PENGEMBANGAN MEDIA WEB MOBILE LEARNING BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI KONDUKTIVITAS
Abstract
Pembelajaran IPA dengan berpendekatan etnosains masih jarang diterapkan karena kurang maksimal dalam mengeksplorasi dalam mengintegrasikan materi IPA dalam sains ilmiah. Siswa cenderung kurang menyukai belajar IPA yang berkaitan dengan rumus perhitungan serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang berbasis etnosains. Solusi yang dapat diberikan adalah dengan mengembangkan media web mobile learning berbasis etnosains pada materi konduktivitas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan respons siswa terhadap media. Pengembangan ini merupakan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kamal kelas VII-A dengan 28 siswa pada semester genap tahun ajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket validasi ahli media, ahli materi, guru IPA, serta respons siswa terhadap media. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) pengembangan media web mobile learning berbasis etnosains pada materi konduktivitas SMP layak digunakan dengan persentase dari ahli media 89.18% dan reliabilitas 93.76%, ahli materi memberikan penilaian dengan kategori layak digunakan dengan skor rata-rata 87.29% dan reliabilitas 95.41%. (2) Respons siswa dengan nilai rata-rata 88.19% dengan kategori sangat baik.
Science learning with an ethnoscience approach is still rarely applied because it is not optimal in exploring and integrating science material in scientific science. Student tend not to like learning science related to calculation formulas and the lack of use of ethnoscience-based learning media. The solution that can be given is to develop an ethnoscience-based web mobile learning media on the conductivity material.The purpose of this development is to know the advisability, and responses of student to web mobile learning media. The development is developed by using ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The research was conducted in SMP Negeri 2 Kamal with a sample of 28 students of class VII-A in the even semester of academic year 2021-2022. Data collection techniques using questionnaires are media expert validation questionnaires, material expert validation, science teacher validation, and student responses to the media. Based on the results of the study concluded that : (1) Development of ethnoscience-based mobile learning web mobile learning media on conductivity material for junior high schools is suitable for use with a percentage of media experts 89.18% and reliability 93.76%, material experts provide an assessment with a suitable category for use with an average score 87.29% and reliability 95.41%. (2) Student responses with an average of 88.19% with a very good category.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, F., & Miftakhi, D. R. (2020). Pengembangan Buku Ajar dengan Model ADDIE pada Mata Kuliah Manajemen Teknologi Pendidikan. Journal of Education and Intruction (JOEAI), 3(2), 247–258. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1550.
Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning disertai Pendekatan. Journal for Research in Mathematics Learning, 3(3), 293–302.
Astiti, K. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Kontekstual pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Sains, 3(1), 29–34.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. Spinger. https://doi.org/10.1007/978-0-09506-6.
Dadi, I. K., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2019). Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping. JPPSI : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2), 70–79.
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540.
Dharma, P. K. S., Agung, A., & Agung, G. (2021). Pengembangan Multimedia Online pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 115–124.
Firdaus, S., & Hamdu, G. (2020). Pengembangan Mobile Learning Video Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran (JINOTEP), 7(2), 66–75. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p066
Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA Terintegrasi Potensi Lokal Pabrik Gula untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
Hardinata, R., Murwitaningsih, S., & Amirullah, G. (2018). Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Android. Jurnal Bioeduscience, 2(1), 53–58. https://doi.org/10.29405/j.bes/53-58121334
Hidayah, L. F., & Fahmi, M. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPS. UTILITY : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(2), 17–35.
Hidayani, R., Sabekti, A. W., & Yulita, I. (2020). The Practicality and Effectiveness of Educational Game Developed Using Lectora Inspire in Chmecal Equilibrium. Journal of Chmesitry Education Research, 4(2), 58–62.
Humaidi, Qohar, A., & Rahardjo, S. (2022). Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 153–162.
Ilmi, A. F. (2020). Media Nyanyian dalam Penguasaan Kosa Kata Baru Bahasa Arab pada Siswa Kelas Rendah Madrasah Ibtidayah. Al - Falah : Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 20(1), 79–101.
