Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bakar, E., Bal, S., Ackay, H. (2006). Preservice Science Teachers Beliefs About Science –Technology and Their Implication in Society. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, ISSN: 1305-8223, 2(3).
Bustami, Y. (2010). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Sub Pokok Bahasan Pencemaran Air. Jurnal Edukasi, 1(1), 59-67.
Chamany, K., Allen, D., & Tanner, K. (2008). Making Biology Learning Relevant to Students: Integrating People, History, and Context into College Biology Teaching, CBE Life Sciences Education, 7, 267–278.
Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Dewi, L. R. (2009). Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Group Investigation (GI) pada Materi Pokok Ekosistem Ditinjau dari Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Tesis Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Mikdar, S. (2006). Penelitian Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pendidikan Demokrasi dengan Menggunakan Modul. Pena Wiyata Jurdik & Hum, 5(9), 8-22.
Nur, M. (2006). Pembelajaran Fisika (Teknologi Nuklir) dengan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat (S-T-M). Jurnal Pendidikan, 12(1), 61-67.
Nurohman, S. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran IPA sebagai Upaya Peningkatan Life Skills Peserta Didik. Makalah Ilmiah Pembelajaran, 2(1).
Poedjiadi, A. (2007). Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: PT. Rosdakarya.
Prayekti. (2006). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat pada Pembelajaran IPA di SD. Jurdik & Hum, 9, 1-7.
Rustaman, N. Y., Dirdjosoemarto, S., Ahmad, Y., Suroso A., Yudianto,
Rochintaniawati, D., Nurjhani, M., dan Subekti, R. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: UPI & JICA IMSTEP.
Sujanem, Rai. (2006). Optimalisasi Pendekatan STM dengan Strategi Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Statis dan Dinamis sebagai Upaya Mengubah Konsepsi Siswa, Meningkatkan Literasi Sains dan Teknologi Pelajar Kelaas II3 SMU N 1 Singaraja. Laporan Penelitian. STKIP Singaraja.
Wenno, I. H. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Into Media.
Yager, R. E. & Akcay, H. (2008). Comparison of Student Learning Outcomes in Middle School Science Classes with an STS Approach and a Typical Textbook Dominated Approach. Research in Middle Level Education, 31(7), 1-16.
Yulaelawati, E. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya.
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v7i1.2830
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Bioedukasi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.