PEMBELAJARAN ANALISIS KIMIA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi ditinjau dari kreativitas mahasiswa. Metode kuasi eksperimen, sedangkan populasinya adalah mahasiswa tingkat II semester IV Akademi Analis Kesehatan Nasional Surakarta tahun akademik 2015/2016. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas 2B1 dan 2B2. Kelas 2B1 menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan 2B2 menggunakan pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji alternatif ANAVA yaitu Man-Whitney dan Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi. Kreativitas mahasiswa mempengaruhi hasil belajar. Penggunaan metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap kreativitas mahasiswa memberikan pengaruh pada perolehan nilai hasil belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, N.M. Aness, M. Khizar, A. Nasser, M & Muhammad, G. (2012). International Interdisciplinary Journal of Education Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. Pakistan:University of Sargodha, 1(3), 44-47
Budiono. (2003). Statistik untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Cuevas, P. Lee, O. Hart, J & Deaktor, R. (2005). Improving Science Inquiry with Elementary Students of Diverse Backgrounds. Published online in Wiley InterScience. Journal of Research in Science Teaching, 42(3), 337-356
Hussain, A. Azeem, M & Shakoor, A. (2011). Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Journal of Humanities and Social Science. 1(19), 269-276
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Murtiningsih, T. (2013). Pembelajaran kimia dengan Problem Solving menggunakan media E-Learning dan Komik di Tinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kreativitas. Jurnal Inkuiri, 2(3), 288-301
Pusat Pendidikan Pelatihan Tenaga Kesehatan. Standar Kompetensi Tenaga DIII Analis Kesehatan. 2011.J akarta. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Rahmawati, N.F. (2014). Pembelajaran Biologi Menggunakan Integrasi LCM (Learning Cycle Model) dengan Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau dari Kemampuan Kritis dan Kreativitas Verbal Siswa. Jurnal Inkuiri, 3(1), 37-49
Silviani. Y (2013). Model Problem Based Learning Menggunakan Team Teaching dengan Teknik Terintergrasi dan Semi Terintergrasi pada Pembelajaran Bakteriologi Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Verbal. Tesis tidak diterbitkan. Program Pendidikan Sains. UNS. Surakarta
Susilowati, T.I. (2012). Pembelajaran Kimia Analitik Berbasis Masalah dengan Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek Ditinjau dari Kreativitas dan Interaksi Sosial Mahasiswa.Tesis tidak diterbitkan. Program Pendidikan Sains. UNS. Surakarta
Untari, E. (2010). Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Melalui Metode Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau dari Kemampuan Memori dan Kemandirian Belajar.
Unyanto, S.S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu
Ngalimun, Fadillah H, & Ariani, A. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yoyakarta : Aswaja Pressindo
Refbacks
- There are currently no refbacks.