THE EFFECTS OF THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING IN BIOLOGY LEARNING ON PROBLEM-SOLVING ABILITY
Abstract
Keywords
References
Adinia, R., Suratno, S., & Iqbal, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Aktif Berbantuan LKPD Problem Solving Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa di Sekolah Kawasan Perkebunan Kopi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 64-75.https://doi.org/10.26740/jipb.v3n2.p64-75
Anggraini, A. (2016). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi pada Materi Jamur dengan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (Studi Kasus di Kelas X. 3 SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran (2013/2014). BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(1).http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v7i1.494
Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 58-66.https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.58-66
Bahiyah, L., Sudarmin, S., & Hartono, H. (2019). Analysis of Students Metacognitive Skill in Solving Problem on Guided Inquiry Learning Model. Journal of Innovative Science Education, 8(3), 248-254.10.15294/JISE.V0I0.28610
Corebima, Duran. (2009). Pengalaman Berupaya Menjadi Guru Profesional. Malang.
Elvianasti, M., Kharisma, N. A. N., Irdalisa, I., & Yarza, H. N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Biologi Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 1-9.https://doi.org/10.24036/jppf.v8i1.115191
Endang, P. R., Pratiwi, R. H., & Sari, T. A. (2021). Analisis Pemecahan Masalah Biologi Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Kelas XI IPA. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 149-156.https://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.10132
Güner, P. & Erbay, H. N. (2021). Metacognitive Skills and Problem-Solving. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 7(3), 715-734. https://doi.org/10.46328/ijres.1594
Hanifa, N. I., Akbar, B., Abdullah, S., & Susilo, S. (2019). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X IPA pada Materi Perubahan Lingkungan dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 121-128. https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1895
Ivane, D. P., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori: Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Ditinjau Dari Self-Regulated Learning Pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 5, 290-296.
Jannah, Q. M., Lubis, J. A., & Hasibuan, I. S. (2022). Peranan Metode Pembelajaran Drill dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. PeTeKa, 4(2), 358-363.http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.593-598
Kusuma, A. S. H. M., Nisa, K., & Baskara, Z. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa S1 PGSD Universitas Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 151-158. 10.29303/jipp.v6i1.173
Kusuma, A. S., & Baskara, Z. W. (2022). Hubungan Metakognitif dengan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Pembelajaran Menggunakan Model Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2704–2712.https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.882
Lestari, H. N., Suganda, O., & Widiantie, R. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan Metakognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(02), 23-31.https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.745
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813.
Mone, M., Manu, T. S., & Meha, A. M. (2021). Pengaruh Model Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Indigenous Biologi: Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi, 4(1), 17-25.https://doi.org/10.33323/indigenous.v4i1.68
Musdalifah, R. (2019). Pemrosesan dan Penyimpanan Informasi pada Otak Anak dalam Belajar: Short Term and Long Term Memory. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 217-235. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1163
Nur, T. D., Corebıma, A. D., Zubaidah, S., Ibrohım, I. & Saefi, M. (2023). Learning Biology through Thinking Empowerment by Questioning: The Effect on Conceptual Knowledge and Critical Thinking. Participatory Educational Research, 10 (1), 122-139.https://doi.org/10.17275/per.23.7.10.1
Nuraini, N., Tindangen, M., & Maasawet, E. T. (2016). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry dan Permasalahan Siswa Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2066-2070.https://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7653
Nurhayati, N., Ramdhan, B., & Suhendar, S. (2020). Profil Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri pada Materi Sistem Ekskresi. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 19-26.https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i1.2566
Nurmatari. 2018. The Influence of Thinking Empowerment through Questioning in Cooperative Learning of Think Pair Share toward Learning Outcomes and Students’ Activity. Thesis. Universitas Negeri Malang.
Nurvela, E., Malalina, M., & Yenni, R. F. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs. Mujahidin Palembang. Sigma: jurnal pendidikan matematika, 12(2), 209-216.
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215.https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Ristyana. (2022). Metode Pembelajaran. Klaten: Lakeisha
Rodzalan, S. A., & Saat, M. M. (2015). The Perception of Critical Thinking and Problem Solving Skill Among Malaysian Undergraduate Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 172, 725-732. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.425
Rusdianto. A. Bida Purnamasari, & Bungatang. (2022). Pengaruh Metode Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Katolik Cendrawasih Makassar. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 417-432.
Saputri, A. C., Rinanto, Y., & Prasetyanti, N. M. (2019). Improving Students' Critical Thinking Skills in Cell-Metabolism Learning Using Stimulating Higher Order Thinking Skills Model. International Journal of Instruction, 12(1), 327-342.
Sholeha, R. N., & Prihatin, J. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning. Publikasi ilmiah mahasiswa. 1-8
Sukini, S., Syafii, W., & Yustina, Y. (2020). The Influence of Guided Inquiry Learning Model using Thinking Empowering by Questioning Model on Learning Outcomes Cognitiv Students. Journal of Educational Sciences, 4(1), 153-163. https://dx.doi.org/10.31258/jes.4.1.p.153-163
Sulianto, J., Cintang, N., & Azizah, M. (2018). Analisis Korelasi dan Regresi Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kota Semarang. Seminar Nasional Pendidikan 2018.
Tengkel, V. T., Tumbel, F. M., & Ogi, N. L. (2023). Pengaruh Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Secara Daring di SMA Negeri 2 Tondano. JSPB BIOEDUSAINS, 4(1), 32-39.
Yusuf. (2020). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi & Karakter: Pengukuran Terhadap Dampak Pembelajaran Berbasis Masalah. Mataram: Sanabil
Yusuf., Suhirman., Suastra, I. W., & Tokan, M. K. (2019). The Effects of Problem-Based Learning with Character Emphasis and Naturalist Intelligence on Students’ Problem-Solving Skills and Care. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1034-1059
Zubaidah, S. (2018). Keterampilan Abad Ke-21: Bagaimana Membelajarkan dan Mengaksesnya. In National Conference of Tantangan Biologi dan Pendidikan Bilogi Abad-21. Riau: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau.
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi.v17i1.77442
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.