PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI KONSTRUKTIVISME MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN SIKAP ILMIAH

Arif Handaka, Sukarmin Sukarmin, Widha Sunarno

Abstract

Pembelajaran fisika masih teacher centered mengakibatkan pembelajaran lebih menekankan pada pemindahan informasi dari guru kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran konstruktivisme menggunakan metode inkuiri bebas termodifikasi dan inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) peserta didik ditinjau dari sikap ilmiah dan motivasi berprestasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan pada kelas XI di SMA Batik 2 Surakarta semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian melibatkan pembelajaran konstruktivisme dengan metode inkuiri bebas termodifikasi dan inkuiri terbimbing sebagai variabel bebas, sikap ilmiah dan motivasi berprestasi sebagai variabel moderator, serta prestasi belajar (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) peserta didik sebagai variabel terikat. Pengumpulan data prestasi belajar (pengetahuan) dalam bentuk tes tertulis, sedangkan data prestasi belajar (sikap dan keterampilan) dalam bentuk pengamatan. Teknik analisis data menggunakan ANAVA 3 jalan dengan rancangan faktorial 2 x 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada perbedaan  pengaruh  pendekatan konstruktivisme menggunakan metode inkuiri bebas termodifikasi dan metode inkuiri terbimbing  terhadap nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan, (2) ada perbedaan  pengaruh antara sikap ilmiah tinggi dan rendah terhadap nilai pengethuan, sikap dan keterampilan, (3) ada perbedaan pengaruh antara motivasi berprestasi tinggi dan rendah terhadap nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan, (4) tidak ada interaksi pengaruh antara pendekatan konstruktivisme menggunakan metode inkuiri bebas termodifikasi dan metode inkuiri terbimbing dengan sikap ilmiah terhadap nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan, (5) tidak ada interaksi  pengaruh antara pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme menggunakan metode inkuiri bebas termodifikasi dan metode inkuiri terbimbing dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi pengetahuan siswa, namun memberikan pengaruh yang signifikan terhadap nilai sikap dan keterampilan, (6) tidak ada interaksi pengaruh antara sikap ilmiah dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi pengetahuan dan keterampilan namun memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sikap siswa, dan (7) tidak ada interaksi pengaruh antara pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme menggunakan metode inkuiri bebas termodifikasi dan ikuiri terbimbing, sikap ilmiah, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Keywords

Konstruktivisme; Inkuiri Bebas Termodifikasi; Inkuiri Terbimbing; Motivasi Berprestasi; Sikap Ilmiah

Full Text:

PDF

References

Abdi, A. (2014). The Effect of Inquiry-based Learning Method on Students Academic Achievement in Science Course. Universal Journal of Educational Research, 2 (1), 37-41.

Adnyani, N.W., Sadia, I.W., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Terhadap Penurunan Miskonsepsi Fisika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bebandem. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.4 (1).

Ataha1, U. C. & Ogumogu, A. E. (2013). An Investigation Of The cientific Attitude Among Science Students In Senior Secondary Schools In Edo South Senatorial District, Edo State. Journal of Education and Practice, 4(11), 12-16.

Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.

Fakhruddin, Eprina, A., & Syahril. (2010). Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Penggunaan Media Komputer Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri I Bangkinang Barat. Jurnal Geliga Sains. 4 (1), 18-22.

Gupta, A. (2008). “Constructivism and Peer Collaboration in Elementary Mathematics Education: The Connection to Epistemology”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 4(4), 381-386.

Khalid, A. & Azeem, M.,(2012). Constructivist Vs Traditional: Effective Instructional Approach in Teacher Education. International Journal of Humanities and Social Science, 2 (5), 170-177.

Lee, I-C. (2010). The Effect of Learning Motivation, Total Quality Teaching and Peer-Assisted Learning on Study Achievement: Empirical Analysis from Vocational Universities or Colleges’ students in Taiwan. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 6 (2), 56-73.

Levy, S. (2008). Student Motivation: Premise, Eective Practice and Policy. Australian Journal of Teacher Education, 33(5), 14-28.

Sardiman, A. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.

Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.