ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN INDUKTIF MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 JAMBU PADA MATERI ENERGI
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran IPA adalah untuk mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik. Rasa ingin tahu dapat ditunjukkan dengan adanya aktivitas bertanya peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran induktif menggunakan media virtual terhadap keterampilan bertanya peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta kelas VII SMP Negeri 1 Jambu tahun pelajaran 2020/2021. Adapun sampelnya adalah kelas VII E sebanyak 25 siswa dan VII F sebanyak 23 siswa diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penggunaan media pembelajaran virtual PhET Colorado diterapkan pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol tidak diterapkan media virtual. Sintaks pembelajaran induktif yang diterapkan ialah pengumpulan dan penyajian berbagai informasi, mengklasifikasi pengetahuan, dan membangun hipotesis. Data keterampilan bertanya peserta didik diperoleh dari observasi. Pretest dan postest diberikan pada kelas kontrol dan eksperimen guna mengetahui rata-rata skor hasil belajar diantara kedua kelas tersebut. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney U. Diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,406 yang berarti tidak ada pengaruh pembelajaran induktif menggunakan media virtual PhET Colorado terhadap hasil belajar peserta didik meskipun kedua kelas tersebut mengalami peningkatan rata-rata skor postest. Rata-rata postest di kelas kontrol meningkat dari 49,5 menjadi 61. Sedangkan rata-rata postest di kelas eksperimen meningkat dari 46,2 menjadi 63. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran induktif menggunakan media virtual PhET Colorado terhadap keterampilan bertanya peserta didik dengan ditunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 pada pengujian menggunakan uji Mann Whitney.
One of the objectives of learning science is to develop the curiosity of students. Curiosity can be shown by the activity of asking students. The aims to analyze the effect of inductive learning using virtual media on students questioning skills.This research is a quasi-experimental. The population were all class VII of SMPN 1 Jambu for the 2020/2021 academic year. The sample were VII E 25 students and VII F 23 students taken using simple random sampling. PhET Colorado media was applied to the experimental class. The inductive learning syntax applied like collection and presentation of various information, classifying knowledge, and building hypotheses. Questioning skills data were obtained from observation. Pretest and postest were given to the both classes to determine the average score of learning outcomes. Data analysis used the Mann Whitney U test. Obtained a significance result of 0.406, which is no effect on student learning outcomes even though both classes experienced an increase in the average postest score which means that no effect of inductive learning using virtual media PhET Colorado on student learning outcomes. The average postest in the control class increased from 49.5 to 61. Meanwhile, the average postest in the experimental class increased from 46.2 to 63. The results of this study also show that there is an effect of inductive learning using virtual media PhET Colorado on participants questioning skills. students with a significant value of 0.001 on the test using the Mann Whitney test.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, R., Z., Hendriana, H., & Hidayat, W. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Kelas Viii Melalui Pembelajaran Induktif. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , Vol. 1, No. 4.
Aisyah, A. (2016). Studi literatur: Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Generalisasi dan Self Confident Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika vol. 2 no. 1, hal. 1–12.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objective. New York: Addison Wesley Lonman Inc.
Ammase, S. dkk. (2015). Pendekatan Pembelajaran Deduktif dan Pembelajaran Induktif untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Pokok Bahasan Pemuaian Kelas VII SMP Negeri 21 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1, Maret 2015.
Anderson, H., M. Dale’s Cone of Experience.
Angkowo, R. & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.
Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.
Arends, Richard, I. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asiksoy, D. & Islek, D. (2017). The Impact of the Virtual Laboratory on Students’ Attitudes in a General Physics Laboratory. iJOE ‒ Vol. 13, No. 4.
Baharuddin & Wahyuni, E., N. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Bajpai, M. & Kumar, A. (2015). Effect Of Virtual Laboratory On Students’ Conceptual Achievement In Physics.
Bayrak, B., Kanli, U., & Ingec, S., K. (2007). To Compare The Effects Of Computer Based Learning And The Laboratory Based Learning On Students’ Achievement Regarding Electric Circuits. The Turkish Online Journal of Educational Technology – TOJET January 2007 ISSN: 1303-6521 volume 6 Issue 1 Article 2.
Budiyono. (2018). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.
Countinho, M., J. & Almeida, P. A. (2014). Promoting student questioning in the learning of Natural Sciences. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116 ( 2014 ) 3781 – 3785.
Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2006). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Donelly, D., O’Reilly, J., McGarr, O. (2013). Enhancing the Student Experiment Experience: Visible Scientific Inquiry Through a Virtual Chemistry Laboratory. Res Sci Educ (2013) 43:1571–1592.
Ennis, R., H. (2011). The Nature of Critical Thinking: Outlines of General Critical Thinking Dispositions and Abilities.
