PENINGKATAN KOMPETENSI MENIMBANG DENGAN NERACA ANALITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS X KI A SMK NEGERI 2 SUKOHARJO SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Teguh Pangajuanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran menimbang dengan neraca analitis (2) kompetensi menimbang dengan neraca analitis, (3) perubahan perilaku siswa yang menyertai peningkatan kompetensi melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa Kelas X KI A SMK Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai tindakannya adalah penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada materi penimbangan dengan neraca analitis. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X KI A SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2019/ 2020 . Sumber data berupa kegiatan pembelajaran, kolaborator dan dokumen. Data diperoleh melalui observasi, tes tertulis dan praktik, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan kompetensi siswa pada materi penimbangan dengan neraca analitis kelas X KI A SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2019/ 2020. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siswa yang semula terlalu lama menunggu giliran menimbang menjadi 100% siswa memperhatikan dan berlatih menimbang, serta terjadi peningkatan persentase ketercapaian aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 85,20% menjadi 93,88% pada siklus II dan kompetensi aspek keterampilan seluruh(100%) siswa kompeten dengan tingkat ketercapaian 97,94%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas, kompetensi dan perilaku siswa dalam penimbangan dengan neraca analitis kelas X KI A SMK Negeri 2 Sukoharjo.


Keywords


aktivitas; kondusif; hasil belajar; perubahan perilaku

Full Text:

PDF
rticle

References


Anitah, Sri. 2009. Media Pembelajaran. Sukoharjo: LPP UNS dan UNS Press.

Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Azizhwati. 2010 Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Kimia Siswa di Kelas XI SMA Negeri I Ukui

Bakti Mulyani. 2014 dengan judul penelitian “Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Disertai Praktikum Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar kimia Pada MateriPokok Termokimia Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia. Jakarta. Kemendikbud

Indah Qorina. X9017018. Upaya Peningkatan Prestasi belajar & Interaksi Sosial Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas X KI B SMK N 2 Sukoharjo.

Lidinillah, Muis. 2009. Pengaruh media pembelajaran yang disajikan siswa Terhadap Hasil Belajar Perbaikan Casis Otomotif di SMK Negeri 2 Sukoharjo.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.

Sadiman, A. S. dkk. 2007. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sumantri, M. & Permana, Jr. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana.

Suwandi, S. 2005. Pendidikan (Suatu Pengantar). Sukoharjo: LPP dan UNS press.

Suyanti, Retno, Dwi. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta : Graha Ilmu

_________. 2017. Model-Model Asesmen dalam Pembelajaran. Sukoharjo: Yuma Pustaka.

_________.2017. Penelitian Tindak Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah.Sukoharjo: Yuma Pustaka.

Trianto. 2008. Media Pembelajaran kontekstual (Contekstual Teaching And Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 
ISSN 2252-7893 (print) | 2615-7489 (online)
Organized by Magister Pendidikan Sains
Published by Universitas Sebelas Maret
W : https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/
E  : inkuiri@fkip.uns.ac.id

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View INKUIRI Stats

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0