Pengembangan Tes Uraian Interaktif Pada Mata Kuliah Biologi Lingkungan Berbantuan Microsoft Powerpoint Dan Visual Basic For Aplication

Annur Indra Kusumadani, Ahmad Syarif, Rahma Citra Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan tes uraian singkat interaktif pada mata kuliah biologi lingkungan berbantuan komputer dengan Microsoft Office dan Visual Basic for Application. Instrumen tes yang dikembangkan bertujuan mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada mata kuliah biologi lingkungan. Instrumen tes yang dikembangkan berbasis Microsoft Office Powerpoint dan Visual Basic for Application. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan modifikasi subjek coba pada beberapa tahapan penelitian. Penelitian hanya dilakukan sampai tahap perbaikan produk operasional. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengumpulan data awal, (2) Perencanaan, (3) Pembuatan produk awal, (4) Uji coba awal (validasi ahli), (5) Perbaikan produk awal, (6) Uji coba lapangan 1 dan 2, dan (7) Perbaikan produk operasional. Penelitian melibatkan subjek coba sebagai berikut: (1) Uji coba awal melibatkan ahli materi biologi lingkungan, ahli ICT, ahli penelitian dan evaluasi pendidikan; (2) Uji coba lapangan 1 kelompok kecil melibatkan 12 mahasiswa pendidikan biologi UMS yang mengambil matakuliah biologi lingkungan; dan (3) Uji coba lapangan 2 kelompok besar melibatkan 20 mahasiswa pendidikan biologi UMS yang mengambil matakuliah biologi lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis butir soal sesuai kaidah pada tahap validasi dan uji coba lapangan. Hasil akhir penelitian ini adalah tes uraian singkat interaktif berbantuan komputer pada materi biologi lingkungan yang valid secara internal, reliabel tinggi dengan koefisien 0,814>0,456 (r tabel), tingkat kesukaran sedang dengan indeks kesukaran 0,4 hingga 0,7, dan daya diskriminan (daya beda) baik dengan indeks diskriminan 0,4 hingga 0,7. Kesimpulan hasil penelitian adalah instrumen tes uraian singkat interaktif berbantuan komputer yang dikembangkan layak untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi biologi lingkungan.

Keywords


Penelitian dan Pengembangan Tes, Tes berbantuan komputer, Tes berpikir tingkat tinggi, Tes uraian singkat interaktif dan Pengukuran instrumen.

Full Text:

PDF
rticle

References


Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Monterey, California: Brookd/Cole Publishing Company.

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing. New York: Longman.

Bayrak, B. K. (2013). Using Two Tier tio Identify Prmary Students Conceptual Understanding and Alternative Conceptions in Acid Base. Meylana International Journal of Education, 3(2), 19-26.

Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Handbook 1 Cognitive Domain. New York: David McKay.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research an introduction (4th Ed). White Plains: Logman Inc.

Crocker, L. & Algina, J. (1986). Introduction to Classical and Modern Test Theory. Forth Worth: Holt, Rinehart, and Winston, INC.

Heong, Y.M., Othman, W.D., Md Yunos, J., Kiong, T.T., Hassan, R., &

Mohammad, M.M. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social and Humanity, 1(2), 121-125

King, J. F.; Goodson, Ludwika, dan Rohani, F. (2010). Higher Order Thinking Skills, Definition, Teaching Strategis, Assesment. A Publication of The Educational Services Program.

Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom’s taxonomy: An overview. Theory into Practice, 41(4), 212-218.

Kusumadani, A. I. (2013). Proceeding Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sans dan Budaya Penelian Sains Menuju Indonesia Maju. Surakarta: Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i1.9030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.