ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA SMP DENGAN KEGIATAN PRAKTIKUM
Abstract
Tujuan penlitian ini ialah untuk memahami bagimanakah pemahaman pada konsep materi khusunya pada siswa jenjang SMP dengan kegiatan praktikum dalam pembelajaran IPA. Penelitan ini menggunakan metode pengumpulan data kuesioner angket dengan menggunakn teknik Self- Administered Questionnaires. Pengambilan data pada kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa jenjang SMP di wilayah Kabupaten Magelang. Hasil dari penelitian diperoleh dari 100% siswa menyatakan bahwa kegiatan praktikum pada pembelajaran IPA membantu dalam pemahaman konsep pada materi pembelajaran. Dari hasil kuesioner juga menunjukan bahwa sebagian besar siswa dapat tuntas dalam menjawab kuesioner. Dari hasil penelitian juga diperoleh bahwa melalui kegiatan praktikum juga dapat membentuk pribadi yang bertanggung jawab dan membantu persamaan persepsi antara siswa dan guru. Diperoleh berbagai hal dari kegiatan praktikum pada pembelajaran IPA. Hal itu dikarenakan pada kegiatan praktikum, siswa memperoleh gambaran secara konkret keadaan atau proses yang terjadi.
The purpose of this research is to understand how the understanding of the concept of material, especially in junior high school students with practical activities in learning science. This research uses a questionnaire questionnaire data collection method using the Self-Administered Questionnaires technique. Retrieval of data on a questionnaire with a total of 30 junior high school students in the Magelang Regency area. The results of the study obtained from 100% of students stated that practicum activities in science learning helped in understanding concepts in learning material. From the results of the questionnaire also showed that most students were able to complete in answering the questionnaire. From the results of the research it was also found that through practicum activities it can also form responsible individuals and help equal perceptions between students and teachers. Various things were obtained from practicum activities in science learning. That is because in practicum activities, students get a concrete picture of the situation or process that occurs.Keywords
Full Text:
PDFReferences
AF Suryaning, R. S. (2018). Pengembangan dan Validasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5, 2687.
Hadija, M. A. (2020). Penerapan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Fisika Peserta didik pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang Kelas VIII SMP N 2 Bungku Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan , 20-21.
Rustaman. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.
Siti Aisyah, A. A. (2018). Hubungan Motivasi Belajar IPA, Hasil Belajar IPA, dan Identifikasi Perbedaan Hubungan Berdasarkan Perspektif Pesisir. Wacana DIdaktika Vol 6, 130.
Suryaningsih, Y. (2017). PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM SEBAGAI SARANA SISWA UNTUK BERLATIH MENERAPKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MATERI BIOLOGI. Jurnal Bio Educatio Vol 2, 51-52.
Refbacks
- There are currently no refbacks.