatan wawancara dan observasi tersebut berupa data deskriptif. Analisis data dilakukan sebelum dilakukan kegiatan penelitian di lapangan, Berdasarkan kegiatan penelitian yang dilakukan terdapat 3 poin penting yang didapatkan, yaitu 1) guru IPA di SMPN 1 Sambit dalam membangun motivasi belajar peserta didik menerapkan pendekatan dan cara berkomunikasi yang berbeda dimana hal tersebut ditekankan pada karakter yang dimiliki oleh peserta didik, 2) guru memberikan pembekalan untuk membangunan konsepsi peserta didik terhadap mata pelajaran IPA sehingga mereka tidak merasa terbebani dan merasa nyaman ketika belajar, 3) guru menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang komunikatif dan bahasa yang mudah dipahami sehingga peserta didik sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah kompetensi sosial guru sangat berpengaruh terhadap motivasi peserta didik dalam pembelajaran khusunya pada IPA.

The teacher's social competence has an important role in learning activities.  One of them is in building students' learning motivation.  The purpose of this study was to describe the relationship between teacher social competence and students' learning motivation, especially in science subjects at SMPN 1 Sambit.  The research was carried out on October 23 – November 3 2022 at Sambit 1 Public Middle School by applying a descriptive-qualitative research method and data collection was carried out through observation and interviews with science tutors teachers as well as learning activities in class IX B. The data obtained from the interviews and observations in the form of descriptive data.  Data analysis was carried out before conducting research activities in the field. Based on the research activities carried out there were 3 important points obtained, namely 1) the science teacher at Sambit 1 Middle School in building students' learning motivation applied different approaches and ways of communicating where this emphasized character  owned by students, 2) the teacher provides debriefing to build students' conceptions of science subjects so that they do not feel burdened and feel comfortable when studying, 3) the teacher delivers subject matter in a communicative way and language that is easy to understand so that students are very  enthusiastic in participating in learning.  The conclusion of this study is that the teacher's social competence greatly influences the motivation of students in learning, especially in science.

Keywords

IPA, Karakter Peserta Didik, Kompetensi Sosial, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Anggraini, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing yang Dipadukan dengan Nested untuk Membangun Konsepsi Laju Reaksi bagi Siswa Bergaya Belajar Aktif. UNESA Journal of Chemical Education, 6(2), 254.

Adrianto, O. M., Candramila, W., & Ariyati, E. (2017). Analisis Konsepsi dan Miskonsepsi Siswa Kelas XII IPA SMA Don Bosco Sanggau pada Materi Evolusi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(4).

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32.

Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1-7.

Fitriah, Maria. (2020). Opini: Transformasi Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. https://www.liputan6.com/citizen6/read/4248063/opini-transformasi-media-pembelajaran-pada-masa-pandemi-covid-19#. Diakses tanggal 29 November 2022 pukul 22.00 WIB.

Hardjo, T. Y. (2014). Pengaruh Belajar dengan Cara Menghafal terhadap Mengingat Kosakata dalam Bahasa Inggris. PSIKODIMENSIA, 13(1), 73.

Harjali, H. (2017). Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif: Studi Fenomenologi pada Kelas-Kelas Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 23(1), 010 – 019.

Hastari, R. C. (2019). Penerapan Strategi Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 4(1), 46-50.

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Ismawati, R., & Isroah, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(4), 1 – 16.

Laila, M. (2022). Model Pembelajaran “Talaqqi” Tahfidzul Qur’an Era Pandemi Covid-19 pada Siswa Gangguan Lambat Belajar (Slow Learner). Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 13(1), 9-26.

Marheni, A. K. I. (2017). Art Therapy Bagi Anak Slow Learner. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Muhamad, N., & Ricky, H. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Kerja Kelompok pada Pelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 519-527. DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v15i2.1392

Mulyatno, C. B. (2022). Pengalaman Para Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Setelah Berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Jurnal Basicedu, 6(5), 7997-7805.

Munirah. (2020). Menjadi Guru Beretika dan Profesional. Solok: CV. Insan Cendekia Mandiri.

Nurbilady, N. F., & Suryadi, E. (2018). Kompetensi Sosial Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2),255-262. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11772

Siagian, R. S., & Noviyanti, S. (2022). Penggunaan Bahasa Daerah di Kelas IV SD dalam Menunjang Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 180-184.

Sadirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sinatra, G. M., Southerland, S. A., McConaughy, F., & Demastes, J. W. (2003). Intentions and Beliefs in Students' Understanding and Acceptance of Biological Evolution. Journal of Research in Science Teaching: The Official Journal of the National Association for Research in Science Teaching, 40(5), 510-528.

Uno, Hamzah. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.29

Wahyudi, A., & Yulianti, Y. (2021). Studi Komparasi: Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring dan Luring di UPT SDN X Gresik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4292-4298.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.