Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulisan melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X SMA

Maridi Maridi, Suciati Suciati, Bella Mawar Permata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi  lisan dan  tulisan  siswa  melalui penerapan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan berkolaborasi dengan guru mata pelajaran biologi melalui penerapan model PBL sebagai tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian meliputi: keterampilan komunikasi lisan dan tulisan siswa, keterlaksanaan sintaks, serta dokumentasi pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif komparatif dan alnalisis kritis. Prosedur penelitian meliputi: perencaranaan, tindakan, observasi, dan  refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari Pra-siklus, Siklus I, dan Siklus II hasil peningkatan rata-rata keterampilan komunikasi lisan (Pra-siklus/ Siklus I/ Siklus II) sebesar (30,81%/ 54,6%/ 63,7) dan keterampilan komunikasi tulisan (29,22%/ 62,01%/ 68,06%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan keterampilan komunikasi lisan sebesar 32,89% dan tulisan sebesar 38,84%.


Full Text:

PDF
rticle

References


Ackay, B. 2009. Problem Based Learning in Science Education, Journal of Turkish Science Education, 6 (1): 26 -36.

Amir, Taufiq. 2012. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group

Ardianto, Elvinaro, Ratna, T. 2007. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arends, Richard. 2011. Learning To Teach. New York: McGraw Hill

Blake, Barbara and Pope,T. 2008. Development Psychology: Incoporating Piaget’s and Vygotsky’s Theories in Classroom. Journal of CrossDisciplinary Perspectives in Education.

Budiati, H. 2014. Analisis Soal Ujian Nasional IPA SMP Tahun 2014 Berdasarkan Dimensi Pengetahuan dan Dimensi Proses Kognitif. Surakarta: FKIP UNS.

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Buto, Ali Zulfikar. 2010. Implikasi Teori Pembelajaran Jerome Bruner Dalam Nuansa Pendidikan Modern. Millah STAIN Malikussaleh Lhokseumawe.

Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Choridah, Dedeh, T. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposissi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 2, No. 2.

Crebert, G., Patrick, C. J., Cragnolini, V., Smith, C., Worsfold, K., & Webb, F. 2011. Teamwork Skills Toolkit.

Cutlip, Scott M, Center and Broom. 2011. Effective Publik Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

D’avanzo, Charlene. 2003. Application of Research on Learning to College Teaching: Ecological Examples. BioScience 53 (11): 1121-1128.

Danoebroto, Sri Wulandari. 2015. Teori Belajar Konstruktivis Piaget dan Vygotsky. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education 2 (3):

-198 ISSN 2407-7925.

Effendy, O. U. 2006. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Epstein, R. M. and Hundert, E. M. 2002. Defining and assessing professional competence. Jama, 287(2), 226-235.

Hariko, R. 2017. Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling.

Harnitayasri, Nurhayati, Irma S. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 2 Polewali. Jurnal Universitas Sebelas Maret Vol. 16, No. 2.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hujair, Ahmad Sanaky. 2009. Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Hybels, Saundra dan Weaver II, Richard L. 2007. Communicate Effecttively. New York: McGraw-Hill.

Iriantara, Yosal. 2013. Komunikasi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. 2013. Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud

King, L. 2004. Seni Berbicara (Rahasia-rahasia Komunikasi yang Baik). Jakarta: Gramedia.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, Imas, Sani dan Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena

Kusumaningtias, A. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Heads Together terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan 23.

Lestari, E. I. 2009. Kajian Tentang Kecakapan Komunikasi Lisan Siswa Pada Konsep Sel Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Skripsi. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Lutz, S., and Huitt, W. 2004. Connecting cognitive development and constructivism: Implications from theory for instruction and assessment. Constructivism in the Human Sciences,9(1).

Mandeville, D. S., and Stoner, M. R. 2015. Assessing the effect of problem-based learning on undergraduate student learning in biomechanics. Journal of College Science Teaching.

Maryanti, S, Fatmaryanti, Desi. 2013. Peningkatan Pemahaman Siswa dengan Penerapan Peta Konsep Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMK Muhammadiyah Kroya. Jawa Tengah: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Masek, Alias dan Sulaiman Yamin. 2010. Problem Based Learning: Adapting Model of Monitoring and Assessement Towards Changing to Student Centered Learning. Journal of Tehnical Education and Training/Vol 2, No. 1.

Miftah, M. 2009. Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran. Semarang: Pustekkom- Depdiknas.

Muhson, Ali. 2009. Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Jurnal Kependidikan /Vol 39, No. 2.

Osman, K., Abdul Hamid, S. H., & Hassan, A. 2009. Standard setting: Inserting domain of the 21st century thinking into the existing curriculum in Malaysia. Procedia Social and Behavioral Sciences, (1).

Parkins, R. 2012. Gender and emotional expressiveness: an analysis of prosodic features in emotional expression. Griffith Working Papers in Pragmatics and Intercultural Communication.

Poniran. 2000. Keterampilan berkomunikasi siswa SMU N 10 Jambi. Padang: UNP.

Prince, M. J., and Felder, R. M. 2006. Inductive teaching and learning methods: Definitions, comparisons, and research bases. Journal of Engineering Education, 95(2).

Rusman. 2012. Model - Model Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Rusman. 2016. Model - Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani dan Abddullah, R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sariadi, Ni Ketut, Ketut P, Syahrudin. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA kelas V SD. Jurnal: PGSDUniversitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Savery. J. R. 2006. Overview of Probelm Based Learning: Definitions and Distingtions. The Interdisciplinary Journal of Probelm Based.Learning.Vol.1, (1).

Savitri, Yulia Diah. 2014. Peningkatan Keterampilan Bertanya (Posing Question) melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran di Kelas X ICT IPA 8 SMAN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Soh, T. M., Osman, K., & Mohamad Arshad, N. 2012. M-21CSI: A validated 21st century skills instrument for secondary science students. Asian Social Science, 8(16).

Sonseca, O. Sahuquillo, J. Martínez-Casas, J. Carballeira, F. D. Denia, J. J. Ródenas. 2015. Assessment of oral and written communication competences in the European Higher Education Area: a proposal of evaluation methodologies. Departamento de Ingeniería Mecánica y de Materiales, Universitat Politècnica de València (UPV), Camino de Vera s/n, 46022 Valencia (Spain)

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovasi, Vol. 2, No. 2.

Tan, O. S. 2003. Problem-Based Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in the 21st Century. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.

Triana, Mella. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Concept Siswa. Skripsi. Lampung: Unila. Tidak diterbitkan

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trilling, B. and Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.

Wagner, T. 2010. Overcoming The Global Achievement Gap (online). Cambridge, Mass., Harvard University.

Widjaja, H.A.W. 2008. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : Bumi Aksara

Wulandari, Eni, Setyo Budi , Kartika, C. 2012. Penerpan Model PBL (Problem Based Learning) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal: FKIP- Universitas Sebelas Maret.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press group




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v12i2.31932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi




BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta