STUDI LITERATUR: PENINGKATAN ORAL ACTIVITY DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

Fasaila Nadif Widyati, Hani Irawati

Abstract

Dominansi pendekatan pembelajaran teacher center menyebabkan oral activity siswa dan hasil belajar kognitif siswa rendah pada materi sistem ekskresi. Penerapan model pembelajaran SSCS diharapkan dapat meningkatkan oral activity  dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan oral activity dan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran SSCS pada materi sistem ekskresi berdasarkan studi literatur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Artikel ilmiah sebagai data penelitian berasal dari jurnal nasional, prosiding dan repository. Validasi artikel dilakukan dengan pertimbangan artikel ilmiah bersifat open access, kualitas metodologi penelitian, kualitas penyajian data dan pembahasan, kecukupan data yang relevan, referensi mutakhir. Teknik pengumpulan data dengan cara koding definisi dan format penyajian data dalam tabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa model pembelajaran SSCS dapat meningkatkan oral activity dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini diketahui melalui analisis data artikel ilmiah relevan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan oral activity dan hasil belajar kognitif. Oral activity siswa terlihat dalam penerapan model pembelajaran SSCS pada tahapan solve dan share. Model pembelajaran SSCS mendukung siswa mengembangkan kemampuan berpikir sehingga perolehan hasil belajar kognitif siswa meningkat. Selain itu, model pembelajaran SSCS dapat diterapkan pada materi sistem ekskresi.

The dominance of the teacher center learning approach causes students' oral activity and students' cognitive learning outcomes to be low on the excretory system material. The application of the SSCS learning model is expected to improve students' oral activity and cognitive learning outcomes. This study aims to determine the increase in oral activity and student cognitive learning outcomes through the SSCS learning model on excretory system material based on literature studies. This type of research is a literature study research. Scientific articles as research data come from national journals, proceedings and repositories. Article validation is carried out with consideration of open access scientific articles, quality of research methodology, quality of data presentation and discussion, adequacy of relevant data, up-to-date references. Data collection techniques by coding the definition and format of data presentation in tables. The data analysis technique used descriptive analysis. Based on the literature study, it shows that the SSCS learning model can improve students' oral activity and cognitive learning outcomes. It is known that through data analysis of relevant scientific articles there is a significant effect on increasing oral activity and cognitive learning outcomes. The students' oral activity can be seen in the application of the SSCS learning model at the solve and share stages. The SSCS learning model supports students to develop thinking skills so that the acquisition of students' cognitive learning outcomes increases. In addition, the SSCS learning model can be applied to the excretory system material.

Keywords

oral activity, hasil belajar kognitif, model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS), studi literatur

Full Text:

PDF

References

Amalia & Budianto. 2019. "Pengaruh Penggunaan Model Search, Solve, Create and Share Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Virus Siswa Kelas X SMA AL-Masdar Batang Kuis". Biology Education Science Technology, 2(01) 60–68.

Astuti dkk. 2019. "Pembelajaran Berbasis Masalah Biologi Pada Aspek Kognitif: Sebuah Meta-Analisis". JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 67-74.

Djumadi, & Santoso, E. B. 2014. "Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share dan Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014". Jurnal Varia Pendidikan, 26(1), 11–20.

Efron & Ravid. 2019. Writing The Literature Review : Practical Guide. New York: The Guilford Press.

Fatiya, Partaya, & Dewi. 2019. "Penerapan Model Search, Solve, Create, Share (SSCS) Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa di SMA". Bioma, 8, 291-303.

Fatiyah, Susanti, & Santoso. 2014. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas XI SMA Unggul Negeri 4 Palembang Pada Pembelajaran Materi Sistem Ekskresi". Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IP. 504–513.

Habsy, B. A. 2017. "Seni Memahami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur". Jurnal Konseling Andi Matappa, 1, 90–100..

Irwan. 2011. "Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create, Share (SSCS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika". Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).

Jayawardana, H. B. 2017. "Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital". Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12–17.

Maulana, A., Anom, K., & Sofia. 2014. "Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI IPA SMA". Jurnal Pendidikan Kimia, 1 No. 1, 9–17.

Sardiman. A. M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo.

Solikhatun, I., Santosa, S., & Mariadi. 2015. "Pengaruh Penerapan Reality Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013". Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), , 49–60.

Stratton, S. J. 2019. "Literature Reviews : Methods and Applications". Prehospita and Disaster Medicine, 34(4), 5–7.

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syairani, & Rosita, T. 2015. "Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T. P. 2014/2015". Jurnal Pelita Pendidikan, 3(4), 216–227.

Utami, R.P. 2011. "Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create And Share (SSCS) dan Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa. BIOEDUKASI, 4(2), 57–71.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.