LITERATUR REVIEW PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS

Hikmah Fatimah, Bramastia Bramastia

Abstract

Pembelajaran sains membantu siswa menghubungkan fenomena yang terjadi dalam kehidupan dengan materi yang didapatkan disekolah. Konsep abstrak dalam sains menyebabkan siswa tidak dapat memahami materi dengan baik. Untuk itu, dibutuhkan media pembelajaran sains yang dapat membantu menyampaikan pesan dari sumber belajar kepada siswa. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran meliputi media nyata dan digital. Desain penelitian berupa review terhadap jurnal yang terbit dalam sinta 6 hingga sinta 1 dalam kurun waktu 2016-2021. Hasil yang diperoleh bahwa terdapat 55 jurnal mengenai pengembangan media pembelajaran. Media pembelajaran cetak berupa kartu bergambar, scrapbook dan komik. Media pembelajaran digital berupa virtual lab, scholoogy, augmented reality, e-portofolio, animasi ,pageflip, edmodo, edumedia, appypie, mikroskop digital, power point dan flash. Berdasarkan analisis SWOT, terdapat kelemahan pada media pembelajaran sains yang telah dikembangkan seperti kurang mendukung apabila digunakan mandiri oleh siswa tanpa didampingi guru, membutuhkan teknologi lain untuk mengakses media tersebut dan dikembangkan pada materi yang fenomenanya sebenarnya mudah diamati oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Learning science helps students connect phenomena that occur in life with material obtained at school. Abstract concepts in science cause students to not be able to understand the material well. For this reason, science learning media is needed that can help convey messages from learning resources to students. Learning media used in learning include real and digital media. The research design is in the form of a review of journals published in Sinta 6 to Sinta 1 in the period 2016-2021. The results obtained are that there are 55 journals regarding the development of learning media. Printed learning media in the form of picture cards, scrapbooks and comics. Digital learning media in the form of virtual lab, scholoogy, augmented reality, e-portfolio, animation, pageflip, edmodo, edumedia, appypie, digital microscope, power point and flash. Based on the SWOT analysis, there are weaknesses in the science learning media that have been developed such as being less supportive when used independently by students without being accompanied by a teacher, requiring other technology to access the media and being developed on material whose phenomena are actually easily observed by students in everyday life.

Keywords

Literature review, pengembangan media, pembelajaran sains

Full Text:

PDF

References

Ahmad, S. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Prenadamedia Group.

Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality ( AR ) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Jurnal Sainsmat, VIII(2), 47–57. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat

Astatin, G. R., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis adobe flash untuk meningkatkan penguasaan kompetensi pada Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 165. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.10966

Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707

Ayu Permata Sari, Prima Aswirna, N. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Menggunakan Swish Max 4.0 pada Materi Cahaya Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Penelitian Bidang Ipa Dan Pendidikan Ipa, 5(2), 824–834.

Charles Fadel, B. T. (2009). 21st Century Skills: Learning for life in Our Times. Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Dale, E. (1969). Audio Visual Methods in Teaching. Holt, Rinehart and Winston Inc. The Dryden Press.

Daston, L., & Galison, P. (20017). Objectivity. NY: Zone.

Diani, R., Hartati, N. S., & Email, C. A. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan 3D Pageflip Professional, 4(2), 234–244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819

Fajarwati, S. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI SWISHMAX SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK SISWA SD YANG BERKESULITAN BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG. 9(1), 38–51.

Firdawati, R., Maison, M., & Nazarudin, N. (2021). Development of Mobile Learning Media on Newton’s Laws Using the Appy Pie Application. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 202. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.599

Freeman, S., Haak, D., & Wenderoth, M. P. (2011). Increased course structure improves performance in introductory biology. CBE Life Sciences Education, 10(2), 175–186. https://doi.org/10.1187/cbe.10-08-0105

Fuad, A. J., & Susilo, S. (2021). Analisis Penggunaan Media Online Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di MAN 1 Kota Kediri.

Herowati, H., & Azizah, L. F. (2020). Ekplorasi Lingkungan Pesisir Kalianget Sebagai Media Pembelajaran Penunjang Pembelajaran Ipa Konstektual. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 137–156. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.120

Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pengajaran. DIVA Press.

Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 35 tahun 2018 Tentang Kurilkulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta, 1–16.

Markhus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA ( JPPIPA ), 5(1), 66–72. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171

Muhimmatin, I., & Ni, I. (2021). Aplikasi mobile berbasis android sebagai media tes prior knowledge mahasiswa biologi Mobile App android-based as prior knowledge test media for biology undergraduate students. 7(1), 1–11.

Nur, I., Mukti, C., & Nurcahyo, H. (2017). Developing Computer- Based Biology Learning Media to Improve the Students ’ Learning Outcom. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 137–149.

Priscylio, G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Rotasi. Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1), 65–73. https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.4094

Rianti, C. (2013). Pengembangan media pembelajaran biologi berbantuan komputer untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 6–10.

Rochman, I. (2019). Analisis SWOT dalam Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMP Islam Yogyakarta). Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 3(1), 36–52. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3527

Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14

Rosyidah, N., Hidayat, J. N., & Azizah, L. F. (2019). Uji Kelayakan Media Uriscrap (Uri Scrapbook) Menggunakan Model Pengembangan 4D. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.43

Saputra, A. Y. (2017). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Komputer.

Sari, N. Y., & Putra, F. G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Software Swishmax pada Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 72. https://doi.org/10.26877/aks.v9i2.2907

Sari, R. U., Farida, F., Andriani, S., & Anggoro, B. S. (2020). Swishmax dalam Pengembangan Media Pembelajaran Struktur Aljabar. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 280. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1548

Soramiranda, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint Disertai Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Lentera Sains (Lensa), 6(2), 77–83.

Sumiati. (2008). Metode Pembelajaran. Wacana Prima.

Taruna, J. T. (2017). Analisis Organisasi dan Pola-Pola Pendidikan. SCU Knowledge Media.

Yustiqvar, M. (2019). ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA YANG BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GREEN CHEMISTRY. Journal Pijar MIPA, 14(3), 135–140. https://doi.org/10.29303/ jpm.v14i3.1299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.