PENGEMBANGAN MODUL ELASTISITAS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGEMBANGKAN DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA SMK
Udi Nugroho, Suparmi Suparmi, Nonoh Siti Aminah
Abstract
Pembelajaran Fisika yang diterapkan di SMK Negeri 1 Mondokan belum mengarahkan siswa pada pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dan pembelajaran masih cenderung terpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul elastisitas berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan disiplin belajar dan kreativitas siswa SMK, (2) mengetahui kelayakan modul elastisitas berbasis inkuiri terbimbing, (3) meningkatkan disiplin belajar dan kreativitas siswa setelah menggunakan modul elastisitas berbasis inkuiri terbimbing. Metode Penelitian ini adalah Reseach and Development. Model pengembangan modul yang digunakan adalah model 4D (four D model) terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Modul dinilai berdasarkan kelayakan materi, media, dan bahasa, serta uji coba (terbatas dan luas) kepada siswa, dan tahap penyebaran pada guru SMK negeri dan swasta. Pengumpulan data menggunakan angket analisis kebutuhan, lembar validasi modul, angket respon uji coba terbatas dan uji coba luas, angket respon disseminate dan lembar observasi disiplin belajar dan kreativitas siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif, untuk mengetahui kelayakan modul diketahui dari nilai Cut Off, dan untuk mengetahui efektifitas modul untuk meningkatkan sikap disiplin belajar dan kreativitas siswa diketahui dari hasil N-Gain score. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) modul elastisitas berbasis inkuiri terbimbing memiliki langkah pembelajaran yang disesuaikan dengan tahapan inkuiri yaitu tahap orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan eksperimen, dan menyimpulkan, (2) modul dikategorikan layak ditinjau dari kelayakan media, materi, dan bahasa, (3) modul elastisitas berbasis inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan sikap disiplin belajar siswa dengan kategori tinggi berdasarkan hasil N-Gain score 0,61. Modul elastisitas berbasis inkuiri terbimbing juga efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan kategori sedang berdasarkan hasil N-gain score 0,51. Hasil belajar siswa juga meningkat berdasarkan hasil N-gain score yaitu 0,59 dengan kategori sedang.
Keywords
modul; elastisitas; inkuiri terbimbing; disiplin belajar; kreativitas
References
Azwar. S. (2007). Penyusunan Skala. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Budiman. (2010). Angket Disiplin Belajar. http://chemistrybudiman07. Blogspot .com/2010/03/angket-kedisiplinan-siswa.html
Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media
Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. Jakarta : Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Gunawan. A. (2008). Genius Learning Strategi. Jakarta: Pustaka Utama.
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta
Meltzer. D.E. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a Possible “Hidden Variable”in Diagnostic Pretest Scores. Department of Physics a and Astronomy, Lowa State University, Ames, Lowa 50011.Am. J. Phys. Vol 70, No. 12, Hlm 1259-1268