Integrasi Sains dan Agama (Unity of Science) dan Pengaplikasiannya terhadap Penerapan Materi Reproduksi dan Embriologi

Hilmiyatu Naja, Alfiyana Nurul Rizqi, Risa Dhotus Zahroh, Andika Agusti Mahardika, A. F. Hidayatullah

Abstract


ABSTRAK
Membahas tentang integrasi sains dan agama berarti menyatukan antara sains dan memberikan landasan wahyu sebagai latar atau pengikat penyatuan. Pada zaman milenial sekarang sangat penting dalam menyatukan ilmu umum khususnya ilmu sains dan agama agar menghadirkan kesadaran yang muncul lewat pandangan-pandangan yang lebih harmonis, holistik, dan komprehensif. Pendidikan merupakan salah satu medium terbaik untuk tujuan tersebut. Dengan metode studi pustaka artikel ini akan membahas tentang integrasi sains dan agama (Unity Of Sains) yang berimplikasi pada materi biologi tentang reproduksi dan embriologi yaitu dapat berimplikasi dalam hal kurikulum, mengantarkan peserta didik agar memiliki hasrat dan kemampuan untuk melakukan penelitian (riset) pada bidang-bidang sains terutama bidang biologi untuk kemudian menemukan “titik sambungnya” dengan realitas objektif yang terjadi pada aspek keagamaan. Implikasi dalam proses belajar mengajar, guru mengembangkan imajinasi kreatif. Dengan paradigma integratif, menumbuhkan sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan sebuah keyakinan dan agama.


Full Text:

PDF
rticle

References


Adinugraha, H. H., Hidayanti, E., & Riyadi, A. (2018). Fenomena Integrasi Ilmu di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri: Analisis Terhadap Konsep Unity of Sciences di UIN Walisongo Semarang. 4(1), 1–16.

Aminuddin, L. H. (n.d.). Integrasi Ilmu dan Agama : Studi Atas Paradigma Integratif- Interkonektif UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta. 181–214.

Arifudin, I. (2016). Integrasi Sains dan Agama serta Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. 1, 161–179.

Fakhri, J. (2010). Sains Dan Teknologi Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Ta’dib, 15(01), 121–142.

Fallis, A. . (2013). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Al-Qur'an sebagai Metode Untuk Pembentukan Karakter Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kritis, S. S. (n.d.). Pengaruh Budaya dan Agama Terhadap Sains. 6(2).

Metodologi, R. D. A. N., Filsafat, F., & Mada, U. G. (2019). AGAMA DAN SAINS : SEBUAH KAJIAN TENTANG Syarif Hidayatullah. 29(1), 102–133. https://doi.org/10.22146/jf.30246

Muhaya, A. (2015). UNITY OF SCIENCES ACCORDING TO AL-GHAZALI A . Preface. 23(November), 311–330.

Murtadho, A. (2014). Arah pengembangan kajian ekonomi islam berbasis kesatuan ilmu pengetahuan di iain walisongo. V, 21–36.

Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi Keilmuan Sains Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun IPA. Jurnal Program Studi Pendidikan Kimia, 18–19




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v13i2.37660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.