PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA SMP

Gilar Cesear Wicaksana, Sabila Khoirina, Qonita Amelia Salsabila, Riva Ismawati

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran IPA adalah rendahnya hasil belajar IPA. Beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar yakni seperti faktor internal serta faktor eksternal. Agar permasalahan tersebut dapat terselesaikan guru dituntut harus dapat menerapkan suatu pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran. Penerapan model pembelajaran inkuiri ini bertujuan agar siswa mampu berfikir kritis dan juga analitis dalam menyelesaikan masalah yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa SMP, yang mana mencakup pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan metakognisi IPA, dan keterampilan berfikir kritis. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini yakni studi literatur. Data diperoleh dari hasil kompilasi, analisis, dan disimpulkan. Studi literatur ini dilakukan dengan mencari sumber referensi penelitian yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk menyelesaikan persoalan mengenai penerapan model pembelajaran inkuiri.

The problem in learning science is the low learning outcomes of science. Several factors that influence learning outcomes, such as internal factors and external factors. In order for these problems to be resolved, teachers are required to be able to apply an approach, model, method, strategy, and learning media that will be used in learning. The application of this inquiry learning model aims to enable students to think critically and analytically in solving existing problems. This study was conducted with the aim of knowing whether there is an influence of the inquiry learning model on the science process skills of junior high school students, which includes the influence of the inquiry learning model on science metacognition and critical thinking skills. The method used in the implementation of this research is literature study. Data obtained from the results of compilation, analysis, and conclusion. This literature study was conducted by looking for research reference sources that can be used as a reference to solve problems regarding the application of the inquiry learning model.

Keywords

penerapan model inkuiri; siswa; IPA

Full Text:

PDF

References

Syukur, N. (2021). Pengaruh Model Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Metakognisi dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal of Biology Learning, Vol. 3 (No. 2). Hal 88-95.

Salma.(2021). Studi Literatur: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Pengumpulan Datanya. Deepublish. URL https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/. Diakses pada 29 November 2021.

Riefni. (2020). Menerapkan Metakognisi dalam Pembelajaran. From URLhttps://binus.ac.id/knowledge/2020/09/menerapkan-metakognisi/. Diakses pada 29 November 2021.

Umbu, F. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimmbing Dalam Pembelajarran IPA Untuk Menningkatkan Kemammpuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 2(1), 39-46.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.