PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS SAINTIFIK 5M YANG DILENGKAPI MIND MAP PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI

Rina Setyawati, Sri Mulyani, Ashadi Ashadi

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil tahap pengembangan modul kimia berbasis saintifik 5M yang dilengkapi mind map pada materi koloid; (2) kelayakan modul kimia berbasis saintifik 5M yang dilengkapi mind map pada materi koloid untuk meningkatkan hasil belajar; (3) keefektifan modul kimia berbasis saintifik 5M yang dilengkapi mind map pada materi koloid untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada prosedur penelitian pengenbangan Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahap. Modul divalidasi oleh para validator dan kemudian dinilai oleh responden berdasarkan isi, penyajian, kegrafikan dan bahasa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode angket, observasi dan tes. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara pada analisis kebutuhan awal; saran para validator pada tahap validasi; dan saran dari para responden pada tahap uji coba skala kecil, menengah dan lapangan. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi modul; angket respon pada tahap uji coba skala kecil, menengah dan lapangan; serta hasil belajar siswa yang meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil pengembangan modul kimia berbasis saintifik 5M yang dilengkapi mind map pada materi koloid telah divalidasi dan direvisi sesuai dengan saran para konsultan ahli dan validator serta telah diujicobakan kepada pengguna pada uji coba skala kecil, menengah dan lapangan; (2) modul kimia berbasis saintifik 5M yang dilengkapi mind map pada materi koloid yang dikembangkan mendapat penilaian dengan kategori sangat baik sehingga layak digunakan; (3) modul kimia berbasis saintifik 5M yang dilengkapi mind map pada materi koloid efektif untuk meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan dengan perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Keywords

modul kimia; mind map; saintifik; hasil belajar

References

Astuti, D. R. (2015). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Scientific Approach pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA / MA Semester I. Tesis. UNS.

Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.

Dahar, R. W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Evrekli, E., Balim, A. G., & Inel, D. (2009). Mind mapping applications in special teaching methods courses for science teacher candidates and teacher candidates’ opinions concerning the applications. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1 (1), 2274–2279, https://doi.org /10.1016/j.sbspro.2009.01.400

Fun, C. S., & Maskat, N. (2010). Teacher-Centered Mind Mapping vs Student-Centered Mind Mapping in the teaching of accounting at Pre-U level- An action research. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7 (2), 240–246. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.034

Khalid, A., & Azeem, M. (2012). Constructivist Vs Traditional : Effective instructional approach in teacher education. International Journal of Humanities and Social Science, 2 (5), 170–177.

Kiong, T. T., Md Yunos, J., Mohammad, B., Othman, W., Heong, Y. M., & Mohamad, M. M. (2012). The Development and Implementation of Buzan Mind Mapping Module. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69, 705–708, https://doi.org/ 10.1016/j.sbspro.2012.11.464

Matanluk, O., Mohammad, B., Kiflee, D. N. A., & Imbug, M. (2013). The Effectiveness of Using Teaching Module based on Radical Constructivism toward Students Learning Process. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 90, 607–615, https://doi.org/ 10.1016/j.sbspro.2013.07.132

Rosciano, A. (2015). The effectiveness of mind mapping as an active learning strategy among associate degree nursing students. Teaching and Learning in Nursing, 10(2), 93–99, https://doi.org/10.1016/j.teln.2015. 01.003

Sari, S., Sriyono, & Desy, S. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Konvensio-nal , Peta Konsep dan Peta Pikiran Bagi Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi, 3 (2), 150–153.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.