STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BIOLOGI ANTARA METODE RESITASI DENGAN MODUL DAN METODE CERAMAH PADA SUB KONSEP REPRODUKSI TUMBUHAN DAN PEMENCARANNYA

DWI OETOMO, SUMANTO SUMANTO, PURWANTI PURWANTI

Abstract


The goal of this research was to compare the recitation method using the module and talkative method. Those two methods were applied on the course on the topics of plant reproduction and its dispersal.

This was the experimental research which held in SMA N 2 Sukoharjo. Documentation and test method were used in this research which was sampled clustered and randomically. The data obtain was then analyzed
by t test.

The conclusion was that the recitation method was better than talkative method. That conclusion based on the statistical data observed (tM > ttab = 3, 66 > 1, 66 at the significance level of 5%).

Keywords


Biology natural science learning achievement; module recitation method; and talkative method.

Full Text:

PDF
rticle

References


Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Budiyono. 1998. Metodologi Penelitian Pengajaran Matematika. UNS Press. Surakarta.

Wijaya. 1988. Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran. CV Remaja Rosdakarya. Bandung.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Garis - Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) Biologi. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah

Hartini. 2002. Eksperimentasi Pengajaran Kimia dengan Modul Sebagai Pelengkap Pengajaran Terprogram Tipe Cabang Tiga Pada Pokok Bahasan Perhitungan Kimia Siswa Kelas H Cawu I SMU Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2001/2002. Skripsi. Surakarta: FKIP Uiversitas Sebelas Maret

Margono. 1998. Strategi Belajar Mengajar Buku I Pengantar SBM. UNS Press. Surakarta.

Mudoffir. 1990. Teknologi Instruksional. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. CV Remaja Rosdakarya. Bandung.

Muntasir, S. 1985. Pengajaran Terprogram. CV Rajawali Press Jakarta

Sumantri, M. dan Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. CV Maulana. Bandung.

Sudjana, N. 1995. Penilaian Proses Belajar Mengajar. CV Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sudjana, N. 1996. CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar baru Aglesindo. Bandung.

Sudjana, N. 2000. CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar baru Aglesindo. Bandung.

Pratiwi. 2000. Biologi. Erlangga. Jakarta.

Purwoto. 1998. Strategi Pembelajaran Matematika. UNS Press. Surakarta.

Purwoto. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika. UNS Press. Surakarta

Roestiyah N. K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Roestiyah N. K. 1992. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Rooijakkers. 1991. Mengajar Dengan Sukses: Petunjuk Untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran. Grasindo. Jakarta.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Sudjana. 1996. Metode Statistik. Tarsito. Bandung.

Sudjana. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi). PT Bumi Aksara. Jakarta.

Suryabrata, S. 1997. Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v2i1.3978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bioedukasi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.