PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL GI DAN STAD DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR DEDUKTIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI

Karjo Karjo, Ashadi Ashadi, Sugiyarto Sugiyarto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Saintifik dengan model GI dan STAD ditinjau dari kemampuan berpikir deduktif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. Penelitian ini disusun dalam rancangan faktorial 2x2x2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 8 Surakarta. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan pendekatan saintifik dengan model STAD terdiri dari 25 peserta didik dan kelas eksperimen II diberi perlakuan menggunakan pendekatan saintifik dengan model GI terdiri dari 25 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk data hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir deduktif, sedangkan angket untuk data motivasi berprestasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan sel tak sama dengan bantuan software SPSS 18. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian adalah: (1) ada pengaruh pembelajaran saintifik dengan model GI dan model STAD terhadap hasil belajar; (2) ada pengaruh kemampuan berpikir deduktif terhadap hasil belajar; (3) ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar; (4) ada interaksi antara pembelajaran Saintifik dengan GI dan STAD dengan kemampuan berpikir deduktif terhadap hasil belajar ; (5) ada interaksi antara pembelajaran saintifik dengan GI dan STAD dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ; (6) tidak ada interaksi antara kemampuan berpikir deduktif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar; (7) t i d a k ada interaksi antara pembelajaran saintifik dengan GI dan STAD dengan kemampuan berpikir deduktif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar.

Full Text:

PDF

References

Achmadi, asmori.( 2001). Filsafat Umum.Jakarta : Rajawali Pers

Anita Lie. ( 2007). Cooperative Learning.

Jakarta: PT Gramedia. Cet. Ke-5.

Carin, A.A. & Sund, R.B. (1975). Teaching Science trough Discovery, 3rd Ed. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.

Baskoro Adi Prayitno, Bowo Sugiharto, Wahyu. (2013). Penerapan Integrasi Sintaks Inkuiri Dan STAD (INSTAD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas Vii-D SMPN

Surakarta. Jurnal Penelitian Bioedukasi, 6 (1), 34-38.

Ennis, Robert H. (1991). A Concept of Critical Thinking. Harvard Educational Review, Vol 32(1), 81-

Fahrurrozi, Ali Mahmudi. (2014). Pengaruh PBM Dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan GI Terhadap Prestasi Belajar Dan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika UNY, 1 (1), 1-11.

Hamalik. O. (2008). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Ida Bagus Putu Aryana. (2006). Pengaruh Penerapan Model Belajar Berdasarkan Masalah Dan Model Pengajaran Langsung Dipandu, Strategi Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No. 4 Th. XXXIX : 695-713

Joyce, B. and Weil, M. (1996). Models of Teaching. (3rd.Ed.) Singapore:

Jujun Suriasumantri. (2005). Filsafat Ilmu.

Jakarta: Sinar Harapan.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Kamdi, W. (2002). Mengajar Berdasarkan Model Dimensi Belajar. Gentengkali: Jurnal Guruan Dasar dan Menengah. 4 (5 dan 6): 29-35.

Kasihani Kasbolah E.S. 2001. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru.Malang: Universitas Malang.

Kuswana, W. S., (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lawson, A.E. (1992). The Developmen of Reasoning Among College Biology Student A Review of Research.

Journal of College Science Teaching, XXI (6):338-346.

Mc.Clelland.D. (1987). The Achievment Motive. New York: Appleton Century Crolts Inc

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebu- dayaan Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.

Poerwadarminto,W.J.S.(2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rustaman, N.Y.,et al. (2003).

StrategiBelajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.

Slavin Robert E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media

Sugiyono. (2008).Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D

Trianto.(2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrukti- vistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyudi. (2012). Memahami Motivasi Berprestasi Siswa. Pontianak: FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Winkel.W.S. (1986). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.