PENGGUNAAN METODE DISKUSI DAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI IPA 3 SEMESTER GENAP SMA N 4 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Yayuk Sulistyaningsih, Widha Sunarno, Cari Cari

Abstract

Tujuan penelitian: 1) untuk  meningkatkan motivasi berprestasi fisika dengan  menggunakan  metode diskusi demonstrasi materi fluida statis pada siswa kelas XI IPA3 semester genap SMA Negeri 4 Madiun tahun pelajaran 2014/2015, 2) untuk meningkatkan hasil belajar fisika dengan menggunakan metode diskusi demonstrasi  materi fluida statis pada siswa kelas XI IPA3 semester genap SMA Negeri 4 Madiun tahun pelajaran 2014/2015. Untuk meningkatkan  motivasi  berprestasi dan hasil belajar fisika digunakan  metode diskusi demonstrasi dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus,hal ini agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara khusus, dalam hal motivasi berprestasi dan hasil belajar Fisika materi Fluida Statis  siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Kota Madiun, pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, hasil belajar fisika materi fluida statis  siswa kelas XI IPA3 semester genap SMA Negeri 4 Madiun tahun pelajaran 2014/2015. Pada  pelaksanaan  pembelajaran  siklus I dengen penerapan metode diskusi dan demonstrasi nilai rata-rata kognitif yang diperoleh sebesar 75.9. Hal ini belum sesuai dengan target indikator yang ingin dicapai sebesar 78. Pada siklus II semua kelemahan-kelemahan diperbaiki sehingga nilai rata-rata kognitif siswa meningkat sebesar 84.3. Pencapaian nilai pada siklus II lebih besar dari pada siklus I, sehingga ada peningkatan. Besar nilai rata-rata siklus II sudah memenuhi target yang ingin dicapai yaitu sebesar 78. Rata-rata motivasi awal 72,7  meningkat menjadi 82 dari target yang harus dicapai untuk motivasi 80.

Keywords

PTK; Metode Diskusi dan Demontrasi; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Pendekatan Saintifik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.