PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK DAN PENERAPANNYA

Rodi Rodi, Mohammad Masykuri, Sukarmin Sukarmin

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik pengembangan modul fisika berbasis CTL terintegrasi pendidikan karakter; (2) mengetahui kelayakan modul fisika berbasis CTL terintegrasi pendidikan karakter; (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Sukamulia setelah menggunakan modul fisika berbasis CTL terintegrasi pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan modul yang digunakan adalah model Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Pengembangan ini dinilai berdasarkan kelayakan isi, penyajian, kegrafikan, dan bahasa oleh para validator ahli, kemudian diujicobakan terbatas pada 9 siswa. Setelah revisi dari uji coba terbatas, modul diujicoba besar pada kelas XIPA-2. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan soal tes. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan sebuah modul fisika berbasis CTL terintegrasi pendidikan karakter pada materi hukum Newton tentang gerak dan penerapannya dan model pengembangan yang dipakai adalah model pengembangan Borg & Gall. (2) modul fisika berbasis CTL terintegrasi pendidikan karakter yang telah diuji oleh dosen ahli, guru fisika dan teman sejawat menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil penilain modul fisika adalah 291 dari skor maksimum 308 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji menunjukkan bahwa modul fisika yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. (3) modul fisika berbasis CTL terintegrasi pendidikan karakter dapat  meningkatkan hasil belajar siswa, rata-rata nilai pretes dan posttes siswa sebelum dan setelah menggunakan modul fisika adalah 41,26 dan 65,55 dengan demikian dapat diketahui ada peningkatan nilai dari data pretest ke posttest dan nilai gain sebesar 0,63 yang tergolong kategori sedang.


Keywords


Modul Fisika; Pembelajaran Berbasis CTL; Pendidikan Karakter; Model Borg & Gall; Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i2.17300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 
ISSN 2252-7893 (print) | 2615-7489 (online)
Organized by Magister Pendidikan Sains
Published by Universitas Sebelas Maret
W : https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/
E  : inkuiri@fkip.uns.ac.id

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View INKUIRI Stats

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0