Implementasi Pendekatan Saintifik Guru Biologi SMA di Boyolali
Abstract
Pendekatan saintifik merupakan pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendekatan saintifik guru biologi SMA di Boyolali semester gasal tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah satu guru kelas X (SMA N) dan satu guru XI (SMA Swasta). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode penelitian menggunakan metode observasi untuk mengamati guru saat pembelajaran selama 3 pertemuan, dibantu dengan dokumentasi video saat pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa implementasi pembelajaran pendekatan saintifik guru Biologi SMA di Boyolali semester gasal TA 2018/2019 termasuk cukup (44.75%). Pembelajaran saintifik yang digunakan adalah Discovery Learning (40.95%) termasuk cukup dan Problem Based Learning (64%) termasuk baik. Namun belum semua guru Biologi yang digunakan penelitian menggunakan kedua model pembelajaran tersebut. Guru Biologi yang sudah menggunakan kedua model tersebut implementasinya termasuk baik (64%) dan yang mengimplentasikan satu model pembelajaran termasuk katagori kurang (33.2%). Data dianalisis secara deskriptif dan berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran saintifik guru Biologi SMA di Boyolali semester gasal TA 2018/2019 termasuk cukup (44.75%), dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfieri, L., Brooks, P. J., Aldrich, N. J., and Tenenbaum, H. R. (2011) Does Discovery-Based Instruction Enhance Learning? Journal of Educational Psychology, 103(1), 1-18.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitia: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Ayu, C.M. (2018). Media Pembelajaran Bola KUPINKHIU: Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Saintifik. Gresik: Caremedia Communication.
Bintari. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. 3.
Dewi, N. L., Dantes, N., Sadia, I. W. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA”. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 3.
Edwars, K., & Loveridge, J. (2011). Looking Intro Early Childhood Teacher Support of Children’s Scientific Learning. Jurnal Viktoria Universitas. Australiaof Early Childood.
Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Kalimedia.
Fauziah, R., Abdullah, A. G., Hakim, D. L. (2013). "Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah". INVOTEC. Vol IX. No 2. : 165-178
Hadiono & Hidayati, N, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMPN 2 Kamal Materi Cahaya. Jurnal Pena Sains. Vol 3. No 2: 77-84
Hilda, L. (2015). Pendekatan Saintifik pada Proses Pembelajaran (Telaah Kurikulum 2013). Jurnal Darul ‘Ilmi, 3(1), 69-84.
Hosman, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013), Bogor: Ghalia Indonesia
Ilmi, A. N., Indrowati, M., & Probosari, R.M. (2012). “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012”. Pendidikan Biologi. Vol 4. No 2. : 44-52.
Irawan, F., & Hasanah, R. (2014). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Kalor Dan Perubahan Wujud Zat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 15 Surabaya”. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(03), 86-90.
Kemendikbud. (2014). Lampiran Peraturan Mentri Pendiddikan dan Kebudayaan Nomer 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi, Kualitatif, dan R & D Bandung: Alfabeta
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Irama Widya
Krissandi, A.D.K., Widharyanto, B., & Dewi R. P. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD, Pendekatan dan Teknis. Bekasi: Penerbit Media Maxima.
Mahmood, K. (2011). Conformity to Quality Characteristics of Textbooks: The Illusion of Textbook Evaluation in Pakistan. Journal of Research and Reflections in Education. December 2011, 5(2), 170 -190.
Munfiqoh & Nurdyansyah (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurcholis, A., Suciati, & Indrowati, M. (2013). “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X3 SMAN 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013”. BIO-PEDAGOGI. Vol 2. No 2. : 58-67.
Nurhayati, F. d. (2016). "Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 pada Guru PJOK di SMA Negeri Se Kabupaten Nganjuk". Journal : 32.
Patandung, Y. (2017). “Pengaruh Model Discovety Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa”. Journal of Education Science and Technology. Vol 3. (1): 9-17.
Permana, L., & Purtadi. (2010). “Pembelajaran Kimia Tematik Pada Mata Kuliah Kimia Dasar Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal Cakrawala Pendidikan Th. XXIX, No.3
Permendikbud, (2013). Lampiran Peraturan Mentri Pendiddikan dan Kebudayaan Nomer 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan RI.
Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). “Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 1. : 63-70.
Rais, M. (2010). “Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi soft skills. Maalah disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya tahun 2010”. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Rakhmawati, S., Muspiroh, N., & Azmi, N. (2016). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X Di SMA Negeri 1 Krangkeng. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 5(2), 156-164.
Rochman, M. (2015). "Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study". Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 1: 3
Rosalina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). "Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda". Jurnal Pena Ilmiah. Vol 1. (1): 371-380
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sufairoh. (2016). "Pendekatan Saintifik Dan Model Pembelajaran K-13". Jurnal Pendidikan Professional. Vol 5. No 3:116-125
Suharno. (2014). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. JURNAL HUMANITY, 10(1), 147-157.
Surachman, Wibowo, Y., & Suhardi. (2014). Implementasi Scientific Process Pada Mata Pelajaran Biologi Di MA Kotamadya Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2, 168-176.
Syarifuddin, K. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Deepublish.
Tim Dosen UPI. (2015). Ragam Model Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Sumedang Press.
Umar, M. A. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Dalam materi Ekologi. BIOnatural, 4(2), 1-12.
Wahyudi, E. (2015). “Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I-IX di SMP Negeri 1 Kalianget”. Jurnal Lentera Sains. Vol 5. No 1: 1-15
Widoyoko, E. P. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Prakris Bagi Pendidik dan Calon Pendidik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v13i1.38635
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.