ANALISIS MATERI KESETIMBANGAN KIMIA PADA BUKU TEKS KIMIA KELAS XI BERDASARKAN MUATAN NATURE OF SCIENCE (NOS)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui ketercapaian aspek- aspek NoS pada materi kesetimbangan kimia dalam buku teks kimia SMA yang digunakan di Surakarta (2) mengetahui persentase kemunculan aspek-aspek NoS pada materi kesetimbangan kimia dalam buku teks kimia SMA yang digunakan di Surakarta. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan memaparkan aspek-aspek NoS yang termuat dalam buku teks. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi. Sumber data penelitian didapatkan dari dua buku teks kimia SMA kelas XI yang paling banyak digunakan di Surakarta.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis materi berdasarkan muatan aspek-aspek NoS yaitu empiris, inferensial, kreatif, theory-driven, tentatif, metode ilmiah, teori ilmiah, hukum ilmiah, sosial sains, dan penerapan sains dalam sosial budaya. Uji validitas instrumen penelitian ini menggunakan formula Gregory sedangkan uji validitas data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dari 10 aspek NoS, sebanyak 8 aspek telah termuat pada buku A dan 9 aspek pada buku B dimana aspek theory-driven tidak ditemukan pada buku B dan teori ilmiah pada buku A dan B, (2) persentase penyajian aspek NoS pada buku A dan B adalah 40% dan 37% yang menunjukkan kedua buku tersebut memuat aspek-aspek NoS secara implisit dan benar.
The purpose of this study is to: (1) determine the achievement of the NoS aspects on chemical equilibrium material in high school chemistry textbooks used in Surakarta (2) determine the percentage of occurrences of NoS aspects on chemical equilibrium materials in high school chemistry textbooks used in Surakarta. The research method used in this study is a descriptive qualitative method by describing the aspects of NoS contained in the textbook. The approach used in this research is content analysis. Sources of research data obtained from two high school chemistry textbooks class XI which is most widely used in Surakarta. The sampling technique used is purposive sampling technique. Data was collected by analyzing the material based on the content of the NoS aspects, namely empirical, inferential, creative, theory-driven, tentative, scientific method, scientific theory, scientific law, social science, and the application of science in socio-culture. The validity test of this research instrument uses the Gregory formula while the data validity test uses data triangulation. The results of this study indicate that (1) From the 10 aspects of NoS, 8 aspects have been included in book A and 9 aspects in book B where the theory-driven aspects are not found in book B and scientific theory in books A and B, (2) the proportion of presentation of NoS aspects in books A and B is 40% and 37%, which shows that both books contain NoS aspects implicitly and correctly.Keywords
Full Text:
PDFReferences
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment And Analytical Framework: 97-117. Paris: OECD Publishing
Lederman, N. G., & Lenderman, J. S. (2014). Research on Teaching and Learning of Nature of Science. Dalam N. G. Lenderman & S. K. Abell (Eds.), Handbook of Research on Science Education. (600-620). London: Routledge.
Lederman, N., Abd-El-Khalik, F., Bell, R., Schwartz, R. (2002). “Views of Nature of Science Questionnarie: Toward Valid and Meaningful Assesment of Learners’ Conceptions of Nature of Science”. International Journal of Science Education. Vol 39 (6), hlm. 497-521
Putri, P. A. W. (2017). Analisis Hakikat Sains (Nature of Science) dalam Buku Ajar Kimia SMA Kurikulum 2013 Kelas X. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Negeri Malang, Malang
Awaluddin, Aulia Ar Rakhman. Akreditasi Sekolah Sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal SAP Vol. 2, No 1 Agustus 2017 ISSN: 2549-2845
Sitepu, B P, (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Jannah, N., Suyana, I., & Novia, H. (2019). Analisis Hakikat Sains (Nature of Science) dalam Buku Teks Fisika SMA Kelas X di Kota Bandung. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 0, 160–166
Martinsari, Tri. 2012. Identifikasi Pemahaman Konseptual, Algoritmik, dan Grafik pada Materi Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI SMAN 1 Sooko Mojokerto. Skripsi Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang
Puspitasari, Yeni. (2011) Identifikasi dan Penggolongan Kesulitan Siswa Kelas XI IPA SMA Brawijaya Smart School dalam Memahami Materi Pokok Kesetimbangan Kimia. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. http://karyailmiah.um.ac.id. Halaman awal; 2011.
Abd-El-Khalick, F., & Lederman, N. G. (2000). Improving Science Teachers' Conceptions of Nature of Science: A Critical Review of The Literature. International Journal of Science Education, 22 (7), 665-701, Diperoleh 10 Januari 2022, dari 10.1080/09500690050044044
Abd-El-Khalick, Waters, M., & Le, A. (2008). Representations of Nature of Science in High School Chemistry Textbooks over the Past Four Decades. Journal of Research in Science Teaching, 445 (7), 835-855.
Refbacks
- There are currently no refbacks.