Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kualitas Media Pembelajaran Buatan Mahasiswa

Yuni Pantiwati, Fendy Hardian Permana

Abstract


Media merupakan alat yang penting dalam proses pembalajaran. Maka seorang calon pendidik perlu memiliki keterampilan dalam pembuatan media pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat diterapkan salah satunya untuk mengasah keterampilan peserta didik dalam membuat media pembelajaran adalah dengan model pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian ini menggunakan penelitian PTK. PTK dilakukan dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, lembar kerja kelompok, tes untuk mengukur kemampuan pemahaman, catatan lapang, dan rubrik penilaian kualitas media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman yang bagus terkait media pembelajaran dan kualitas media pembelajaran hasil buatan mahasiswa juga bagus dengan penerapan model pembelajaran ini. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan pemahaman dan kualitas media pembelajaran buatan mahasiswa.

Keywords


Pembelajaran Berbasis Proyek; Pemahaman; Kualitas Media

Full Text:

PDF
rticle

References


Abdulah Sani, Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. Bandung : P.T. Refika Aditama.

Aisyi, F.K., Elvyanti, S., Gunawan, T., & Mulyana, E. 2013. Pengembangan bahan ajar tik SMP mengacu pada pembelajaran berbasis proyek. Innovation of Vocational Technology Education, Vol 9, No 2.

Bosss, S & Krauss, J. (2007). ReinveringProject-Based. United States of America International Society for Technology in Education (ISTE).

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher.

Djamarah Syaiful.2002.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Sastrika, I.A.K. Sadia, W. & Muderawan, I.W. 2013. Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, Vol 3, No 2.

Susilowati, I., Iswari, R.S., & Sukaesih, S. 2013. Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia. Journal of Biology Education, Vol 2, No 1.

Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013, kurikulum tematik integrative/TKI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Widiyatmoko, A. & Pamelasari, S.D. 2012. Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 1, No 1.




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v13i1.39917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.