PENGEMBANGAN MODUL BERORIENTASI POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) BERWAWASAN LINGKUNGAN PADAMATERI PENCEMARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan modul berorientasi POE berwawasan lingkungan pada materi pencemaran, kelayakan modul, efektivitas modul, dan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan modul. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Sampel pengembangan meliputi sampel validasi produk sejumlah 4 validator, sampel uji coba terbatas pada 10 siswa, dan sampel uji coba lapangan sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk analisis kebutuhan, validasi ahli, dan tanggapan siswa terhadap modul; lembar observasi untuk hasil belajar psikomotorik, afektif, dan keterlaksanaan sintaks; wawancara untuk analisis kebutuhan, tanggapan siswa terhadap modul saat uji coba terbatas, dan lapangan; dan tes untuk hasil belajar kognitif. Uji coba lapangan menggunakan one group pretest-posttes design. Data hasil belajar kognitif dihitung dengan gain ternormalisasi dan diuji dengan uji t dua sampel berpasangan, sedangkan hasil belajar psikomotorik dan afektif dihitung persentase ketercapaiannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pengembangan modul berorientasi POE berwawasan lingkungan pada materi pencemaran menggunakan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi melalui tahapan research and information collection, planning, developpreliminary form of products, preliminary field testing, main product revision, main field testing, dan operational product revision; kelayakan modul bernilai 3,3 setelah dilakukan uji lapangan dan berkategori “Baik”; pencapaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dalam kategori “Sedang”; dan setelah dilakukan uji secara statistik diperoleh perbedaan hasil belajar siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiono, E dan Susanto, H. (2006). Penyusunan dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana pada Kelas X Semester I SMA. Jurnal Pend. FisikaIndonesia. 4 (2): 79-87.
Depdiknas. (2003). Standar Penilaian BukuPelajaran Sains. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Depdiknas. (2008). Perangkat Pembelajaran KTSP SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Gulo. W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.
Millah, ES, Budipramana, LS, dan Isnawati. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteklogi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). Jurnal Bio Edu. 1 (1): 19¬24.
Mundilarto. (2005). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Sains. PPM Terpadu SMPN 2 Mlati. Yogyakarta: 20Agustus 2005.
Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA.
Ozdemir, H, Bag, H, & Bilen, K. (2011). Effect of Laboratory Activities Designed Based on Prediction, Observation, Explanation (POE) Strategy on Pre Service Science Teachers’ Understanding of Acid- Base Subject. Western Anatolia Journal of Educational Science: 169-174.
Prastowo, A. (2012). Panduan KreatifMembuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rahayu, S, Widodo, AT, dan Sudarmin. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model POE Berbantuan Media “I am Scientist”. Innovatif Journal of Curriculum and Educational Technology. 2(1): 128¬133.
Rustaman, N, Dirjosoemarto, S, Yudianto, SA, Achmad, Y, Subekti, R, Rochintaniawati, D , dan K. Nurjhani, M. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: UPIPress.
Sungkono. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.
Suratsih. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Laporan Hasil Penelitian Unggulan UNY.
Triyanto. (2009). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, & Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i1.3920
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Bioedukasi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.