PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS APLIKASI SMART APPS CREATOR (SAC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Rima Reniesa Pelita Rianti, Puguh Karyanto, Daru Wahyuningsih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran online berbasis Smart Apps Creator (SAC) dan mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran online berbasis Smart Apps Creator (SAC) terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP IT Nur Hidayah Surakarta yang berjumlah 12 siswa. Sumber datanya adalah validasi ahli materi dan ahli media, respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran, serta hasil pretes-postes untuk mengukur peningkatan hasil belajar kognitif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi kepustakaan, wawancara, angket dan tes dilakukan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Secara keseluruhan hasil kelayakan ahli materi memiliki persentase 93,33% dan ahli media 95% memenuhi kriteria sangat layak. Respon guru terhadap produk media pembelajaran memiliki persentase 90,2% dan 91,85% respon siswa yang memenuhi kriteria sangat layak. Nilai n-gain sebesar 0,83 yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran online dengan media pembelajaran berbasis aplikasi Smart Apps Creator (SAC) layak digunakan dalam proses pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

The purpose of this study is to develop online learning media based on the Smart Apps Creator (SAC) and determine the effectiveness development of online learning media based on the Smart Apps Creator (SAC) to improve students cognitive learning outcomes. The research method is Research and Development with the type of research is pre-experimental design using one group pretest-posttest design. The research subjects were 12 students of class VIII SMP IT Nur Hidayah Surakarta. Source of data are the validation of material experts and media experts, teacher and student responses to learning media, and pretest-posttest results to measure the increase in cognitive learning outcomes. Data collection techniques using library studies, interviews, questionnaires and tests were carried out before and after being given treatment. The data analysis technique was carried out in a quantitative descriptive. Overall, the results of feasibility material experts have a percentage of 93.33% and 95% media experts meet the criteria are very feasible. The teacher’s response to learning media products has a percentage of 90.2% and 91.85% of student responses meet the criteria are very feasible. The n-gain score is 0.83 which indicate that there is a increase in students cognitive learning outcomes before and after being given treatment. Based on the results of the study, it can be concluded that the development of online learning using learning media based on the Smart Apps Creator (SAC) application is feasible to use in the learning process and is effective in improving students cognitive learning outcomes.

Keywords

feasibility, student cognitive learning outcomes, learning media

Full Text:

PDF

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 187–194. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/3511

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. March. https://www.researchgate.net/publication/315105651

Listyawati, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 2(2), 1–5.

Soraya, P., Putri, C. E., Lestari, P. A., & Walid, A. (2020). Profil Penilaian Hasil Belajar IPA Melalui Media Daring dan Luring pada Mid Semester di MTS Negeri 4 Mukomuko Provinsi Bengkulu. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 107–115. https://doi.org/doi.org/10.24036/sikola.v2i2.88

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wulan, E. R., & Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Penerbit Pustaka Setia Bandung.

Wulandari, S. S., Prabowo, P., & Supardi, Z. I. (2018). Profil Pembelajaran Terpadu Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 7–14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.