Pengaruh Metode Gallery Walk dipadu Media Gambar Berbasis Potensi Lokal terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Kepedulian Lingkungan Peserta Didik SMA Negeri 1 Gebog

Tsania Hayyu Qoshida, Nurmiyati Nurmiyati, Puguh Karyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh media gambar berbasis potensi lokal dalam metode gallery walk terhadap pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan peserta didik.  Penelitian ini merupakan Quasy Experiment dengan Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Kedua kelas diberikan pre-test sebelum perlakuan. Post-test diberikan pada akhir penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah 4 kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gebog. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster sampling dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan metode gallery walk dipadu media gambar berbasis media gambar berbasis potensi lokal, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode gallery walk tanpa media gambar berbasis potensi lokal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, angket, dokumentasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan Independent Sample t-test dibantu program SPSS 19 dengan taraf signifikasi 0,050. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) ada pengaruh media gambar berbasis potensi lokal dalam metode gallery walk terhadap pemahaman konsep (p-value 0.011 < sig. 0.050). Peserta didik yang menggunakan metode gallery walk dipadu media gambar berbasis potensi lokal memiliki pemahaman konsep yang lebih baik daripada peserta didik yang diajarkana menggunakan metode gallery walk tanpa media gambar berbasis potensi lokal; 2) ada pengaruh media gambar berbasis potensi lokal dalam metode gallery walk terhadap sikap kepedulian lingkungan (p-value 0.006 < sig. 0.050) peserta didik yang dibelajarkan menggunakan metode gallery walk dipadu media gambar berbasis potensi lokal lebih baik dibandingkan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan metode gallery walk tanpa media gambar berbasis potensi lokal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh media gambar berbasis potensi lokal dalam metode gallery walk terhadap pemahaman konsep dan sikap kepedulian lingkungan

Keywords


Metode Gallery Walk, Media Gambar berbasis Potensi Lokal, Pemahaman Konsep, Sikap Peduli Lingkungan

rticle

References


Ahmadi, Abu. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Altim, Ahmet, et all. (2013). Enviromental Awarness Level of Secondary School Students: A Case Study in Balikesir (Turkiye). Elsevier. 1-7. Turkey.

Anitah, Sri. (2013). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma pustaka.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asmani, J. M. (2012). Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jogjakarta: Diva Press.

Avci, FIliz. (2014). Determination of Seventh grade Students' Unserstanding of Certain Chemistry Concepts. Elsevier. 1-5. Turkey.

Awaluddin, Tjalla. (2010). Potret Mutu Indonesia di Tinjau dari Hasil-Hasil studi Internasional. Jurnnal Pendidikan Indonesia.

Cetin, Gulcan.,Seda Hilal B. (2010). Enchacing Students' Enviromental Awarnesss. Elsevier. 1-5. Turkey.

Dahar, R. W. (2014). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Djamarah, S. b., & dkk. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gurbuz, Hasan., et all. (2010). The Effect of Power Point Presentations Prepared and presented by Prospective Teachers on Biology Achievment and Attitude toward Biology. Elsevier. 1-5. Turkey.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, Gurbuz et all. (2010). The Effect of Power Point Presentations Prepared and Presented by Prospective teachers on Biology Achievment and Attitude Toward Biology. ELsevier. 1-5. Turkey

Ismail. (2012). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Kavsut, Gulten. (2010). Investigation of Science and Technology textbook in Terms of The Factors that may lead to misconceptions. Elsevier, 1-4. Turkey

Keles, Pinar Ural, et all. (2010). The Effect of Conceptual Change Texts on Eliminating the Misconceptions of K5 Students' Alternative Views about the Birds. Elsevier. 1-11.. Turkey.

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang SIstem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud

Mumpuni, KIstantia Elok. (2013). Potensi Pendidikan Keunggulan Lokal Berbasis Karakter Dalam Pembelajaran Biologi di Indonesia.1-5. Surakarta

Ogunbode, C. A. (2013). The NEP scale; Measuring ecological attitudes/ worldviews in African context. Springer, 1-18.

Persada, Alif Rengga. (2015). Pengembangan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Pemrograman Linier Berkarakter dengan Penerapan Metode Gallery Walk untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. EduMa. 1-14. Cirebon.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sanjaya, W. (2011). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenamedia Grup.

Santoso, A. M. (2010). Konsep Diri Melalui Pendidikan Berbasis keunggulan Lokal Sebagai Model Pendidikan Berkaratkter dan Berbudaya Bangsa di Era Global. International Conference on Teacher Education (pp. 1-10). Bandung: UPI.

Silberman, melvin. (2012). Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:Pustaka Insan Madani.

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian KUantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.

Sulistyo, E. T., Sunarmi, & Jumiyanto, W. (2014). Media Pendidikan dan Pembelajaran di Kelas. Surakarta: UNS Press.

Taniredja, T. (2013). Model-Model Pembelajran Inovatif dan Efektif. Bandung: alfabeta.

Taufiq, M., Dewi, N., & Widiyatmoko. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema "Konservasi" Berpendekatan Science Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1-6.

Tekkaya. (2002). Misconceptions as Barrier to Understanding Biology. Haccepttepe Universitesi Egitim Fakultas dergist, 23: 259-266.

Trianto. (2009). Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.

Zain, A. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v13i1.27298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.