PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Farra Ardilla Prastyaninda, Sukarmin Sukarmin, Suparmi Suparmi

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah masih sulit dilakukan oleh guru maupun siswa. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar: antara siswa yang diberi pembelajaran fisika berbasis problem based learning dengan menggunakan metode eksperimen dan inkuiri terbimbing, antara siswa yang memiliki keterampilan metakognitif tinggi dan rendah, antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah, serta mengetahui hasil belajar antara: pembelajaran fisika berbasis problem based learning dengan keterampilan metakognitif siswa, pembelajaran fisika berbasis problem based learning dengan kemampuan berpikir kritis, keterampilan metakognitif dengan kemampuan berpikir kritis siswa, pembelajaran fisika berbasis problem based learning, keterampilan metakognitif, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Karangrayung tahun pelajaran 2015/ 2016. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling terdiri dari 2 kelas X4 dan X5. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk hasil belajar, keterampilan metakognitif, dan kemampuan berpikir kritis serta teknik dokumentasi untuk mendapatkan data kemampuan awal siswa. Analisis data menggunakan anava univariat. Hasil penelitian ini adalah: (1) pembelajaran fisika berbasis PBL menggunakan inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa; (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki keterampilan metakognitif tinggi maupun rendah; (3) siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik dibanding dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran fisika berbasis PBL dengan keterampilan metakognitif  terhadap hasil belajar siswa; (5) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran fisika berbasis PBL dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa; (6) tidak ada interaksi antara kemampuan metakognitif dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar; (7) ada interaksi antara pembelajaran fisika berbasis PBL, keterampilan metakognitif, dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa.

Keywords

inkuiri terbimbing; keterampilan metakognitif; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

Afandi. (2011). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Metakognisi Melalui Model Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning ditinjau Dari Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 2(2): 1-7.

Anggraini, V. D. (2011). Pengaruh Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Tesis: Universitas Muhammadiyah Malang.

Chen, X. (2008). On Design Experiment Teaching in Engineering Quality Cultivation. International Education Studies. 1 (3), 49-51.

Corebima, A. D. (2006). Pembelajaran Biologi yang Memberdayakan Kemampuan Berpikir Siswa. Makalah disajikan dalam Pelatihan Strategi Metakognitif pada Pembelajaran Biologi untuk Guru guru Biologi SMA. Palangkaraya: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) UNPAR, 23.

Dahar, R.W. (1996). Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga

Danial, M. (2010). Pengaruh Strategi PBL terhadap Keterampilan Metakognisi dan Respon Mahasiswa.

Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory into practice, 32(3): 179-186. Jurnal Chemical. 11(2), 1-10

Foong, P. Y. (2002). Using Short Opend-Ended Mathematics Questions to Promote Thinking and Undestanding. National Institute of Education, Singapore. Diperoleh 3 Januari 2016, dari http:/www.math.unipa.it

Halpern, D. F., & Riggio, H. R. (2013). Thinking Critically About Critical Thinking: A Workbook to Accompany Halpern's Thought & Knowledge. Routledge.

Herman, T. (2007). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Educationist, 1(1), pp-47.

Mullen, M., & Maureen, A. (2009). Examining Patterns of Change in the Critical Thinking Skills of Graduate Nursing Student. The Journal of Nursing Education, 48 (6), 310-318.

Nindiasari, H. (2011). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa Sekolah Mengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 251-263. Yogyakarta: FKIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurlaila, N. (2013). Pembelajaran Fisika dengan PBL Menggunakan Problem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kreativitas dan Keterampilan BErikir Kritis Siswa. Jurnal Inkuiri, 2(2), 114-123

Paul, R. (2005). The state of critical thinking today. New directions for community colleges, 2005(130), 27-38.

Sunarno. (2010). Pembelajaran Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemmpuan dalam Menggunakan Alat Ukur. Tesis. Universitas Sebelas Maret

Suranto. (2005). Focused Based Education sebagai Solusi Peningkatan Mutu Sistem Pendidikan di Indonesia. Makalah Seminar Mahasiswa Teknik Industri UNS, Surakarta.

Tosun, C & Senocak, E. (2013). he Efects of Problem-Based Learning on Metacognitive Awareness and Atitudes toward Chemistry of Prospective Teachers with Diferent Academic Backgrounds. Australian Journal of Teacher Education,38(3), 68-73

Trnová, E., & Trna, J. (2011). Hands-on experimental activities in inquiry-based science education. In Proceedings book of the joint international conference MPTL, 16: 293-298.

Veenman, M. V., Wilhelm, P., & Beishuizen, J. J. (2004). The relation between intellectual and metacognitive skills from a developmental perspective. Learning and instruction, 14(1), 89-109.

Wicaksono, C. (2015). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Reciprocal Teaching. Tesis: Universitas Negeri Malang

Refbacks

  • There are currently no refbacks.