PENINGKATAN KOMPETENSI MENIMBANG DENGAN NERACA ANALITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS X KI A SMK NEGERI 2 SUKOHARJO SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran menimbang dengan neraca analitis (2) kompetensi menimbang dengan neraca analitis, (3) perubahan perilaku siswa yang menyertai peningkatan kompetensi melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa Kelas X KI A SMK Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai tindakannya adalah penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada materi penimbangan dengan neraca analitis. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X KI A SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2019/ 2020 . Sumber data berupa kegiatan pembelajaran, kolaborator dan dokumen. Data diperoleh melalui observasi, tes tertulis dan praktik, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan kompetensi siswa pada materi penimbangan dengan neraca analitis kelas X KI A SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2019/ 2020. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siswa yang semula terlalu lama menunggu giliran menimbang menjadi 100% siswa memperhatikan dan berlatih menimbang, serta terjadi peningkatan persentase ketercapaian aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 85,20% menjadi 93,88% pada siklus II dan kompetensi aspek keterampilan seluruh(100%) siswa kompeten dengan tingkat ketercapaian 97,94%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas, kompetensi dan perilaku siswa dalam penimbangan dengan neraca analitis kelas X KI A SMK Negeri 2 Sukoharjo.
Improving Weighing Competence with Analytical Balance Through the Team Assisted Individualization (TAI) Learning Model for Class X KI A Students of SMK Negeri 2 Sukoharjo Semester 1 of the 2019/2020 Academic Year. Classroom Action Research (CAR) SMK Negeri 2 Sukoharjo. This study aims to improve: (1) student activities in learning to weigh with an analytical balance (2) competence to weigh with an analytical balance, (3) changes in student behavior that accompanies increasing competence through the Team Assisted Individualization (TAI) learning model in Class X KI students. A SMK Negeri 2 Sukoharjo. This research is a Classroom Action Research (CAR). The action is the application of the Team Assisted Individualization learning model on weighing materials with analytical balances. The research was carried out in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. The research subjects were students of class X KI A at SMK Negeri 2 Sukoharjo in the 2019/2020 school year. Sources of data in the form of learning activities, collaborators and documents. Data were obtained through observation, written and practical tests, and document review. The data analysis technique used is descriptive qualitative analysis. The results showed that the application of the Team Assisted Individualization learning model could increase student activity and competence in weighing material with analytical balances for class X KI A SMK Negeri 2 Sukoharjo in the 2019/2020 school year. This can be seen from the activities of students who initially waited too long for their turn to weigh. to 100% students pay attention and practice weighing, and there is an increase in the percentage of achievement of the knowledge aspect in the first cycle by 85.20% to 93.88% in the second cycle and the competence of all skills aspects (100%) of competent students with an achievement level of 97.94% . The conclusion of this study is that the application of the Team Assisted Individualization (TAI) learning model can increase students' activities, competencies and behavior in weighing with analytical balances for class X KI A SMK Negeri 2 Sukoharjo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anitah, Sri. 2009. Media Pembelajaran. Sukoharjo: LPP UNS dan UNS Press.
Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Azizhwati. 2010 Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Kimia Siswa di Kelas XI SMA Negeri I Ukui
Bakti Mulyani. 2014 dengan judul penelitian “Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Disertai Praktikum Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar kimia Pada MateriPokok Termokimia Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014
Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia. Jakarta. Kemendikbud
Indah Qorina. X9017018. Upaya Peningkatan Prestasi belajar & Interaksi Sosial Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas X KI B SMK N 2 Sukoharjo.
Lidinillah, Muis. 2009. Pengaruh media pembelajaran yang disajikan siswa Terhadap Hasil Belajar Perbaikan Casis Otomotif di SMK Negeri 2 Sukoharjo.
Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.
Sadiman, A. S. dkk. 2007. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Prenada Media Group.
Sumantri, M. & Permana, Jr. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana.
Suwandi, S. 2005. Pendidikan (Suatu Pengantar). Sukoharjo: LPP dan UNS press.
Suyanti, Retno, Dwi. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta : Graha Ilmu
_________. 2017. Model-Model Asesmen dalam Pembelajaran. Sukoharjo: Yuma Pustaka.
_________.2017. Penelitian Tindak Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah.Sukoharjo: Yuma Pustaka.
Trianto. 2008. Media Pembelajaran kontekstual (Contekstual Teaching And Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Refbacks
- There are currently no refbacks.