PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM PESAWAT SEDERHANA (RODA BERPOROS) BERORIENTASI STEM-CRITICAL THINKING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran praktikum IPA SMP pada materi Pesawat Sederhana melalui proses uji validitas dan uji kepraktisan. Riset ini memakai model pengembangan Plomp. Alur penelitian ini dimulai dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, konsep, analisis siswa, desain produk, pembuatan produk, validasi ahli, tes/uji coba dan produk yang telah direvisi. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket validitas dan kepraktikalitasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video praktikum ini valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran tambahan untuk mengasah kemampuan kritis peserta didik dalam pembelajaran materi IPA khususnya Roda Berporos.
This study aims to produce a product in the form of a video medium for learning science practicum in junior high school on Simple Aircraft material through a process of validity testing and practicality testing. This research uses the Plomp development model. The flow of this research starts from needs analysis, curriculum analysis, concepts, student analysis, product design, product manufacture, expert validation, tests/trials and revised products. The instrument used in this study was a validity and practicality questionnaire. The results of the study indicate that this practicum video is valid and practical to be used as an additional learning medium to hone students' critical skills in learning science material, especially the Wheel of the Axle.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Beers, S. Z. (2011). Teaching 21st century skills: an ASCD action tool (1st ed.). Virginia: ASCD.
Danaryanti, A., & Lestari, A. T. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matematika Mengacu Pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri Di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 116–126
Emda, A. (2017). Laboratorium sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83-92.
Hendi, A., Caswita, Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823-834.
Mairisiska, T., Sutrisno, & Asrial. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Development TPACK Based Learning Devices on Colligative Properties to Improve Critical Thinking Skill Students. Edu-Sains, 3(1), 28–37.
Mustabsyirah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Biologi Berbasis Video Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas Xi Ipa Man 2 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Skripsi, 8.5.2017.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2), 155-158.
Permanasari, A. (2016). “STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains”. Seminar Kimia Nasional Pendidikan Sains, Bandung: UPI.
Plomp, T. dan N. N. (2013). Educational design research part a Related papers Educational Design Research.
Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491.
Pratiwi, S.N., Cari, C., & Aminah, N.S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Peserta didik. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34-42.
Priyantini, N. L., Suranata, K., & Jayanta, I. N. L. (2021). Video Animasi dalam Pembelajaran IPA Materi Perubahan Suhu dan Wujud Benda. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 281.
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387.
Rakhman, K. A., Saraha, A. R., & Sugrah, N. (2017). Pengembangan Video Penggunaan Alat Gelas Laboratorium Kimia di Universitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 161.
Riani, S., Hindun, I., & Budiyanto, M. A. K. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bioteknologi Modern Siswa Kelas XII SMA. 1, 9–16.
Rizky, I. (2014). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran (Video) Pada Materi Minyak Bumi.
Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe PISA. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 5(1), 483-496.
Septianty, D. R., Maharta, N., Suana, W., Lampung, U., Soemantri Brojonegoro No, J., & Lampung, B. (2018). Pengembangan Video Tutorial Latihan Berpikir Kritis Pada Materi Kelistrikan. Journal of Physics and Science Learning, 2(1), 59–68.
Sofiyullah, N. (2018). Pengembangan Video Pembajaran Interaktif Berbasis Materi dan Soal Sebagai Suplemen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mata Pelajaran IPA. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, 69–73.
Suardi. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan dalam Berpikir Kritis, Kreatif, dan Bekerjasama Peserta Didik Kelas VIIA SMP Negeri 4 Sibulue. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 16(2), 135-144.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yennita, Sukmawati, M., & Zulirfan. (2012). Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Fisika yang Dihadapi Guru SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 3(1).
Yunita, I., & Ilyas, A. (2019). Efektivitas Alat Peraga Induksi Elektromagnetik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 245–253.
Refbacks
- There are currently no refbacks.