PENGARUH MODUL FISIKA BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Tofan P. Firmanto, Sarwanto Sarwanto, Sukarmin Sukarmin

Abstract

Penggunaan modul pembelajaran pada tahap proses pembelajaran akan sangat membantu keefektivan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan materi fisika yang akan disampaiakan.  modul juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan yang menarik, memudahkan penafsiran, dan menambah informasi baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modul fisika berbasis sains teknologi masyarakat terhadap prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan pretest-posttest control  (rancangan tes awal-tes akhir kelompok kontrol). Jenis data yang diperoleh merupakan data kuantitatif dalam bentuk skala interval didasarkan pada hasil eksperimen di dalam kelas, hasil eksperimen tersebut berupa hasil belajar mahasiswa dan merupakan hasil dari perhitungan nilai pre-test dan post-test yang dinyatakan dalam Ngain skor.  Ngain untuk penilaian kognitif siswa didapat Ngain 0,7, sdangkan untuk penilaian ketrampilan siswa di dapat rata-rata Ngain sebesar 0,35 dan penilaian sikap siswa sebesar 0,38. Dapat disimpulkan bahwa modul fisika berbasis sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Adanya peningkatan hasil belajar tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang menggunakan modul pembelajaran fisika berbasis sains teknologi masyarakat, langkah langkah atau tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pembelajarannya telah tersusun dan terlaksana dengan baik.

Full Text:

PDF

References

Depdiknas. (2003). Standar Penilaian Buku Pelajaran Sains. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Poedjiadi,Anna.(2007).Sains Teknologi Masyarakat: Metode Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai.Bandung:Remaja Rosda Karya.

Roestiyah,N.K.(2001).Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.

Slameto. (2012). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.