Gunawan, Setiawan, E., & Widyantoro, Dwi H. (2013). Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 20, Nomor 1.
Handayani, E., D., Suhendar, & Ramdhan, B. Pengaruh Media Virtual Field Trip Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 6 No. 1.
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan. (2016). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol. II No. 3.
Hawkins, I. & Phelps, Amy J. (2013). Virtual Laboratory Vs. Traditional Laboratory: Which is More Effective for Teaching Electrochemistry?. Chem. Educ. Res. Pract., 2013, 14, 516—523.
Herga, N., R., Cagran, B., & Dinevski, D. (2016). Virtual Laboratory in the Role of Dynamic Visualisation for Better Understanding of Chemistry in Primary School. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2016, 12(3), 593-608.
Herga, N., R., Grmek, M., I., & Dinevski, D. (2014). Virtual Laboratory as an Element of Visualization When Teaching Chemical Contents in Science Class. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol. 13, Issue 4.
Hergenhahn, B.R dan Olson, Matthew H. (2008). Theories of Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242
Hmedan, H., A., A. & Nafi’, J., S., I. (2016). The Effect of Using Inductive and Deductive Methods on 7th Grade Students’ Achievement in Grammar in Bethlehem District and their Attitudes toward EFL. International Journal of Education and Social Science Vol. 3 No. 9; September 2016.
Hofstein, A., et al. (2005). Developing Students’ Ability to Ask More and Better Questions Resulting from Inquiry-Type Chemistry Laboratories. Journal of Research In Science Teaching Vol. 42, No. 7, Pp. 791–806 (2005).
Hwa Kang, N., DeChenne, S. E., Smith, G. (2012). Inquiry Learning of High School Students Through a Problem-Based Environmental Health Science Curriculum. School Science and Mathematics High School Inquiry Learning Volume 112 (3).
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. (2013). Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.
Kusnadi, dkk. (2013). Pembelajaran Kimia Dengan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Laboratorium Real dan Virtual Ditinjau Dari Kemampuan Matematik Dan Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa. Jurnal Inkuiri ISSN: 2252-7893, Vol 2, No 2 2013 (hal 163-172) http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains.
Lamanepa, G., H. & Panis, I., C. (2018). Peningkatan Kemampuan Bertanya dan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA dalam Pembelajaran Fisika Melalui Problem Based Learning. Jurnal EduMatSains, Vol. 3, No.1.
Lan, Yu-Feng. & Lin, Pin-Chuan. (2011). Evaluation and Improvement of Student’s Questionposing Ability in A Web-Based Learning Environment. Australasian Journal of Educational Technology 2011, 27(4), 581-599.
Maryanto, A. & Mundilarto. (2019). The Effectiveness of Inductive and Deductive Strategies to Improve Motivation and Achievement in Learning Science of Junior High School Students. Journal of Science Education Research 2019, 3(1), 1-10.
Mertasih, N., K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Induktif dengan Pendekatan Analogi Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Teknologi Layanan Jaringan. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 25 No. 1.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslim, B. & Royani, M. (2014). Keterampilan Bertanya Siswa Smp Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1, Pebruari 2014, hlm 22 – 28.
Nisrina, N., Gunawan, & Harjono, A. (2016). Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol. II No. 2.
Pohan, L., A. (2014). Penerapan Teori Piaget pada Pembelajaran IPA di SMP. Keguruan, Vol. 2 No. 1 Hal. 167 – 172.
Porcello, D., & Hsi, S. (2013). Crowdsourcing and Curating Online Education Resources.
Pramudia, I., & Sudjatmika, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Bertanya Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, Vol. 5 No. 2.
Prilanita, Y. N. & Sukirno. (2017). Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Melalui Faktor Pembentuknya. Cakrawala Pendidikan, Juni 2017, Th. XXXVI, No. 2. Universitas Negeri Yogyakarta.
Prince, M., J. & Felder, R., M. (2006). The Many Faces of Inductive Teaching and Learning. Journal of College Science Teaching November 2006.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Santoso, T., Yuanita, L., & Erman, E. (2017). The Role of Student's Critical Asking Question in Developing Student's Critical Thinking Skills. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 953 (2017) 012042.
Setyowati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Induktif Siswa Kelas VII A SMPN 1 Binangun Cilacap. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No 2.
Soni, S. & Katkar, M., D. (2014). Survey paper on Virtual Lab for E- Learners. International Journal of Application or Innovation in Engineering & Management (IJAIEM) Volume 3, Issue 1.
Suyono & Hariyanto. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Warsiman. (2011). Pengembangan Model Induktif Dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi. Bahasa dan Seni, Tahun 39, Nomor 1.
Zhang, Meilan. (2014). Who Are Interested In Online Science Simulations? Tracking A Trend Of Digital Divide In Internet Use. Computers & Education 76 205–214 April 2014.
Refbacks
- There are currently no refbacks.