Jannah, D. R. N. J., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074.
Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Konstektual di Manggarai untuk Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Lensa (Lentera Sains) : Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112
Khasanah, N. (2021). Strategi Mencapai Kebermaknaan Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(1), 99–114.
Khairunnas, & Gusman, M. (2018). Analisis Pengaruh Parameter Konduktivitas, Resistivitas dan TDS terhadap Salinitas Air Tanah Dangkal pada Kondisi Air Laut Pasang dan Air Laut Surut di Daerah Pesisir Pantai Kota. Jurnal Bina Tambang, 3(4), 1751–1760.
Mufidah, I. A., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Unsur Media Presentasi dengan Powerpoint yang Digunakan oleh Guru IPA di SMPN 1 Megaluh. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 205–212.
Muslimah, T., & Fauziah, A. N. M. F. (2021). Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 234–241.
Nugroho, P., Susandini, A., & Islam, D. (2020). Mengkaji Sistem Pemasaran Garam di Madura. Media Trend, 15(1), 111–122.
Nurhayati, E., Andayani, Y., & Hakim, A. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis STEM dengan Pendekatan Etnosains. Chemistry Education Practice, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2768.
Pangolo, E. G. (2020). Pembelajaran Mobile Learning untuk Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–56.
Pebriani, N. P. I., Putrayasa, I. B., & Margunayasa, I. G. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis HOTS (Higher Order Thingking Skill) dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA Tema 8 Kelas V SD. Jurnal_ep, 12(1), 76–89.
Pratama, C., & Arsyad, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Jenjang SMA. BIOEDUIN : Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2).
Putri, A., & Berlian, S. L. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Adobe Flash pada Tema Makananku Kesehatanku untuk Kelas VIII SMP. PENDIPA : Journal of Science Education, 6(1), 143–150.
Rahman, D. N., Saputra, D. S., & Karino, Y. D. (2019). Pemanfaatan Teknologi Mobile Learning sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 357–362.
Rahmatullah, Unanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Ramdhani, Y. P. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis M-Learning pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. E-Jurnal Pensa, 7(2), 103–107.
Rohmatul M, N., & Fatmawati, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis STEM Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 97–105.
Sari, N. P., Suhirman, & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa Kelas VII SMP. BIO-EDU : Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 62–73. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/jbe.v5i2.554
Shahbana, E. B., Farizqi, F. K., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–34.
Sugianto, S. D., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, Y. R. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM pada Materi Tekanan. Journal of Natural Science Education Research, 1(1), 28–39.
Sujalu, A. P., Latif, I. N., Bakrie, I., & Milasari, L. A. (2021). Statistik Ekonomi 1. Zahir Publishing. https://books.google.co.id/books?id=RIAjEAAAQBAJ
Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (IMOLES) sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP : Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56.
Syarifuddin, A., Permata, T., Arianti, E., Priohutomo, R. K., & Prasetyo, T. (2020). Analisis Respon Gerak Barge sebagai Tambak Garam Lepas Pantai di Perairan Selat Madura. Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim, 14(2), 51–60.
Tamami, F., Adawiyah, R., & Siswadi. (2021). Penggunaan KIT IPA Sederhana sebagai Media Pembelajaran Efektif pada Siswa di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 20–24.
Veronicca, R., Gunawan, Harjono, A., & ’Ardhuha, J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Momentum dan Impuls Peserta Didik. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 1(4), 167–173.
Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104–112.
Yuberti, Wardhani, D. K., & Latifah, S. (2021). Pengembangan Mobile Learning berbasis Smaart Apps Creator sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics and Science Education Journal (PSEJ ), 1(2), 1–6.
Yudha, S. (2021). Persepsi Guru dan Siswa terhadap Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Redoks dan Tata Nama Senyawa. JJPPSI : Jurnal Pendidikan dan Pembelajan Sains, 4(April), 81–89.
Refbacks
- There are currently no refbacks.